Sukses

10 Cara Menghemat Uang dengan Bijak dan Efisien, Bisa Cukup Penuhi Kebutuhan Sebulan

Liputan6.com, Jakarta Cara menghemat uang wajib diketahui oleh masyarakat luas supaya tidak boros dan dapat bijak dalam mengelola uang. Mengatur keuangan bukan berarti menjadi diri yang pelit atau kikir. Hanya saja dengan pengelolaan uang yang baik, kamu bisa mengukur kondisi keuanganmu dengan baik.

Cara menghemat uang ini dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk pasangan rumah tangga. Dengan menyusun strategi menghemat uang yang efektif dan efisien, maka kebutuhan dalam satu bulan dapat tercukupi.

Tak hanya itu, bahkan diri kita juga dapat menabung untuk kebutuhan masa depan seperti menikah, pendidikan anak, modak usaha setelah pensiun, biaya tak terduga, hingga biaya liburan setahun sekali bersama keluarga.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara menghemat uang dengan bijak dan efisien yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (26/6/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Menghemat Uang dengan Bijak dan Efisien

1. Tetapkan Tujuan Menabung

Cara menghemat uang yang perlu diperhatikan pertama adalah menerapkan tujuan menabung. Sebelum memulai, sebaiknya Anda tetapkan terlebih dahulu tujuan atau target apa yang akan dicapai saat ingin menabung. Misalnya, menabung untuk tujuan liburan, renovasi rumah, atau hanya sebagai simpanan uang di bank saja.

Dengan menetapkan tujuan tersebut, bisa mendorong Anda untuk lebih giat mengumpulkan uang. Sebelumnya, Anda perlu mencari tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk mencapai target tersebut serta berapa lama perkiraan waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan uang yang dibutuhkan. Dengan mengetahui beberapa hal ini, bisa mempermudah Anda dapat menjalankan usaha menabung.

2. Buat Rencana Tabungan

Setelah mengetahui tujuan atau target yang ingin dicapai, cara menghemat uang selanjutnya adalah dengan membuat perencanaannya. Buatlah rencana tabungan dengan terstruktur sehingga Anda dapat mengelola keuangan dengan baik. Hal itu memberikan kemudahan untuk mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan.

Dalam hal ini, Anda bisa membuat rencana pengeluaran rutin dari kebutuhan bulanan yang dimiliki. Di sini, akan terlihat keperluan-keperluan apa saja yang dibutuhkan dan yang tidak terlalu penting. Jika menemukan kebiasaan pengeluaran untuk hal yang kurang penting, sebaiknya hilangkan saja. Buatlah daftar belanja bulanan yang realistis, yaitu yang benar-benar dibutuhkan dan dikonsumsi sehari-hari.

Selain itu, bisa juga melakukan perubahan kecil lainnya. Misalnya dengan membiasakan diri membawa bekal makan siang dari rumah sehingga dapat menghemat biaya makan saat di kantor. Anda juga bisa mengurangi keperluan tidak penting lainnya, yang membuat pengeluaran makin membengkak. Hal ini sangat efektif untuk menghemat uang dengan baik sehingga bisa digunakan untuk mencapai tujuan yang lain.

3. Catat Semua Transaksi dan Evaluasi

Mencatat anggaran dan membuatnya adalah hal wajib yang dilakukan setelah menerima gaji. Hal ini lantaran banyak dari kita yang masih saja suka lupa sudah mengeluarkan uang buat apa saja setiap bulannya.

Mulai sekarang, berilah perhatian lebih pada pengeluaran dan pemasukan. Catat dulu pemasukan yang diterima kemudian rinci beberapa keperluan yang rutin dibayarkan seperti listrik, kebutuhan keluarga, kamar mandi, pangan dan lain-lain.

Lihat sektor apa yang bisa ditekan, jika ada maka ada uang bisa digunakan untuk sektor lain seperti untuk hiburan atau tabungan. Usahakan untuk patuh pada catatan agar tidak ada pengeluaran yang di luar rencana. Apabila punya waktu lebih, anda juga bisa membuat laporan keuangan bulanan.

3 dari 4 halaman

Cara Menghemat Uang dengan Bijak dan Efisien

4. Lakukan Riset untuk Produk Keuangan

Cara menghemat uang yang tidak kalah penting selanjutnya adalah melakukan riset untuk setiap penawaran produk keuangan yang akan digunakan. Lakukan riset sebelum mendaftar produk keuangan, seperti kartu kredit atau pinjaman.

Pastikan produk tersebut dapat memberikan Anda kenyamanan dan keuntungan terbaik. Misalnya, memilih kartu kredit dengan tingkat bunga rendah maka Anda bisa menghemat lebih banyak uang setelahnya. Selain itu, lakukan riset pula sebelum Anda memperbarui asuransi yang dimiliki. Bandingkan premi asuransi dengan penyedia lain secara online. Dengan begitu, Anda bisa melihat premi mana yang dapat memberikan penawaran terbaik. Hal ini juga dinilai sangat efektif untuk mengurangi pengeluaran biaya dengan lebih cermat.

5. Buka Rekening Tabungan Terpisah

Cara menghemat uang yang tidak boleh disepelekan lainnya adalah membuka rekening tabungan secara terpisah. Buat akun rekening terpisah dengan rekening yang biasa digunakan untuk melakukan berbagai pembayaran atau tagihan.

Transfer sebagian penghasilan bulanan Anda ke rekening tabungan khusus yang telah dibuat. Cara ini dinilai efektif untuk mencegah kebiasaan konsumtif yang Anda miliki. Sebaiknya, cari akun atau bank yang dapat memberikan tingkat bunga tinggi dan tanpa biaya. Hal ini dapat menambah pundi-pundi tabungan lebih cepat.

6. Ubah Kebiasaan Belanja

Cara menghemat uang dengan mudah yang selanjutnya bisa dilakukan, yakni dengan mengubah kebiasaan belanja atau sikap konsumtif yang dimiliki. Dalam hal ini, Anda bisa mengurangi pengeluaran untuk keperluan yang tidak perlu.

Misalnya dengan menghentikan kebiasaan buruk merokok, mengurangi konsumsi alkohol, atau mengurangi makan atau membeli minuman di luar dengan membawanya sendiri dari rumah. Dengan begitu, pengeluaran harian dapat dipangkas dan dapat ditabung setelahnya.

7. Lakukan Transaksi Secara Tunai

Kartu kredit seringkali menawarkan banyak keuntungan kepada penggunanya baik dalam bentuk diskon, cashback, dan beragam promo lainnya. Meskipun demikian, jika tidak bijak dalam menggunakan kartu kredit, justru bisa membuat penggunanya semakin boros. Terlebih jika pengguna kartu kredit lupa membayar tagihan. Maka bunga yang dikenakan bisa semakin besar dan tak jarang membuat banyak orang menjadi terlilit utang. Oleh sebab itu, salah satu cara menghemat uang yaitu dengan membiasakan bertransaksi secara tunai. Keuntungan lain dari bertransaksi tunai yaitu bisa mengontrol keuangan dengan lebih mudah.

4 dari 4 halaman

Cara Menghemat Uang dengan Bijak dan Efisien

8. Menerapkan Hidup Minimalis

Gaya hidup minimalis akhir-akhir ini mulai menjadi sorotan banyak orang. Hidup minimalis bukan berarti hidup tanpa memiliki apapun. Akan tetapi, hidup minimalis lebih mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan. Jadi, barang-barang yang dimiliki hanya barang-barang yang memiliki nilai fungsional saja. Dengan demikian Anda menjadi lebih hemat dalam menggunakan uang.

9. Kurangi Gaya Hidup yang Mengarah Pada Hedonisme

Salah satu yang membuat pengeluaran bengkak yaitu karena gaya hidup hedonisme atau bermewah-mewahan. Misalnya, pergi ke mall untuk belanja pakaian atau sekadang nongkrog di coffee shop. Oleh sebab itu, salah satu cara menghemat uang yang bisa dilakukan yaitu dengan mengurangi gaya hidup yang mengarah pada hedonisme. Jika ingin minum kopi, mungkin Anda bisa menggantinya dengan ngopi di rumah. Apabila ingin belanja pakaian, mungkin Anda bisa membeli pakaian lewat e-commerce yang banyak memberikan diskon dan promo.

10. Membuat Makanan Sendiri

Selain mengurangi kebiasaan ngopi, hal yang juga perlu dikurangi agar bisa hemat yaitu dengan mengurangi pesan makanan di luar. Lebih baik memasak sendiri makanan untuk keluarga dibandingkan membeli lewat ojek online atau aplikasi pesan antar. Selain lebih hemat, memasak makanan sendiri juga lebih sehat.