Sukses

14 Wisata Ungaran dan Sekitarnya yang Paling Hits, Alamnya Sejuk dan Memesona

Liputan6.com, Jakarta Wisata Ungaran bisa menjadi pilihan destinasi liburan yang menarik. Kota Ungaran sendiri merupakan ibu kota Kabupaten Semarang. Wilayahnya terdiri dari kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur. Lokasinya berada di sebelah selatan Kota Semarang.

Wisata Ungaran terdiri dari destinasi alam yang menyejukkan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari Gunung Ungaran yang di sekitarnya memiliki destinasi alam yang beragam. Dari air terjun, taman bunga, hingga wisata alam lainnya.

Lokasi Ungaran yang didominasi pegunungan membuat wilayah ini memang terkenal akan wisata alamnya. Walaupun didominasi oleh wisata alam, Ungaran juga menyajikan destinasi wisata kota. Kamu juga bisa mengunjungi gedung-gedung bersejarah yang unik di Kota Ungaran.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/6/2022) tentang wisata Ungaran.

2 dari 6 halaman

Wisata Ungaran Kolam Pemandian

Umbul Sidomukti

Wisata Ungaran yang pertama yaitu Umbul Sidomukti. Kolam renang alami ini membuat kamu akan merasakan berenang pada ketinggian 1200 mdpl karena terletak di lereng Gunung Ungaran. Di Umbul Sidomukti juga terdapat beberapa jenis kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda, yang bisa dinikmati oleh anak-anak sampai orang dewasa.

Airnya sangat jernih dan tentunya sangat dingin. Kamu bisa juga sekalian menikmati keindahan pemandangan dari atas ketinggian sembari berenang dan menghirup udara sejuk lereng pegunungan. Selain itu, sudah banyak fasilitas lainnya yang disediakan di Umbul Sidomukti ini.

Watu Gunung

Berlatar belakang gunung Ungaran, Watu Gunung merupakan destinasi wisata Ungaran yang cukup populer. Watu Gunung menawarkan perpaduan suasana kesejukan pegunungan Ungaran dan nuansa budaya tradisional. Watu Gunung berlokasi di Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang. Di sini kamu dapat menemukan pemandian segar dari sumber air lereng gunung Ungaran. Terdapat pula rumah Joglo khas Jawa yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai sekaligus berfoto. Tak hanya itu, pendopo-pendopo kecil juga tersedia bagi pengunjung yang ingin beristirahat dan menikmati udara khas pegunungan.

Siwarak

Taman Wisata dan Kolam Renang Tirto Argo Siwarak Ungaran atau yang kerap disebut dengan Siwarak merupakan taman wisata yang terkenal dengan kolam dari mata air alami pegunungan Ungaran. Berjarak 2 kilometer dari kota Ungaran, Siwarak sudah berdiri sejak Agustus 1968.

Wisata Ungaran ini berlokasi di Jl. Nyatnyono, Siwarak, Ungaran, Kabupaten Semarang. Fasilitas yang ditawarkan taman wisata ini cukup lengkap dan ramah oleh anak. Kamu dan keluarga dapat menikmati area taman bermain anak-anak, kolam ikan, jalur tracking, dan pemandian alami pegunungan.

3 dari 6 halaman

Wisata Ungaran Curug

Curug Lawe

Curug Lawe merupakan air terjun di bawah Gunung Ungaran, terletak di area perkebunan cengkeh, sekitar 12 Km dari Kota Ungaran. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 meter ini menawarkan suasana alam yang masih alami dan sejuk. Curug Lawe terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Curug Benowo

Dalam satu kawasan terdapat dua air terjun yaitu curug lawe di sisi barat dan curug benowo di sisi timur yang berjarak sekitar 500m antar kedua air terjun. Curug Benowo merupakan air terjun yang terletak di Lereng Gunung Ungaran tepatnya di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat. Curug Benowo menawarkan suasana segar khas pegunungan.

Curug Semirang

Curug Semirang terletak di lereng Gunung Ungaran bagian utara, tepatnya di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Topografi sekitar kawasan wisata Ungaran ini cocok untuk area tracking, sepeda gunung, dan olah raga gunung lainnya. Selama perjalanan, pengunjung diajak menikmati suasana perkebunan pala dan kopi di kanan kirinya.

Untuk dapat menuju lokasi wisata Ungaran satu ini, cukup menempuh 7 kilometer atau 30 menit berkendara dari pusat Kabupaten Semarang. Meski medan menuju air terjun harus ditempuh dengan berjalan kaki, wisata satu ini selalu menjadi andalan destinasi para wisatawan yang sedang berlibur ke Ungaran.

4 dari 6 halaman

Wisata Ungaran Bangunan Bersejarah

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo berada di desa Candi, kecamatan Bandungan yang berjarak 9 Km dari Kota Ambarawa dan 12 Km dari Kota Ungaran. Candi Gedong Songo merupakan kompleks bangunan candi peninggalan Hindu dari zaman Wangsa Sanjaya pada abad ke-8 (tahun 927 Masehi). Destinasi wisata Ungaran ini menawarkan wisata sejarah yang sejuk dan tenang.

Masjid dan Makam Nyatnyono

Tak cuma wisata alam yang disuguhkan, Ungaran juga memiliki wisata sejarah dan religi. Wisata sejarah dan religi yang cukup terkenal adalah Masjid dan Makam Nyatnyono. Terletak di Desa Nyatnyono, tempat ini merupakan makam keluarga besar Bambang Kartonadi yang diyakini masyarakat sebagai wali, penyiar agama Islam. Wisata Ungaran ini memiliki legenda terjadinya Desa Nyatnyono. Air yang muncul di Sendang Nyatnyono di sekitar Makam dipercaya orang dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan dikenal dengan Sendang Kalimah Toyyibah.

Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa atau juga disebut dengan Benteng Fort Willem I merupakan bangunan bersejarah di Ambarawa, Semarang. Dinamakan Benteng Pendem karena awalnya benteng ini didesain berada di bawah tanah atau terkubur, sebagai siasat perang. Wisata Ungaran ini tidak boleh dilewatkan saat kamu berlibur ke Ungaran.

5 dari 6 halaman

Wisata Ungaran Lainnya

Wana Wisata Penggaron

Wisata Ungaran selanjutnya adalah Wana Wisata Penggaron. Wana Wisata Penggaron adalah hutan lebat alami dengan udara segar yang terletak di Desa Susukan, Ungaran. Kamu akan disuguhkan kehidupan hutan dengan banyaknya hewan liar, terutama burung dari beragam spesies. Banyak orang yang sengaja menginap dengan mendirikan tenda di Wana Wisata Penggaron ini. Selain itu, kamu juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan seru seperti trekking, latihan SAR dan pramuka, serta off road.

Rawa Pening

Rawa pening adalah wisata Ungaran berupa sebuah danau luas. Dengan luas yang mencapai 2670 hektar, danau ini memiliki panorama yang sangat memanjakan mata. panorama pegunungan dan airnya yang bening membuat Rawa Pening menjadi semakin indah dan sayang untuk dilewatkan. Di Rawa Pening ini, kamu bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau. Bahkan, kamu juga bisa memancing karena danau ini memiliki beragam jenis ikan yang hidup di dalamnya.

Taman Bunga Celosia

Tak hanya menawarkan hamparan bungan Celosia, wisata Ungaran ini juga memiliki replika landmark terkenal dari berbagai negara. Taman Bunga Celosia berada di kawasan wisata Candi Gedong Songo, tepatnya di Jl. Wisata Gedong Songo KM 05, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Taman ini didesain lengkap dengan kincir angin dan beragam jenis bunga asli Eropa yang didatangkan langsung dari tanah asalnya. Tiket masuk ke Taman Bunga Celosia juga ramah di kantong. Hanya sebesar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak pengunjung sudah terpuaskan dengan panorama alam bebungaan yang indah.

6 dari 6 halaman

Wisata Ungaran Gunung

Gunung Ungaran

Destinasi wisata Ungaran yang paling terkenal tentunya adalah Gunung Ungaran. Gunung ini merupakan gunung berapi bertipe Stratovolcano yang terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang. Memiliki ketinggian 2.050 meter, Gunung Ungaran menjadi pilihan banyak pendaki untuk melakukan pendakian.

Ada tiga jalur pendakian yang umun dilalui pendaki yaitu, Jalur Basecamp Mawar, Jalur Candi Gedong Songo, dan Jalur Promasan (via Limbangan, Kendal). Jalur yang sering dilewati pendaki adalah Jalur Basecamp Mawar yang dapat dicapai melalui pondok wisata Umbul Sidomukti, Sidomukti, Bandungan.

Camp Mawar

Seusai dengan namanya, wisata Ungaran ini adalah tempat untuk camping sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya. Camp Mawar berada di kaki Gunung Ungaran dengan ketinggian 2.050 mdpl. Camp Mawar biasa dipakai sebagai pos pertama pendakian ke gunung Ungaran yang melewati trek Jimbaran atau Umbul Sidomukti.

Fasilitas yang disediakan juga terbilang lengkap seperti taman untuk berfoto, kamar mandi, musala, warung, hingga persewaan tenda dan alat camping bahkan sampai 24 jam. Bagi kamu yang menyukai suasana alam yang damai, bermalam di tempat ini adalah pilihan tepat. Dari Camp Mawar ini juga kamu bisa langsung melihat landscape Kota Ungaran.