Sukses

12 Cara Berpikir Positif Paling Efektif, Mampu Tingkatkan Produktivitas dan Kebahagiaan

Liputan6.com, Jakarta Cara berpikir positif mampu membantu anda lebih produktif dan semakin bahagia untuk menjalani hidup. Namun sayangnya berpikir positif merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Terutama ketika sedang tertimpa suatu masalah, tidak sedikit orang yang cenderung berpikiran negatif.

Dengan berpikir negatif dapat berpotensi membuat pelakunya cemas, khawatir, dan tertekan. Padahal, berpikir positif dapat memberi pengaruh yang baik untuk keadaan psikologis kita. Pola pikir ini juga bisa membuat kita lebih menikmati hidup.

Cara berpikir positif dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa teknik yang telah terbukti efektif dalam membantu seseorang mengubah persepsinya, baik mengubah tingkah laku hingga kebiasaan sehari-hari.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara berpikir positif yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (26/6/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Berpikir Positif yang Benar

1. Selalu Bersyukur

Cara berpikir positif yang utama adalah dengan selalu bersyukur. Sudah kita ketahui bersama bahwa manusia di dunia tentu tidak akan pernah lepas dari permasalahan hidup. Hampir dapat dipastikan setiap orang memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Hal inilah yang kemudian harus disadari bahwa kita tidak hidup sendiri dan masih banyak orang di luar sana yang mengalami masalah lebih besar.

Salah satu puncak kebahagiaan ialah ketika seseorang mampu bersyukur dengan apa yang dimiliki. Selalu percaya bahwa semua masalah yang kita hadapi sekarang adalah upaya mendewasakan diri agar ke depan dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, masih banyak hal di dunia ini yang patut kita syukuri seperti memiliki sahabat, keluarga, dan pekerjaan. Di samping itu, mengingat-ingat semua kebaikan yang pernah kita lakukan juga dapat mengubah presepsi kita agar terus bersyukur. Dengan begitu, pikiran serta hati kita akan jauh lebih tenang dan tentram.

2. Selalu Mengingat Hal-hal Baik

Cara berpikir positif yang selanjutnya adalah dengan selalu mengingat hal-hal baik. Setiap orang dapat dipastikan selama hidupnya pernah melakukan hal-hal yang baik. Mengingat-ingat kembali peristiwa atau kebaikan yang pernah kita lakukan, bisa membuat diri kita lebih bisa bersyukur.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perubahan kecil dalam berpikir dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengatur perasaan dan perilaku ketika berada dalam tekanan. Di samping itu, menghindari untuk selalu menyalahkan diri sendiri juga dapat membantu memperbaiki cara pandang kita terhadap segala sesuatu. Dengan begitu, pikiran dan hati kita akan jauh lebih tenang saat menghadapi berbagai persoalan yang sedang kita hadapi.

3. Membiasakan untuk Selalu Tersenyum

Cara berpikir positif berikutnya yaitu membiasakan diri untuk selalu tersenyum. Banyak penelitian menunjukkan bahwa tersenyum dapat memberi efek positif ketika menjalani kehidupan sehari-hari. Selain itu, tersenyum juga mampu menetralisir segala ketegangan ketika berada dalam tekanan.

Selain itu, membiasakan diri untuk selalu tersenyum dan menghadapi segala sesuatu dengan tenang bisa menurunkan stres, kecemasan, dan Depresi. Tersenyum juga mampu meningkatkan suasana hati dan membuat beban akan semakin berkurang.

3 dari 5 halaman

Cara Berpikir Positif yang Benar

4. Meningkatkan Optimisme

Meningkatkan optimisme merupakan salah satu cara berpikir positif paling efektif. Ketika memiliki rasa optimis tinggi makan kita menjadi pribadi yang tidak takut gagal saat akan melakukan berbuat sesuatu.

Selain itu, seseorang yang memiliki rasa optimis juga cenderung akan siap dengan segala risiko yang bisa terjadi, sehingga akan membuat kita jauh lebih tenang saat menghadapi segala sesuatu dan menghindarkan diri dari stres.

5. Menumbuhkan Kesadaran Setiap Orang Memiliki Kelebihan

Sudah kita ketahui bersama bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ketika kita sedang dihadapkan dengan berbagai persoalan, yang harus kita lakukan ialah selalu mengambil atau melihat sisi baiknya. Usahakan untuk selalu menghindari untuk mencari kesalahan orang lain, dengan begitu, akan melatih pikiran kita menjadi lebih positif.

6. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara relaksasi tubuh dan pikiran agar dapat melepaskan beban. Mulai dari peristiwa yang paling menarik hingga menakutkan bisa diatasi dengan melakukan meditasi. Meditasi bisa juga disebut kegiatan bercermin melihat diri sendiri dalam rangka memperbaiki, mengoreksi, dan membenahi semua hal yang pernah dialami. Manfaat meditasi sendiri begitu besar bahkan dapat membuat pikiran kita jauh lebih positif dan mencegah berbagai macam penyakit, baik jasmani maupun rohani.

4 dari 5 halaman

Cara Berpikir Positif Paling Efektif

7. Berbicara Hal Positif pada Diri Sendiri

Cara berpikir positif yang selanjutnya adalah berbicara hal positif pada diri sendiri. Seseorang dapat menjadi kritikus yang buruk bagi dirinya sendiri. Seiring waktu, hal tersebut dapat menyebabkan kita membentuk opini negatif tentang diri sendiri yang akan sulit dihilangkan. Oleh sebab itu, untuk menghentikan hal tersebut, kita harus berbicara hal positif pada diri sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa perubahan kecil dalam cara berbicara pada diri sendiri dapat memengaruhi kemampuan kita untuk mengatur perasaan, pikiran, dan perilaku ketika berada di bawah tekanan. Hindari menyalahkan diri sendiri, seperti “Saya mengacaukan semuanya.” Akan tetapi, gantilah dengan kata “Saya akan mencoba memperbaikinya.”

8. Tertawa

Penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat menurunkan stres, kecemasan, dan depresi. Hal ini juga dapat meningkatkan suasana hati dan membuat beban yang kita miliki terasa berkurang. Perbanyaklah tertawa dengan menonton video lucu, film komedi, ataupun membuat lelucon dengan anak-anak.

9. Istirahat

Cara berpikir positif yang selanjutnya adalah istirahat. Setiap orang tentu perlu beristirahat untuk menenangkan dirinya. Beristirahat dapat menyegarkan pikiran sehingga dapat berpikir secara jernih dan positif. Tak hanya itu, beristirahat juga dapat menyingkirkan rasa cemas dan khawatir yang kita rasakan.

5 dari 5 halaman

Cara Berpikir Positif Paling Efektif

10. Hilangkan Drama

Ketika merasa terpuruk, kita mungkin merasa hidup kita adalah hal yang paling menyedihkan di dunia. Padahal mungkin kenyataannya tak seburuk itu. Mendramatisir kehidupan justru akan membuat hidup semakin terasa menyedihkan dan pikiran menjadi penuh kekacauan. Oleh sebab itu, cara berpikir positif adalah jauhkan diri dari pemikiran-pemikiran drama seperti itu.

11. Berada di Sekitar Orang-Orang Positif

Tahukah anda jika negativitas dan positivitas bisa menular? Ketika bergaul dengan toxic people, kita bisa ikut terpengaruh dan mengikuti kebiasaannya. Begitu juga sebaliknya, ketika bergaul dengan orang-orang positif, maka hal positif akan menular. Berada di sekitar orang-orang positif telah terbukti dapat meningkatkan harga diri dan peluang untuk mencapai tujuan. Oleh sebab itu, cara berpikir positif adalah bergaulah dengan orang-orang yang dapat membawa kita pada sisi yang baik.

12. Membayangkan Masa Depan yang Baik

Penelitian menunjukkan bahwa membayangkan masa depan yang baik, entah mengenai karir, hubungan, ataupun hal lain, dapat membuat lebih bahagia di masa sekarang. Hal ini tentu bisa membantu kita berpikir positif dan tak mencemaskan apa yang akan terjadi di masa depan. Namun, jangan sampai terlena untuk melamun saja karena kita juga harus menunjukkan tindakan untuk mewujudkan masa depan yang baik tersebut. Membiasakan diri melakukan berbagai cara berpikir positif tersebut bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, mulailah untuk berpikir positif agar hidup menjadi lebih indah.