Sukses

Apa yang Dimaksud dengan Nada? Ketahui Unsur-Unsur dan Jenisnya

Nada adalah tinggi rendahnya bunyi (dalam lagu, musik, dan sebagainya).

Liputan6.com, Jakarta Dalam mempelajari musik tidak lepas dari yang namanya nada. Istilah dari nada sendiri di dalam dunia musik juga dikenal dengan kata tone. Lantas, apa yang dimaksud dengan nada dalam seni musik?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, apa yang dimaksud dengan nada adalah tinggi rendahnya bunyi (dalam lagu, musik, dan sebagainya). Sedangkan menurut Maryanto, apa yang dimaksud dengan nada adalah serangkaian bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu.

Dalam satu lagu dengan irama yang indah memiliki tangga nada yang bervariasi. Tangga nada sendiri adalah deretan nada yang disusun secara berjenjang. Dalam satu lagu yang bagus antara nada satu dengan nada yang lain terdapat jarak tertentu yaitu 1/2, 1, 1 ½ dan 2. Jarak inilah yang menentukan variasi nada dan jenis tangga nada.

Untuk lebih paham, berikut Liputan6.com ulas mengenai apa yang dimaksud nada beserta unsur-unsur, sifat, dan jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (27/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Nada Menurut Para Ahli

Dibawah ini ada penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan nada dari sudut pandang beberapa ahli adalah sebagai berikut:

Sylado

Apa yang dimaksud dengan nada merupakan sebuah wujud nyata dari waktu yang berada dalam kehidupan beserta kumpulan dari suatu ilusi serta alunan suara yang bisa menciptakan efek untuk sebuah pemikiran serta perasaan. Namun dengan kata lain, nada ini bisa diargumentasikan menjadi suatu waktu yang harus didengarkan bagi semua orang. Baik yang ada berada di sebuah dalam lagu, tari, serta lain-lain.

Banoe

Apa yang dimaksud dengan nada adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu muse yang berarti dewa. Nada menjadi sebuah cabang seni yang bisa mengatur bermacam jenis rangkaian suara serta dapat dimengerti dan juga dipahami oleh para umat manusia.

Jamalus

Menurut Jamalus, apa yang dimaksud dengan nada merupakan sebuah bagian cabang dari sebuah kesenian yang berupa suara serta mempunyai komposisi. Sehingga, dapat menghasilkan ungkapan pemikiran dalamm perasaan dari sang penciptanya bagian perpaduan pada unsur-unsur pokok yakni struktur, melodi, irama, serta harmoni.

3 dari 5 halaman

Sifat-sifat Nada

Ada beberapa sifat-sifat nada yang perlu diketahui. Beberapa sifat nada adalah:

1. Pitch

Yaitu ketepatan jangkauan nada.

2. Durasi

Durasi merupakan lamanya sebuah nada harus dibunyikan.

3. Intensitas nada

Sedangkan intensitas nada yaitu keras lembutnya nada yang harus dibunyikan.

4. Timbre

Merupakan warna suara yang berbeda pada tiap orang.

4 dari 5 halaman

Unsur-Unsur Pendukung Nada dalam Musik

Terdapat beberapa hal penting dan menjadi sebuah pendukung nada untuk menciptakan sebuah karya musik. Menurut Sila Widhyatama, berikut adalah beberapa unsur pembentuk musik serta pendukung sebuah nada, yaitu:

1. Unsur-unsur pokok

a. Irama adalah alunan bunyi teratur dan berulang yang ada dalam permaian musik. 

b. Melodi adalah nada-nada yang diatur dengan indah, pengaturannya menggunakan pola irama tertentu sehingga enak dan indah untuk didengarkan.

c. Harmoni adalah paduan bunyi nyanyian atau permainan musik yang menggunakan dua nada atau lebih yang berbeda tinggi nadanya dan dibunyikan secara serentak.

d. Struktur lagu adalah susunan unsur-unsur musik dalam sebuah lagu dan menghasilkan sebuah komposisi lagu yang bermakna.

2. Unsur-unsur ekspresi

a. Dinamik adalah tanda untuk memainkan volume nada secara nyaring atau lembut.

b. Tempo adalah kecepatan, jeda, dan durasi yang selalu berkaitan dengan irama.

c. Warna nada adalah sebuah kualitas penerimaan suara melalui nada, musik serta suara yang menjadi pembeda jenisnya serta berbeda dari suara paduan suara, produksi suara dan juga instrumen.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Tangga Nada

Terdapat tiga jenis tangga nada yang sering digunakan oleh para musisi dalam menyusun musik dia ntaranya adalah sebagai berikut:

1. Tangga nada diatonis

Tangga nada ini adalah jenis tangga nada yang pada umumnya memiliki tujuh buah nada, yaitu “Do Re Mi Fa Sol La Si”. Selain itu, tangga nada diatonis ini juga memiliki 2 jarak (interval), yaitu satu dan setengah tangga nada. Tangga nada diatonis dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu tangga nada diatonis minor dan tangga nada diatonis mayor.

2. Tangga nada pentatonic

Jenis tangga nada ini adalah tangga nada yang berasal dua kata, yaitu penta (lima) dan tone (nada). Berbeda dengan tangga nada diatonis, tangga nada pentatonis hanya mempunyai 5 nada pokok. Jika membandingkan kedua nada tersebut, nada penantonis akan mengurangi dua nada pokok pada nada diatonis, dalam hal tersebut ada dua macam tangga nada pentatonis, yaitu c-d-e-g-a-c’ (tidak ada f dan b) dan c-e-f-g-b-c’ (tidak ada d dan a).

3. Tangga nada kromatis

Tangga nada ini adalah jenis tangga nada yang mempunyai jumlah nada terbanyak di antara jenis tangga nada lainnya. Jenis tangga nada ini menggunakan 12 macam jenis nada yang seluruhnya memiliki jarak atau interval setengah atau 1/2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.