Sukses

Apa Itu Cinta? Ini Penjelasan Para Ahli

Cinta adalah wujud keterpikatan yang bisa menciptakan kepedulian dan rasa hormat.

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu cinta? Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan apa itu cinta adalah sebagai perasaan suka sekali atau sayang dengan benar-benar. Apa itu cinta adalah secara harfiah sebagai wujud keterpikatan antara laki-laki dan perempuan.

Dalam buku berjudul The Art of Loving (2014) oleh Fromm, apa itu cinta adalah bisa tercipta dengan indah apabila terdiri dari empat unsur penting. Ini unsur penting untuk bisa mengimani apa itu cinta.

Unsur penting apa itu cinta adalah kepedulian, kemudian tanggung jawab yang bisa tercipta apabila seseorang memiliki perasaan peduli tinggi. Lalu rasa hormat untuk menyadari setiap individu memiliki keunikan masing-masing. Terakhir, pengetahuan untuk bisa saling memahami.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang apa itu cinta menurut para ahli, Jumat (24/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Itu Cinta Menurut Para Ahli

1. Apa Itu Cinta Menurut Iris Murdoch Penulis Milton Glaser in How to Think Like a Great Graphic Designer

Memahami apa itu cinta adalah pemahaman yang sangat sulit, dimana sesuatu selain diri sendiri adalah nyata.

2. Apa Itu Cinta Menurut EM Forster Penulis A Room with a View

Memahami apa itu cinta adalah Anda dapat mengubah cinta, mengabaikannya, kekisruhan itu, tapi Anda tidak pernah bisa menariknya keluar dari Anda. Saya tahu dari pengalaman bahwa penyair benar: cinta itu abadi.

3. Apa Itu Cinta Menurut Bertrand Russel Penulis The Conquest of Happiness

Memahami apa itu cinta adalah dari semua bentuk kehati-hatian, hati-hati dalam cinta adalah mungkin yang paling fatal bagi kebahagiaan sejati.

4. Apa Itu Cinta Menurut Charles Bukowski Penulis A Dog from Hell

Memahami apa itu cinta adalah sesuatu seperti kabut yang anda lihat di pagi hari saat matahari belum terbit. Kabut itu hanya sesaat, dan kemudian musnah dengan sendirinya. Cinta adalah kabut yang membakar realitas.

5. Apa Itu Cinta Menurut Ambrose Bierce Penulis The Devil’s Dictionary

Memahami apa itu cinta adalah ebuah kegilaan sementara yang dapat disembuhkan oleh pernikahan.

6. Apa Itu Cinta Menurut James Baldwin Penulis The Price of The Ticket

Memahami apa itu cinta adalah tidak dimulai dan diakhiri dengan cara yang tampaknya kita duga. Cinta adalah pertempuran, cinta adalah perang; cinta adalah tumbuh kembang.

7. Apa Itu Cinta Menurut Paulo Coelho Penulis The Zahir: A Novel of Obsession

Memahami apa itu cinta adalah kekuatan liar. Ketika kita mencoba untuk mengontrolnya, itu menghancurkan kita. Ketika kita mencoba untuk memenjarakan, itu memperbudak kita. Ketika kita mencoba untuk memahaminya, itu membuat kita merasa tersesat dan bingung.

8. Apa Itu Cinta Menurut Louis de Bernieres Penulis Corelli Mandolin

Memahami apa itu cinta adalah kegilaan sementara, meletus seperti gunung berapi dan kemudian reda. Ketika reda, Anda harus membuat keputusan. Anda harus berusaha untuk tahu apakah itu telah mengakar dan menjadi bagian penting bersama-sama. Karena ini adalah makna dari apa itu cinta.

9. Apa Itu Cinta Menurut Antoine de Saint-Exupery Penulis Airman’s Odyssey

Memahami apa itu cinta adalah tidak terdiri dari tatapan satu dengan lainnya, tetapi menatap keluar bersama dalam arah yang sama.

10. Apa Itu Cinta Menurut Katharine Hepburn Penulis Me: Stories of My Life

Memahami apa itu cinta adalah tak ada hubungannya dengan apa yang ingin anda dapatkan, tetapi apa yang anda harapkan untuk bisa diberikan, segala-galanya.

11. Apa Itu Cinta Menurut Haruki Murakami Penulis Kafka on the Shore

Memahami apa itu cinta adalah siapa pun yang jatuh cinta adalah mencari bagian yang hilang dari diri mereka sendiri. Jadi, siapa saja yang mencinta pasti akan bersedih ketika mereka memikirkan tentang kekasih mereka yang bersedih. Hal ini seperti melangkah kembali ke dalam ruangan di mana anda memiliki kenangan indah yang belum pernah terlihat dalam waktu yang lama.

3 dari 3 halaman

Apa Itu Cinta Menurut Para Ahli Selanjutnya

12. Apa Itu Cinta Menurut Jalaluddin Rumi

Memahami apa itu cinta adalah sumber dari segala sesuatu dan juga esensi dari semua bentuk kehidupan yang ada di dunia ini, karena dunia dan sebuah kehidupan muncul karena kekuatan yang disebut cinta.

13. Apa Itu Cinta Menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan

Memahami apa itu cinta adalah perasaan jiwa dan gejolak hati manusia yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan kelembutan, gairah, dan kasih sayang.

14. Apa Itu Cinta Menurut Musfir bin Said az-Zahrani

Memahami apa itu cinta adalah emosi yang paling penting dalam kehidupan manusia dan merupakan faktor yang paling penting dalam menyatukan perasaan dari manusia dan kemudian pembentukan kasih sayang di antara sesama manusia.

15. Apa Itu Cinta Menurut Scott Peck

Memahami apa itu cinta adalah keinginan pada manusia untuk mengembangkan diri dengan maksud mempertahankan pertumbuhan spiritual sendiri atau perkembangan spiritual orang lain.

16. Apa Itu Cinta Menurut Quraish Shihab

Memahami apa itu cinta adalah kecenderungan hati manusia untuk sesuatu karena suatu kesenangan atau manfaat yang dapat diperoleh terhadap orang yang dicintai.

17. Apa Itu Cinta Menurut Erich Fromm

Memahami apa itu cinta adalah perasaan simpati kepada manusia yang melibatkan emosi yang mendalam.

Menurutnya, ada lima syarat dalam upaya mewujudkan cinta, yaitu;

- Perkenalan/pengenalan

- Perasaan

- Rasa Bertanggung jawab

- Rasa Perhatian

- Rasa Saling menghormati

18. Apa Itu Cinta Menurut Kahlil Gibran

Memahami apa itu cinta adalah satu-satunya kebebasan di dunia karena cinta itu membangkitkan semangat hukum-hukum kemanusiaan dan gejala-gejala alami pun tak bisa mengubah perjalannya. Cinta ibarat seekor burung yang cantik, meminta untuk ditangkap tapi menolak untuk disakiti.

19. Apa Itu Cinta Menurut Buya Hamka

Memahami apa itu cinta adalah perasaan yang mesti ada pada setiap manusia. Ia laksana setetes embun yang turun dari langit, bersih, dan suci. Cuma tanahnyalah yang berlainan menerimanya.

Jika ia jatuh ke tanah yang tandus, tumbuhlah oleh karena embun itu kedurjanaan, kedustaan, penipu, dan perkara tercela lainnya. Tetapi jika ia jatuh ke tanah yang subur, di sana akan tumbuh kesucian hati, keikhlasan, setia, budi pekerti yang tinggi, dan lain-lain yang terpuji.

20. Apa Itu Cinta Menurut Ashley Montagu

Memahami apa itu cinta adalah perasaan yang memerhatikan, menyayangi, serta menyukai dengan cara yang lebih mendalam, ditambah dengan hasrat dan kerinduan pada objek tersebut.

21. Apa Itu Cinta Menurut Abraham Maslow

Memahami apa itu cinta adalah proses dari aktualisasi diri yang bisa membuat orang-orang melakukan berbagai tindakan atau perilaku, yang sifatnya produktif dan juga kreatif.

22. Apa Itu Cinta Menurut Mahmud bin Asy-Syarif

Memahami apa itu cinta adalah sebuah kerinduan yang tidak berujung, sebuah rasa kangen yang meletup-letup, dan sebuah kegilaan yang tidak berkesudahan.

23. Apa Itu Cinta Menurut Ibnul Qayyim Al-Jauziah

Memahami apa itu cinta adalah luapan hati dan gejolaknya saat dirundung keinginan untuk bertemu dengan sang kekasih.

24. Apa Itu Cinta Menurut Liebowitz

Memahami apa itu cinta adalah perasaan positif yang kuat dan dirasakan oleh seseorang. Selain itu, cinta adalah perasaan positif terkuat yang pernah dialami dan dirasakan manusia. Setiap jenis cinta yang dirasakan, perhatian terhadap orang yang dicintai adalah elemen penting dari cinta.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.