Sukses

19 Cara Menghilangkan Komedo Putih di Hidung yang Membandel, Aman Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta - Memahami komedo putih (white heads) adalah jenis jerawat yang terbentuk dari penumpukan sel kulit mati, minyak, dan bakteri. Komedo putih termasuk jenis jerawat ringan atau tidak parah. Bagaimana cara menghilangkan komedo putih?

Seorang ahli dermatologi, Sarah Taylor, MD, FAAD melansir dari Health Line, pada Senin (27/6/2022) memberikan review atau ulasan singkat tentang cara menghilangkan komedo putih yang aman dilakukan.  

Dr. Taylor merekomendasikan cara menghilangkan komedo putih dengan bahan alami yang diterapkan beberapa kali saja dalam seminggu. Kemudian melakukan cara menghilangkan komedo putih di hidung yang membandel, dengan menerapkan perawatan harian lebih disiplin.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan komedo putih di hidung yang membandel, Senin (27/6/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Komedo Putih di Hidung yang Membandel

Cobalah cara menghilangkan komedo putih di hidung dengan mengaplikasikan produk-produk yang menguntungkan. Seperti mencukupi kebutuhan vitamin wajah untuk meningkatkan pertumbuhan sel sehat dan lainnya.

Cara menghilangkan komedo putih di hidung membandel yang direkomendasikan Health Line adalah mengandalkan produk sebagai berikut:

1. Krim Vitamin A

Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah menggunakan krim vitamin A. Vitamin A adalah nutrisi dengan sifat antioksidan kuat. Dalam hal kesehatan kulit, vitamin A berpotensi mengurangi kemerahan dan peradangan.

“… sekaligus meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat,” dijelaskan.

Cara menghilangkan komedo putih di hidung dengan krim ini dioleskan langsung ke wajah sekali atau dua kali sehari. Produk vitamin A dapat menyebabkan kemerahan dan kepekaan terhadap sinar matahari. Anda harus selalu memakai tabir surya setiap hari saat menggunakan produk ini.

2. Minyak Pohon Teh atau Tea Tree Oil

Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah mengandalkan tea tree oil. Minyak pohon teh disebut-sebut sebagai anti inflamasi alami. Ini memiliki manfaat antimikroba. Efek dari cara menghilangkan komedo putih di hidung ini berarti bisa diandalkan.

3. Lidah Buaya

Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah mengandalkan lidah buaya. Lidah buaya adalah bahan nabati lainnya.

Seperti cara menghilangkan komedo putih di hidung dengan minyak pohon teh, lidah buaya tersedia sebagai ekstrak atau produk perawatan kulit yang dijual bebas.

Meskipun studi tentang kemanjuran cara menghilangkan komedo putih di hidung hanya dengan lidah buaya saja tidak meyakinkan, Mayo Clinic melaporkan bahan tersebut dapat membantu bila digunakan dengan produk jerawat lainnya.

4. Witch Hazel

Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah mengandalkan witch hazel. Ini berasal dari tanaman berbunga dengan nama yang sama, witch hazel dapat membantu menyembuhkan komedo putih dengan kualitas astringennya yang membuka pori-pori. Witch hazel paling nyaman digunakan dalam bentuk astringen.

“Cukup basahi bola kapas dengannya dan gunakan dua kali sehari,” dijelaskan.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Komedo Putih di Hidung yang Membandel dengan Perawatan Harian

Menghilangkan komedo putih tidak hanya cukup dengan sekali perawatan yang besar, karena kenyataanya komedo putih bisa muncul setiap saat.

Cara menghilangkan komedo putih di hidung yang direkomendasikan Health Line adalah dilengkapi dengan perawatan harian atau skin care routine yang tepat.

Begini cara menghilangkan komedo putih di hidung dengan perawatan harian yang tepat:

1. Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah rutin mencuci muka di malam hari. Gunakan produk yang ringan.

2. Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah mencuci muka setelah berolahraga.

3. Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah mencuci muka dan mandi dengan air hangat.

4. Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah menghindari scrub yang keras, yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

5. Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah melakukan eksfoliasi beberapa kali per minggu saja. Ini membantu untuk menyingkirkan kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori, tetapi pengelupasan kulit terlalu banyak dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut.

6. Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah kenakan tabir surya yang dirancang khusus untuk wajah. Tabir surya menyeluruh atau seluruh tubuh dapat menyumbat pori-pori wajah.

7. Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah mencuci rambut secara teratur, terutama jika memiliki rambut panjang. Minyak dari rambut dapat menyumbat pori-pori.

8. Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah menjauhkan produk rambut dari wajah.

9. Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah membersihkan smartphone, sarung bantal, dan kacamata hitam secara rutin untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan bakteri.

Jika memakai riasan, ada cara menghilangkan komedo putih di hidung lain yang harus diperhatikan:

10. Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah membersihkan riasan setiap malam.

11. Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah cari produk rias berlabel "bebas minyak" dan "nonkomedogenik" karena ini cenderung tidak menyumbat pori-pori.

12. Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah buang riasan lama atau sudah kadaluwarsa. Krim harus digunakan dalam beberapa bulan, sedangkan bedak dapat bertahan hingga satu tahun.

13. Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah hindari toples riasan, yang dapat menampung bakteri.

14. Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah mencuci kuas makeup dan spons setelah digunakan.

15. Cara menghilangkan komedo putih di hidung adalah jangan pernah berbagi riasan atau aplikator.