Sukses

Apa Itu Orientasi? Kenali Tujuannya di Lingkungan Sekolah dan Kerja

Liputan6.com, Jakarta Apa itu orientasi perlu dipahami setiap orang. Pasalnya, istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kebanyakan orang. Hal ini karena orientasi ada pada kehidupan sehari-hari, dan istilah ini kerap digunakan dalam percakapan.

Orientasi memiliki beberapa makna yang harus menyesuaikan dengan konteks. Orientasi mungkin sering kamu dengar pada persiapan sebelum bersekolah atau kerja, pada teks bahasa Indonesia, hingga saat kamu membicarakan pandangan seseorang.

Apa itu orientasi bisa berarti peninjauan atau pandangan. Kamu perlu memahami maknanya agar tidak salah menggunakan istilah ini sesuai konteksnya. Orientasi mungkin sering kamu temui saat penerimaan murid baru di sekolah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (25/6/2022) tentang apa itu orientasi.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Orientasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa itu orientasi yaitu peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dan sebagainya) yang tepat dan benar. Selain itu, apa itu orientasi juga didefinisikan sebagai pandangan yang mendasari pikiran, perhatian, atau kecenderungan. Dalam hal ini, kita akan membahas apa itu orientasi dari definisi yang pertama, yaitu apa itu orienrasi sebagai wujud dari perkenalan untuk memudahkan adaptasi.

Dalam buku berjudul Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif oleh H. Hadari Nawawi, apa itu orientasi adalah usaha membantu para pekerja menyesuaikan diri di lingkungan baru.

Apa itu orientasi merupakan kata serapan dari bahasa Inggris “orientation”, yang artinya penyesuaian diri terhadap situasi tertentu atau lingkungan tertentu. Penerapan apa itu orientasi diberikan secara khusus pada siswa baru di sekolah atau karyawan baru di sebuah perusahaan. Tujuan apa itu orientasi adalah untuk mengenal untuk dan memudahkan adaptasi di tempat baru.

3 dari 5 halaman

Pengertian Orientasi Menurut Para Ahli

Apa itu orientasi juga perlu kamu pahami dari sudut pandang para ahli. Berikut pengertian orientasi menurut para ahli:

- Gary (2006). Apa itu orientasi adalah prosedur untuk memberikan informasi latar belakang kepada karyawan baru yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka secara memuaskan, seperti infomasi tentang peraturan perusahaan.

- Mondy (2008). Pengertian orientasi adalah upaya pelatihan dan pengembangan awal bagi para karyawan baru yang memberi mereka informasi mengenai perusahaan, jabatan, dan kelompok kerja.

- Cascio dalam Sedarmayanti (2010:114). Apa itu orientasi yaitu pengakraban dan penyesuaian dengan situasi atau lingkungan.

- Decenzo & Robbins dalam Sedarmayanti (2010:114). Pengertian orientasi adalah aktivitas yang melibatkan pengenalan karyawan baru kepada organisasi dan unit kerja mereka.

- Wether & Davis dalam Sedarmayanti (2010:114). Pengertian orientasi adalah mengakrabkan karyawan dengan peran, organisasi, kebijakan organisasi, dan karyawan lain.

- Sedarmayanti (2012: 114). Pengertian orientasi adalah pengakraban dan penyesuaian dengan situasi atau lingkungan.

- Ivancevich (dalam Marwansyah, 2010:141). Pengertian orientasi adalah aktivitas sumber saya manusia yang memperkenalkan karyawan baru kepada organisasi dan kepada tugas-tugas yang harus dikerjakan, atasan, dan kelompok kerja.

- Dessler (dalam Marwansyah, 2010:141). Pengertian orientasi adalah prosedur pemberian informasi pokok tentang perusahaan kepada karyawan baru.

4 dari 5 halaman

Tujuan Orientasi di Lingkungan Sekolah

Kegiatan orientasi dibutuhkan oleh para siswa baru supaya bisa mengembangkan interaksi positif antara siswa dan warga sekolah, ini memudahkan adaptasi pada lingkungan baru. Tujuan Orientasi Siswa menurut Permendikbud nomor 18 tahun 2016 adalah sebagai berikut:

1. Mengenali potensi diri siswa baru.

2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.

4. Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya.

5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

5 dari 5 halaman

Tujuan Orientasi di Lingkungan Kerja

Tujuan orientasi di lingkungan kerja tentunya berbeda dengan tujuan orientasi di lingkungan sekolah. Tujuan orientasi dalam perusahaan menurut R. E. Smith dalam Marwansyah, (2010:143) sebagai berikut:

1. Pengenalan organisasi atau perusahaan.

2. Penyampaian kebijakan dan praktik-praktik yang penting.

3. Penyampaian informasi tentang benefits dan services.

4. Pendaftaran program benefit.

5. Pengisian dokumen-dokumen kepegawaian.

6. Penyampaian informasi tentang harapan-harapan manjemen.

7. Penetapan harapan-harapan atau tujuan karyawan.

8. Pengenalan rekan-rekan kerja.

9. Pengenalan fasilitas kerja.

10. Pengenalan tugas-tugas/pekerjaan.

Ditambahkan oleh Sedarmayanti (2010: 115), tujuan orientasi dalam perusahaan sebagai berikut:

1. Memperkenalkan karyawan baru dengan ruang lingkup tempat bekerja, dan kegiatannya.

2. Memberi informasi tentang kebijakan yang berlaku.

3. Menghindarkan kemungkinan timbul kekacauan yang dihadapi karyawan baru, atas tugas atau pekerjaan yang diserahkan kepadanya.

4. Memberi kesempatan karyawan baru menanyakan hal berhubungan dengan pekerjaannya.