Sukses

Arti Freaky dan Bahasa Gaul Lainnya yang Perlu Kamu Pahami

Liputan6.com, Jakarta Arti freaky mungkin belum begitu dipahami oleh sebagian orang. Istilah dalam bahasa Inggris ini cukup sering digunakan oleh anak muda Indonesia. Freaky merupakan bahasa gaul yang perlu kamu pahami maknanya.

Freaky digunakan anak muda dalam berinteraksi di sosial media. Bahkan, tidak jarang terlihat anak muda zaman sekarang berbincang-bincang menggunakan kata ini. Hal ini tentunya tidak mengherankan lagi karena sudah banyaknya kata dari bahasa Inggris yang dijadikan bahasa gaul anak-anak Indonesia.

Arti freaky berkaitan dengan sifat seseorang yang tidak biasa. Freaky biasanya sering digunakan di TikTok, Twitter, hingga Instagram oleh anak muda. Komunikasi dengan menggunakan bahasa gaul tentunya sangat cocok digunakan pada anak muda zaman sekarang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (25/6/2022) tentang arti freaky.

2 dari 4 halaman

Arti Freaky

Arti freaky adalah aneh. Kamu mungkin akan langsung menyadari bahwa arti freaky berasal dari kata freak. Arti freaky yaitu aneh atau sangat tidak biasa. Arti freaky biasanya digunakan merujuk pada seseorang yang tingkahnya aneh dan berbeda dengan orang lain pada umumnya.

Arti freaky juga sering digunakan untuk mengejek seseorang yang dianggap tidak normal. Hal ini bisa saja merujuk pada orang yang tidak gaul, orang yang mesum atau genit, hingga orang yang terlalu cinta anime. Arti freaky bahkan mengarah pada seseorang yang tidak hanya aneh, tapi tingkat keanehannya sampai pada menyeramkan. Arti freaky yaitu aneh yang juga meresahkan.

Penggunaan kata freaky ini perlu kamu perhatikan dengan baik, karena bisa membuat seseorang tersinggung. Apalagi bila kamu menggunakan arti freaky ini untuk mengejek seseorang. Jadi, kamu perlu memahami konteks dalam memakainya.

Selain arti freaky, kamu perlu juga mengenali bahasa gaul lainnya yang kerap digunakan anak muda di media sosial.

3 dari 4 halaman

Bahasa Gaul Lainnya

Selain arti freaky, kamu juga perlu memahami makna bahasa gaul lainnya yang baisa digunakan anak muda di sosial media. Berikut beberapa bahasa gaul yang digunakan anak muda di media sosial yang perlu kamu ketahui:

TBL

TBL merupakan singkatan dari Takut Banget Loh.

Ghosting

Ghosting artinya adalah ditinggalkan tanpa kabar atau hubungan yang tidak jelas.

Prik

Prik merupakan bentuk plesetan dari freak yang artinya orang aneh. Prik dalam bahasa gaul digunakan untuk menyebut orang yang berperilaku aneh. Arti lain dari prik adalah jijik atau kotor. Bocah prik berarti bocah kotor.

Bestie

Bestie berasal dari bahasa Inggris best friend yang artinya teman dekat. Bahasa gaul ini juga sering digunakan dalam slang internasional dengan arti yang sama.

Hyung

Hyung sebenarnya adalah panggilan dari laki-laki untuk laki-laki yang berusia lebih tua di Korea Selatan. Dalam bahasa gaul, hyung digunakan untuk memanggil seseorang. Tak hanya dari laki-laki ke laki-laki, hyung dalam bahasa gaul digunakan untuk panggilan pada siapa saja lawan bicaranya baik laki-laki atau perempuan.

Pansos

Pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Pansos dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

Halu

Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi. Halu atau halusinasi adalah pengalaman sensorik yang tampak nyata, namun hal tersebut diciptakan oleh pikiran. Halu dalam bahasa gaul bisa menggambarkan seseorang yang berpikir atau berkata terlalu tinggi tapi tak bisa dibuktikan kebenarannya.

Baper

Baper adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Bawa Perasaan. Istilah gaul ini merujuk pada seseorang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain. Orang yang baper sering menggunakan emosi di tiap momen yang ia lalui.

4 dari 4 halaman

Bahasa Gaul Lainnya

CBL

CBL artinya Cakep Banget Loh atau bisa Cantik Banget Loh.

Komuk

Komuk artinya Kondisi Muka.

Spill The Tea

Spill the tea artinya ungkap rahasia atau bongkar rahasia.

Prenjon

Prenjon adalah plesetan dari friendzone yang artinya zona teman. Prenjon digambarkan sebagai hubungan pertemanan antara laki-laki dan perempuan yang sebenarnya ada cinta di antaranya.

Kuproy

Kuproy kerap disandingkan bersama Jamet menjadi Jamet Kuproy. Kuproy adalah kependekan dari 'kuli proyek'. Keduanya memiliki arti “Jajal Metal Kuli Proyek”.

Tentu saja istilah gaul ini muncul untuk disematkan pada sosok metal dari segi jiwa dan penampilannya. Istilah tambahan Kuproy sebenarnya lebih merujuk pada penampilan. Sosok metal selalu berpenampilan seadanya seperti “Kuli Proyek”. Bedanya, Jamet Kuproy memang disengaja dan dijadikan sebagai style. Sementara Kuli Proyek yang sebenarnya menggunakan baju seadanya karena tuntutan pekerjaan saja.

Bengek

Bengek dalam bahasa gaul diartikan sebagai tertawa terbahak-bahak hingga sulit bernapas (bengek). Bengek dijadikan kiasan untuk mengekspresikan sesuatu yang sangat menggelikan hingga membuat tertawa.

Julid

Selain arti kata mager dan gabut, ada banyak istilah kekinian lagi yang wajib diketahui. Salah satunya adalah julid. Dalam KBBI, Julid berarti berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

Mager

Mager adalah istilah gaul yang merupakan singkatan dari 'Males gerak.' Mager bahkan sudah masuk dalam KBBI, lho. Menurut KBBI mager berarti malas (ber)gerak; enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas apapun.