Sukses

1 Kuintal Berapa Kg? Begini Cara Menghitungnya

Liputan6.com, Jakarta 1 kuintal berapa kg termasuk pengukuran berat yang umum digunakan. Kuintal dan kg biasanya digunakan untuk mengukur massa yang berat. 1 kuintal berapa kg merupakan perhitungan penting yang harus dipahami.

1 kuintal berapa kg kerap digunakan untuk menghitung massa komoditi perdagangan. Mengonversi 1 kuintal berapa kg sangat berguna untuk menghitung berat dalam jumlah besar. 1 kuintal berapa kg menjadi pengetahuan umum yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

1 kuintal berapa kg juga digunakan ketika mengacu pada produk yang sangat berat, seperti baja. Berikut cara menghitung 1 kuintal berapa kg, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(24/6/2022).

2 dari 6 halaman

Mengenal kuintal

Kuintal adalah satuan ukuran berat 100 kg. Kuintal atau centner adalah satuan historis massa di banyak negara yang biasanya didefinisikan sebagai 100 satuan dasar, seperti pound atau kilogram. Kuintal satuan berat tradisional di Prancis, Portugal, dan Spanyol dan bekas koloni mereka. Kuintal tidak masuk dalam Satuan Internasional (SI).

Kuintal telah digunakan sebagai ukuran massa di Eropa sejak akhir abad pertengahan. Para pedagang membeli dan menjual barang-barang seperti lilin, gula, dan merica dalam berat ratusan. Kuintal paling sering digunakan sebagai satuan ukuran untuk memperdagangkan komoditas dalam jumlah besar. Ini juga digunakan ketika mengacu pada produk yang sangat berat, seperti baja.

Dalam bahasa Inggris, kuintal sering disebut dengan hundredweight (berat ratus). Kuintal adalah unit pengukuran yang digunakan untuk menentukan jumlah komoditas tertentu yang dibeli dan dijual. Ini digunakan dalam beberapa kontrak perdagangan komoditas. Penetapan harga berdasarkan kuintal juga merupakan pilihan standar untuk paket pengiriman yang memakan waktu kurang dari satu truk penuh.

Kuintal awalnya diperkenalkan sebagai unit pengukuran standar untuk menyederhanakan perdagangan barang-barang tertentu antar negara. Penggunaan kuintal sebagai pengukuran telah menurun dalam beberapa tahun terakhir yang mendukung sistem metrik.

3 dari 6 halaman

Mengenal kilogram

Kilogram atau kilo adalah satuan yang digunakan untuk mengukur massa. Ini merupakan pengukuran yang sudah sesuai dengan standar pengukuran yang ditentukan oleh Sistem Satuan Internasional (SI) untuk mengukur massa.

Kilogram biasanya disebut sebagai 'kilo' dan direpresentasikan sebagai 'kg'. Ini adalah satuan metrik untuk mengukur massa suatu benda dan merupakan satuan standar massa yang digunakan di seluruh dunia. Kata 'kilo' berasal dari kata Yunani ' kilo ' yang berarti ' seribu '; dan kata ' gram ' berasal dari kata latin ' gramma ' yang artinya ' berat kecil '.

Kilogram adalah satuan yang lebih tinggi berikutnya ke gram. Ini digunakan untuk mengukur benda dengan berat sedang hingga tinggi. Kilogram digunakan untuk menimbang berat badan, sayuran, buah-buahan dan benda lainnya.

4 dari 6 halaman

1 kuintal berapa kg?

1 kuintal berapa kg jawabannya adalah 100 kg. Satu kuintal sama dengan 100 kg. Sementara 1 kg sama dengan 0.01 kg. Unsur umum dalam semua satuan di bawah ini adalah bahwa mereka adalah, atau awalnya, 100 dari beberapa satuan massa yang lebih kecil.

Cara menghitung dari kuintal ke kg adalah dengan mengalikannya dengan 100. Misalnya, 67 kuintal sama dengan 6700. Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan 67 dengan 100.

5 dari 6 halaman

Konversi kuintal ke kg

Berikut konversi kuintal ke kg:

0.01 kuintal = 1 kg

0.1 kuintal = 10 kg

1 kuintal = 100 kg

2 kuintal = 200 kg

3 kuintal = 300 kg

5 kuintal = 500 kg

10 kuintal = 1000 kg

20 kuintal = 2000 kg

50 kuintal = 5000 kg

100 kuintal = 10000 kg

1000 kuintal = 100000 kg

6 dari 6 halaman

Satuan Internasional

Sistem Satuan Internasional adalah bentuk modern standar dari sistem metrik. Sistem Satuan Internasional atau satuan SI adalah sistem pengukuran yang didasarkan pada tujuh satuan dasar, yaitu:

Meter

Meter igunakan untuk mengukur panjang. Satuan dasar panjang ini ditentukan oleh panjang lintasan yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama selang waktu 1/299.792.458 sekon.

Kilogram

Kilogram digunakan untuk mengukur massa. Satuan dasar massa ini sama dengan massa prototipe kilogram internasional.

Sekon

Sekon digunakan untuk mengukur waktu. Unit dasar waktu ini memiliki durasi 9.192.631.770 periode radiasi yang sesuai dengan transisi antara dua tingkat hiperhalus dari keadaan dasar dalam atom cesium 133.

Ampere

Ampere digunakan untuk mengukur kuat arus listrik. Unit dasar arus listrik ampere memiliki arus konstan yang, jika dipertahankan dalam dua konduktor paralel lurus dengan panjang tak terbatas, dengan penampang sirkuit yang dapat diabaikan, dan ditempatkan terpisah 1 meter dalam ruang hampa, akan menghasilkan antara konduktor ini gaya yang sama dengan 2 x 10 -7 newton per meter panjang.

Kelvin

Kelvin digunakan untuk mengukur suhu. Unit dasar suhu termodinamika ini terdiri dari pecahan 1/273,16 suhu termodinamika titik rangkap tiga air ( titik rangkap adalah titik dalam diagram fase di mana tiga fase berada dalam kesetimbangan).

Mole

Mole digunakan untuk mengukur zat. Jumlah zat suatu sistem yang mengandung entitas dasar sebanyak atom dalam 0,012 kilogram karbon 12. Ketika mol digunakan, entitas dasar harus ditentukan dan mungkin atom, molekul, ion, elektron, partikel lain, atau kelompok tertentu dari partikel tersebut.

Candela

Candela digunakan untuk mengukur kecerahan. Intensitas cahaya, dalam arah tertentu, dari sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 10 12 hertz dan yang memiliki intensitas radiasi dalam arah itu sebesar 1/683 watt per steradian.