Sukses

Apa Fungsi Ginjal Manusia? Simak Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta - Ginjal adalah sepasang organ tubuh manusia yang berperan penting dalam proses metabolisme. Ginjal adalah organ tubuh manusia yang berbentuk seperti biji kacang merah dan berada di dekat tulang belakang.

Apa fungsi ginjal manusia? Melansir dari Florida Kidney Physicians, pada Jumat (24/6/2022) apa fungsi ginjal manusia adalah terdiri dari tujuh hal penting.

Memahami apa fungsi ginjal manusia adalah mengontrol keseimbangan asam basa, mengontrol keseimbangan air, keseimbangan elektrolit, menghilangkan racun dan produk limbah, mengontrol tekanan darah, memproduksi eritropoietin, serta mengaktifkan vitamin D.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas apa fungsi ginjal manusia lebih mendalam, Jumat (24/6/2022).

2 dari 3 halaman

Apa Fungsi Ginjal Manusia?

1. Mengontrol Keseimbangan Asam Basa

Apa fungsi ginjal manusia? Memahami apa fungsi ginjal manusia adalah mengontrol keseimbangan asam basa. Asam dan basa dalam tubuh manusia selalu dalam keadaan keseimbangan yang halus yang dicerminkan oleh parameter yang dikenal sebagai pH.

PH normal darah yang dihasilkan dari apa fungsi ginjal manusia adalah 7,35 hingga 7,45. Untuk mempertahankan kisaran yang sehat ini, organ ini memainkan peran apa fungsi ginjal manusia seperti mengeluarkan asam dan basa ketika ada kelebihannya, atau mempertahankan senyawa ini ketika tubuh kekurangannya.

2. Mengontrol Keseimbangan Air

Apa fungsi ginjal manusia? Memahami apa fungsi ginjal manusia adalah mengontrol keseimbangan air dalam tubuh. Ginjal adalah salah satu cara utama tubuh untuk menjaga keseimbangan air yang stabil.

Apa fungsi ginjal manusia adalah dijelaskan mengatur volume urin yang dihasilkan, ginjal beradaptasi dengan tingkat hidrasi seseorang. Ketika manusia banyak minum, ginjal menghasilkan lebih banyak urin, dan sebaliknya terjadi ketika manusia mengalami dehidrasi.

3. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Apa fungsi ginjal manusia? Memahami apa fungsi ginjal manusia adalah menjaga keseimbangan elektrolit. Apa fungsi ginjal manusia adalah menyaring beberapa elektrolit dari darah, mengembalikan sebagian dari mereka kembali ke sirkulasi, dan mengeluarkan kelebihan elektrolit ke dalam urin.

“Tingkat elektrolit seperti natrium dan fosfat sangat bergantung pada kesehatan ginjal seseorang,” dijelaskan.

4. Menghilangkan Racun dan Produk Limbah dari Tubuh

Apa fungsi ginjal manusia? Memahami apa fungsi ginjal manusia adalah menghilangkan racun dan produk limbah dari tubuh manusia. Ginjal menyaring produk limbah dan racun yang larut dalam air, membuangnya keluar dari tubuh dengan urin.

Dijelaskan, itulah mengapa gagal ginjal akan sangat dengan cepat menyebabkan keracunan parah. Pada kondisi ini apa fungsi ginjal manusia adalah tidak berperan dengan baik dalam menyaring limbah. Maka produk limbah tubuh menumpuk dan merusak fungsinya.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Apa fungsi ginjal manusia? Memahami apa fungsi ginjal manusia adalah mengontrol tekanan darah. Ginjal mampu menghasilkan enzim yang disebut renin. Renin yang menjadi hasil dari apa fungsi ginjal manusia adalah mampu mengubah angiotensinogen yang diproduksi di hati menjadi angiotensin I, yang kemudian diubah di paru-paru menjadi angiotensin II.

Angiotensin II menyempitkan pembuluh darah dan akibatnya meningkatkan tekanan darah. Di sisi lain, ketika tekanan darah seseorang terlalu tinggi, apa fungsi ginjal manusia adalah mampu menghasilkan lebih banyak urin untuk mengurangi volume cairan yang beredar di dalam tubuh dan sedikit mengkompensasi tekanan darah tinggi.

6. Memproduksi Hormon Eritropoietin

Apa fungsi ginjal manusia? Memahami apa fungsi ginjal manusia adalah memproduksi hormon eritropoietin. Ginjal akan menghasilkan hormon yang disebut eritropoietin. Fungsi utama hormon yang diproduksi ginjal adalah membantu tubuh membuat lebih banyak sel darah merah (eritrosit), yang penting untuk pengangkutan oksigen ke seluruh jaringan dan organ.

7. Mengaktifkan Vitamin D

Apa fungsi ginjal manusia? Memahami apa fungsi ginjal manusia adalah mengaktifkan vitamin D. Ginjal mampu mengubah calcifediol menjadi calcitriol, bentuk aktif vitamin D.

Calcitriol yang diubah oleh ginjal mampu bersirkulasi dalam darah dan memainkan peran penting dalam mengatur keseimbangan kalsium dan fosfat dalam tubuh, yang penting untuk pertumbuhan tulang yang sehat.

3 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Manusia

Apabila sudah memahami apa fungsi ginjal manusia, kemudian ketahui cara menjaga kesehatan ginjal manusia. Ini penjelasan cara menjaga kesehatan ginjal manusia yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Kurangi Sodium

Supaya kesehatan ginjal terus terjaga dengan baik, hindari konsumsi sodium secara berlebihan. Jumlah sodium harian yang direkomendasikan adalah 2.300 miligram atau sekitar satu sendok teh garam.

2. Kurangi Daging Merah

Daging merah memiliki kadar protein yang tinggi. Zat gizi tersebut sebenarnya baik untuk pertumbuhan dan regenarasi sel. Jika asupannya berlebihan, protein bisa menumpuk dan membuat kerja ginjal semakin berat. Hal tersebut berpotensi menyebabkan asidosis atau perubahan kondisi darah menjadi lebih asam.

3. Tinggalkan Soda

Minuman bersoda memiliki kandungan kalori yang tinggi dan tidak mengandung nilai gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, soda juga memiliki zat aditif fosfor yang dapat membahayakan kesehatan ginjal Anda.

4. Tinggalkan Makanan Olahan

Kerupuk, keripik kentang, krim keju, dan olahan kentang instan adalah semua contoh makanan olahan yang kaya akan natrium dan aditif fosfor. Karenanya, jenis makanan tersebut dapat mengancam kesehatan ginjal Anda.

5. Kurangi Gula

Kelebihan gula dapat menyebabkan diabetes dan obesitas, yang terkait dengan penyakit ginjal.

6. Banyak Minum Air Putih

Setiap orang harus meninum paling sedikit 2 liter atau 8 gelas air putih dalam sehari. Jika Anda minum air kurang dari itu, ginjal harus bekerja ekstra untuk menyaring darah dan racun di dalam tubuh.