Sukses

15 Wisata Alam Malang Terfavorit yang Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta - Penasaran dengan wisata alam Malang terfavorit yang selalu ramai dikunjungi wisatawan saking memesonanya? Kota terbesar kedua di Jawa Timur ini memiliki segudang coban atau air terjung yang konon masih perawan atau terjaga sekali keasriannya.

Selain coban, wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ada wisata petik apel hingga wisata di kebun bunga ala Korea dan Eropa. Paling terkenal adalah Flora Wisata San Terra. Lalu, jangan lewatkan wisata alam Malang terfavorit berupa pantai.

Pesona pantai di wisata alam Malang terfavorit memang wajib dikunjungi, karena pengunjung yang ketagihan datang menyebutnya tak kalah dari pantai-pantai di Pulau Dewata Bali. Tertarik mengunjungi wisata alam Malang terfavorit tersebut?

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam lima belas tempat wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi, Selasa (28/6/2022).

2 dari 4 halaman

Wisata Alam Malang Terfavorit yang Wajib Dikunjungi

1. Wisata Petik Apel Malang

Wisata petik apel Malang milik Kelompok Tani Makmur Abadi adalah wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi. Ini wisata alam Malang terfavorit yang dikelola langsung oleh para petani apel di Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu.

Wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini berada di Jl. Raya Tulungrejo No.24, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Cukup membayar Rp 25 ribu, pengunjung wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi sudah bisa memetik apel dan menikmatinya sepuasanya.

2. Pantai Jonggring Saloko

Pantai Jonggring Saloko adalah wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi. Meskipun namanya belum terlalu populer, ini tak kalah indahnya dengan Bali. Lokasi wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini tidak terlalu jauh dari Kota Malang, sekitar 1-2 jam dengan jarak sekitar 63 km sudah bisa menikmati pantai ini.

Lokasi wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini berada di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Malang Selatan, Jawa Timur. Jalan berbatu dan terjal tidak menjadi alasan untuk sekadar liburan ke pantai ini.

3. Pantai Sipelot

Pantai Sipelot adalah wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi dan gratis yang tidak boleh dilewatkan. Lokasi wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini berada di ujung timur Malang.

Tak perlu cemas, Pantai Sipelot ini bakal membuatmu takjub dengan pemandangannya. Di wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini, pengunjung bisa melihat hamparan pantai yang indah dengan pasir putihnya.

4. Coban Kedung

Coban Kedung adalah wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi, terletak cukup tersembunyi dari hiruk pikuk kota Malang. Lokasi wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini berada di desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Setelah sampai di wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini, pengunjung akan langsung melihat indahnya panorama air terjun dengan alam yang masih terjaga. Kamu bakal dibuat puas dengan udara yang dingin dan sejuk saat terkena percikan airnya.

5. Flora Wisata San Terra

Flora Wisata San Terra adalah wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi. Lokasi wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini berada di Jl. Trunojoyo, Jurangrejo, Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang.

Di tempat wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini terdapat berbagai objek wisata Instagramable seperti kebun bunga, bangunan ala Korea dan Eropa, lokasi edukasi, tempat bermain anak, dan masih banyak lagi.

3 dari 4 halaman

Wisata Alam Malang Terfavorit yang Wajib Dikunjungi

6. Coban Lanang

Coban Lanang adalah wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi. Lokasi wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini berada di Pandanrejo, Bumiaji, Batu. Tempat wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini memiliki ketinggian air terjun sekitar 15 sampai 20 meter. Debit air di air terjun ini sangat deras dengan latar belakang pepohonan yang hijau dan asri.

7. Coban Supit Urang

Coban Supit Urang adalah wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi. Hanya saja, lokasi wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini sedikit susah dijangkau. Meski demikian, ketika pengunjung tiba di lokasi wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini, pasti sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan. Pesona alamnya bakal membuat takjub.

8. Selecta

Selecta adalah wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi. Kawasan Batu di Kabupaten Malang adalah dataran tinggi berhawa sejuk dengan hamparan pemandangan hijau di setiap sisi.

Wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi adalah Selecta, taman wisata dengan banyak spesies bunga cantik di dalamnya.

Tiket masuk wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini sangat terjangkau, hanya Rp 25 ribu saja per orang. Apabila datang bersama rombongan, tiket masuknya jadi lebih murah lagi hanya Rp 20 ribu per orang.

9. Coban Nirwana

Coban Nirwana adalah wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi. Spot lain untuk menikmati aliran air alami yang berujung pada air terjun ada di Coban Nirwana. Dari namanya, sudah bisa ditebak jika pemandangan yang ditawarkan bak nirwana. View alam yang mengesankan, ditambah air terjun bertingkat dan tebing tinggi serta belukar lebat di sekelilingnya menambah eksotisme lokasi ini. 

10. Watu Talang

Watu talang adalah wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi. Wisata Malang gratis ini sangat pas buat pengunjung yang memiliki jiwa petualangan. Pasalnya di wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini, untuk mencapai ke Watu Talang perlu melewati jalan yang cukup terjal dan menanjak. Saat sampai di atas, pengunjung bisa melihat hamparan pohon hijau lebat dan indah.

4 dari 4 halaman

Wisata Alam Malang Terfavorit yang Wajib Dikunjungi

11. Gunung Panderman

Gunung panderman adalah wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi. Bagi yang suka mendaki, Gunung Panderman bisa jadi pilihan lokasi pendakian di Batu. Wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini memiliki puncak Basundara yang berketinggian 2.045 mdpl.

Diperlukan waktu kira-kira tiga jam untuk mendaki dan menuruni wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi seperti Gunung Panderman. Rute yang biasa digunakan untuk mendaki adalah rute Malang-Batu, Batu-Latar Ombo, dan Latar Ombo-Puncak.

12. Taman Langit

Taman Langit adalah wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi. Taman Langit adalah wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi dan sangat populer untuk selfie di tengah deretan patung unik di depan pemandangan yang luas. Dari tempat wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini juga pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Batu dari ketinggian.

13. Coban Rais

Coban Rais adalah wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi. Lokasi wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini berada di Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Air terjun ini berada di ketinggian kurang lebih 1.025 mdpl. Untuk menuju tempat wisata di Batu Malang ini kamu perlu menyusuri hutan sejauh 7 km. Wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi seperti air terjun ini memberikan suasana sejuk menenangkan.

14. Batu Flower Garden

Batu Flower Garden adalah wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi. Lokasi wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini berada dekat dengan Coban Rais.

Tepat terletak di Oro-oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu. Di wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini, terdapat kebun bunga memesona dengan latar belakang pegunungan yang sejuk dan asri.

15. Coban Putri

Coban Putri adalah wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi. Lokasi wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini berada di Tlekung, Junrejo, Batu. Coban Putri memiliki air terjun bertingkat yang sangat eksotis. Selain air terjun, dari lokasi wisata alam Malang terfavorit yang wajib dikunjungi ini pengunjung bisa menyaksikan indahnya pegunungan di Batu dari gardu pandang.