Sukses

Viral Pria Temukan Uang Rp 337 Juta dan Dikembalikan ke Pemilik, Aksinya Bikin Salut

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang beranggapan jika kejujuran sudah menjadi barang langka. Meski begitu, kejujuran masih tetap ada di negeri ini. Anggapan itu mungkin terasa benar jika melihat praktik ketidakjujuran yang dilakukan oknum tertentu di berbagai tempat. 

Namun sepertinya anggapan itu tak berlaku bagi pria yang satu ini. Menemukan uang ratusan juta di tempat umum, pria yang bekerja sebagai pegawai Dewan Distrik Baling ini lebih memilih mengembalikan daripada menggunakannya untuk keperluan pribadi.

Diketahui, pria itu menemukan uang tunia 100 ribu Ringgit Malaysia atau senilai Rp337 juta di dalam tas milik seorang pengunjung di Pusat Pemandian Air Panas Legong, Baling, Kedah Malaysia. Usai menemukan uang senilai Rp337 juta, pria itu memilih melaporkannya kepada manajemen.

"Pegawai Dewan Distrik Baling yang bertugas itu melapor ke manajemen dan memanggil pengunjung," seperti yang disampaikan dilansir Liputan6.com dari mStar, Selasa 28/6/2022).

2 dari 3 halaman

Pemilik Uang Bersyukur Masih Ada Orang Jujur

Pengunjung terseut menerima panggilan telepon dari pihak Dewan Distrik Baling saat dalam perjalan pulang. Ia mengungkapkan jika pengunjung tidak ingat meninggalkan tas, karena terburu-buru.

"Pengunjung kaget saat mendapat telepon dari Dewan Distrik Baling karena tidak ingat tas sama sekali karena buru-buru mau pulang," keterangannya.

Rupanya, uang Rp 337 juta itu merupakan uang hasil dari bisnis. Sang pemilik uang itu mengatakan jika dirinya tak sempat ke bank untuk menyetorkan uang tersebut. Pengunjung itu bersyukur masih ada orang jujur.

"Saat sampai di pemandian air panas, ia bilang sangat bersyukur, semua ini adalah uang bisnis dan dia tidak punya waktu untuk dimasukkan ke dalam bank. Ia tidak mengira ada orang jujur," katanya.

Pria yang menemukan uang tersebut, ini bukan pertama kalinya menemukan barang milik pengunjung. Namun ia berlaku jujur, karena menurutnya kejujuran itu penting untuk membangun sebuah kepercayaan.

"Tapi kalau kita ambil sekeping, hilang segunung kepercayaan orang pada kita," kata pria tersebut.

3 dari 3 halaman

Bikin Netizen Salut

Sementara itu, seorang petugas di Pusat Rekreasi Air Panas Lenggong ketika dihubungi mStar, membenarkan kejadian tersebut. Mereka menginformasikan bahwa uang tersebut milik seorang pengunjung pria yang berprofesi sebagai pengusaha.

Menurut petugas, Pusat Rekreasi Air Panas Ulu Legong dikelola oleh Dewan Distrik Baling. Lebih lanjut, netizen pun memuji aksi yang dilakukan oleh pria yang mengembalikan uang ratusan juta tersebut.

"RM100.000, berfikir sejenak. Alhamdulillah, kita dipertemukan dengan orang jujur. Beberapa orang dengan RM100.000 benar-benar melupakan dunia saat bertemu uang," komentar netizen.

"Uang adalah berkah. Alhamdulillah. Bagi yang menemukannya, doakan rezeki dan pahala yang tak henti-hentinya seperti air yang mengalir," komentar netizen.

"Alhamdulillah. Jaman sekarang susah cari orang yang ikhlas dan jujur. Semoga bertambah rezekinya. Amin," komentar netizen.