Sukses

38 Wisata Pantai di Yogyakarta yang Unik, Indah Manjakan Mata

Liputan6.com, Jakarta Wisata pantai di Yogyakarta merupakan surga di pantai selatan Jawa. Yogyakarta memiliki hamparan wisata pantai yang indah. Wisata pantai di Yogyakarta berada di tiga kabupaten sekaligus; Gunungkidul, Bantul, dan Kulon Progo. 

Mulai dari pasir putih, hitam, batu karang menjulang, hingga pelelangan ikan, wisata pantai di Yogyakarta punya keunikannya sendiri. Jika ingin menikmati wisata pantai dengan pasir putih, kamu cukup mengunjungi Gunungkidul. Jika ingin menyaksikan matahari terbit dan terbenam yang syahdu, kamu bisa pergi ke Kulon Progo. Jika ingin ke pantai dengan akses yang mudah dijangkau, kamu bisa menikmati pantai di Bantul.

Berikut wisata pantai di Yogyakarta dengan beragam keunikannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(28/6/2022).

2 dari 4 halaman

Wisata Pantai di Yogyakarta-Gunungkidul

Pantai Ngetun

Pantai Ngetun berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Pantai Ngetun berbentuk mirip teluk mungil yang eksotis. Pantai ini tergolong pantai kecil yang masih sangat alami. Di dekat pantai ini terdapat tebing yang bisa dijelajahi. Dari tebing ini pengunjung bisa menyaksikan pantai Ngetun dari ketinggian dan pemandangan lepas pantai selatan yang memesona.

Pantai Kayu Arum

Pantai tersembunyi selanjutnya adalah Pantai Kayu Arum. Pantai ini belum terlalu populer di telinga wisatawan. Pantai ini berada tak jauh dari Pantai Baron, tepatnya di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul. Pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putih khas pantai Gunungkidul. Pantai Kayu Arum cocok digunakan untuk berkemah dan menikmati suasana tenang dan alami.

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok berada di Jepitu, Girisubo, Gunungkidul. Ciri khas dari pantai Jungwok adalah adanya batu besar yang disebut Watu Kopi. Pantai ini masih terbilang sepi dibanding pantai Gunungkidul lainnya. Pengunjung bisa bersantai dipantai ini bak memiliki pantai pribadi.

Pantai Butuh

Pantai butuh berada di Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul. Wisata Gunungkidul ini cukup mungil diapit oleh bukit karst dan pepohonan rumbun. Pantai ini cukup tersembunyi dan cocok jadi alternatif pantai di Gunungkidul.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor itu tempatnya snorkeling. Di sini kamu berkesempatan untuk berenang dengan ikan beraneka warna. Kalau sedang beruntung bahkan bisa bertemu dengan kura-kura laut berukuran besar. Bagi yang malas snorkeling pun, Nglambor tetap memesona dengan airnya yang biru jernih dan berombak kecil. Bikin betah selonjoran di tepian sampai sore. Tarif masuknya hanya Rp 5.000 saja.

Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal merupakan salah satu tempat wisata Gunungkidul. Pantai cantik yang dikelilingi batu karang ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati keindahan sunset.

Pantai Jogan

Pantai Jogan merupakan jajaran pantai wisata Gunungkidul yang memiliki kesan eksotis. Di sini kamu dapat menemukan air terjun yang jatuh dari atas tebing pantai ini. Air Terjun Inilah yang membuat pantai Jogan memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini juga belum banyak dikenal wisatawan sehingga suasananya masih terbilang tenang dan asri.

Pantai Sanglen

Pantai Sanglen memiliki bentangan pasir pantai yang cukup panjang, ini cocok bagi kamu untuk bersantai menikmati keindahan pantai. Ada pula beberapa pohon cemara yang bisa menjadi tempat untuk kamu berteduh. Dan juga area pohon cemara ini biasanya dijadikan sebagai tempat tenda untuk camping.

Pantai Sedahan

Pantai Sedahan biasanya juga menjadi langganan untuk camping hingga aktivitas memancing. Namun untuk datang ke pantai ini kamu perlu berjuang dengan berjalan kaki, karena kendaraanmu harus parkir di Wediombo. Tapi nggak perlu khawatir karena rasa lelahmu bakal terbayar lunas dengan pemandangan pantai yang benar-benar memesona.

Pantai Sadeng

Salah satu pantai unik di Gunungkidul adalah pantai Sadeng. Nah, dulunya pantai ini merupakan muara sungai Bengawan Solo purba. Namun karena terjadi pergerakan lempeng bumi, aliran sungai Bengawan Solo Purba berbalik arah menuju Laut Jawa. Hingga saat ini, sisa-sisa aliran sungai tersebut masih bisa kita lihat. Wisata Gunungkidul ini menjadi spot menarik karena bekas aliran sungai tersebut diapit oleh dua lembah dengan pepohona yang terhampar hijau.

Pantai Ngandong

Ada satu lagi pantai eksotis di Desa Sidoharjo yaitu pantai Ngandong. Ombak di pantai Ngandong begitu tenang sehingga aman untuk mandi dan bermain air. Wisata Gunungkidul ini menghadap langsung ke Samudera Hindia sehingga sangat strategis untuk menikmati sunrise maupun sunset.

Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput terbilang masih sepi dari pengunjung, dan tentu saja cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan untuk melepas kepenatan. Pantai ini cukup eksotis dengan pasir putih berpadu dengan rumput nan hijau. Ada pula lubang yang menjadi daya tarik tempat ini ketika air surut, bahkan kamu bisa masuk ke dalamnya. Lokasinya ada di Ngrumput, Desa Ngestirejo, Tanjungsari.

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu diapit dua bukit yang membuat air cukup tenang. Namun tetap hati-hati jika kamu ingin berenang, karena ombak cukup keras. Lokasi pantai ini ada di Desa Girikarto, Panggang, Gunungkidul.

Pantai Nguyahan

Menurut cerita nama nguyahan diambil dari kata ‘uyah’ yang dalam bahasa Jawa artinya garam. Dulunya pantai ini merupakan tempat pembuatan garam. Pantai Nguyahan adalah pantai dengan pasir dengan garis pantai yang tidak terlalu panjang dan memiliki pasir berwarna putih. Pantai ini diapit bukit karang baik di sisi kanan maupun kirinya.

Pantai Ngerenehan

Pantai Ngerenehan sebenarnya merupakan teluk yang diapit dua tebing. Airnya jernih dan pasirnya berwarna putih tipikal pantai Gunungkidul. Di tepi pantai berjejer kapal-kapal nelayan berwarna biru yang matching dengan warna airnya. Di pantai ini para nelayan juga menjual ikan-ikan hasil tangkapannya. Kamu juga bisa menikmati sajian seafood yang segar karena baru ditangkap.

Pantai Parangendog

Pantai Parangendog bersebelahan dengan Pantai Parangtritis. Karakteristik Pantai Parang Endog dengan Pantai Parangtritis agak sedikit berbeda. Di Pantai Parang Endog, kamu akan banyak menemui batu-batu karang berukuran besar berbentuk telur. Dari sini juga lah nama Parang Endog berasal karena terdapat batu besar yang mirip dengan endog atau telur.

3 dari 4 halaman

Wisata Pantai di Yogyakarta-Bantul

Pantai Parangtritis

Selain dikenal dengan lagunanya, pantai Glagah juga dikenal dengan tetrapod atau pemecah ombak. Tetrapod ini terbuat dari beton berkaki empat yang berfungsi untuk memecah ombak. Ditengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung dapat berjalan ke arah laut.

Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo merupakan wisata pantai di Yogyakarta yang bersebelahan dengan pantai Parangtritis. Pantai Parangkusumo memiliki pasir berwarna hitam dengan garis pantai yang luas, tak jauh dari pantai terdapat objek wisata Gumuk Pasir Parangkusumo.

Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu terletak tak jauh dari Parangtritis dan Parangkusumo. Nama "Cemara Sewu" diambil dari kata "Cemara" dan "Sewu" yang dalam bahasa Indonesia artinya "Seribu Cemara", karena di pantai ini ditanami banyak pohon cemara udang yang rimbun.

Pantai Barchan

Pantai Barchan merupakan pantai kecil yang berada di antara pantai Parangkusumo dan Pantai Cemara Sewu. Pantai ini sangat cocok dikunjungi untuk menikmati sunset.

Pantai Widuri

Pantai Widuri berada di sebelah barat pantai Parangkusumo. Pantai ini cocok dikunjungi jika kamu ingin menikmati jajaran pantai selatan di Yogyakarta. Pantai Widuri memiliki pasir hitam dengan ombak yang cukup kencang.

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara juga merupakan tempat wisata Jogjakarta kekinian yang patut untuk dikunjungi. Disebut goa cemara karena terdapat banyak pohon cemara disepanjang jalan menuju pantai. Pohon-pohon cemara ini membentuk lengkungan laiknya gua.

Pantai Depok

Pantai Depok dikenal sebagai wisata pantai yang terkenal akan pasar ikannya. Di sini, kamu bisa mendapatkan ikan segar langsung dari hasil tangkapan nelayan. Selain untuk dibawa pulang, kamu juga bisa menyantap ikan ini di pinggir pantai yang indah.

Pantai Samas

Pantai Samas terkenal dengan deburan ombaknya yang menggulung, angin lautnya yang kencang dan sebagai tempat persinggahan penyu-penyu langka seperti penyu sisik dan penyu hijau untuk bertelur. Selain itu, kawasan Pantai Samas juga memiliki delta-delta sungai dan danau air tawar yang membentuk telaga. Oleh Dinas Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta, telaga-telaga tersebut digunakan untuk pengembangan perikanan, penyu dan udang galah serta untuk lokasi pemancingan.

Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru merupakan pantai yang wajib dikunjungi ketika berada di Bantul. Pantai ini memiliki kerimbunanan dan keteduhan dari pohon cemara. Tidak heran apabila di siang hari pantai ini tetap teduh, dan justru cahaya matahari yang hendak menerobos dari celah dedaunan cemara menjadikannya nampak eksotis.

Pantai Pandansari

Pantai Pandansari dikenal dengan kehadiran mercusuarnya yang ikonik. Mercusuar ini berfungsi sebagai penerang bagi pelaut saat malam. Tidak hanya sekedar menjalankan fungsinya, mercusuar di pantai tersebut dapat digunakan sebagai tempat untuk menikmati pemandangan. Pengunjung bisa mendaki mercusuar tersebut dengan menapaki anak-anak tangga yang tersusun melingkar.

Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo termasuk wisata pantai di Yogyakarta yang sudah sangat lama dibuka. Pada zaman Raja Hamengkubuwono VIII pantai ini diresmikan menjadi tempat tirakatan, sekaligus kampung nelayan. Di pantai ini juga terdapat pasar ikan, ikan yang dijual di pasar ini merupakan hasil tangkapan para nelayan Pantai Pandansimo. Selain pasar ikan, dan pohon-pohon rindang, Pantai Pandansimo juga terdapat banyak sekali kincir angin, kincir angin ini berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Angin.

Pantai Baros

Pantai Baros merupakan kawasan ekowisata hutan mangrove dan wisata pantai selatan di Kabupaten Bantul. Untuk menuju pantai ini, kamu harus melewati hutan mangrove yang hijau.

Pantai Pelangi

Pantai Pelangi berada persis di seberang gumuk pasir, atau sekitar lima menit perjalanan sebelum Pantai Depok Bantul Yogyakarta. antai ini awalnya merupakan bagian dari pemekaran kawasan wisata Parangtritis untuk menghindari penumpukan pengunjung pada 2009. Pantai Pelangi menjadi salah satu tempat favorit para penyu betina untuk bertelur, khususnya penyu lekang.

Pantai Baru

Pantai Baru berdekatan dengan Pantai Pandansimo, Pantai Kuwaru dan Pantai Goa Cemara. Istilah "Pantai Baru" yang disematkan pada pantai ini sesuai dengan usia pantai ini yang terbilang baru dibanding pantai-pantai yang lain di Yogyakarta.

4 dari 4 halaman

Wisata Pantai di Yogyakarta-Kulon Progo

Pantai Bidara

Pantai Bidara merupakan sebuah destinasi wisata baru yang dibuka di Kulon Progo. Pantai ini terletak sekitar 200 meter arah barat Pantai Bugel. Berbeda dengan Pantai Bugel yang lebih dulu dikenal dengan keindahan alam dan aktivitas pelelangan ikannya, Pantai Bidara menitikberatkan pengembangan pariwisata maritim. Nama Pantai Bidara sendiri diambil dari banyaknya pohon bidara yang terdapat di sekitar pantai.

Pantai Glagah

Pantai Glagah merupakan pantai yang paling terkenal di kulon Progo. Pantai ini cukup menarik karena memiliki laguna yang indah. Laguna tersebut terbentuk dari bagian daratan agak cekung yang berisi air laut pasang. Semakin lama, cekungan ini membentuk telaga dengan tepian yang subur dan ditumbuhi rumput liar. Selain dikenal dengan lagunanya, pantai Glagah juga dikenal dengan tetrapod atau pemecah ombak. Tetrapod ini terbuat dari beton berkaki empat yang berfungsi untuk memecah ombak. Ditengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung dapat berjalan ke arah laut.

Pantai Congot

Pantai Congot membentang luas sepanjang 6,5 Km di Desa Jangkaran, Temon, Kulon Progo di sebelah barat Pantai Glagah. Pantai Congot adalah tempat melaut sekaligus pendaratan perahu nelayan. Sungai Bogowonto yang membatasi Purworejo dan Kulon Progo bermuara di Pantai Congot sehingga sangat cocok untuk kegiatan memancing.

Pantai Trisik

Pantai Trisik dengan suasana pedesaan pesisir yang khas merupakan tempat yang cocok untuk menikmati sunset dan sunrise. Tak hanya menawarkan keindahan panorama pantai, aktivitas nelayan juga bisa dinikmati sebagai daya tarik wisata alternatif. Pantai Trisik juga merupakan pusat konservasi penyu di Kabupaten Kulon Progo yang dapat dijadikan sebagai wahana wisata edukasi.

Pantai Mlarangan Asri

Wisata pantai ini terletak di desa Pleret, Panjatan, Kabupaten Kulon Progo. Tepatnya di barat pantai Bugel dan di sebelah timur pantai Glagah. Pantai ini juga ditumbuhi pohon-pohon yang rindang sehingga menambah suasana sejuk. Fasilitas di pantai mlarangan asri juga sudah cukup memadai mulai dari parkiran, toilet, hingga pedagang yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Pantai Bugel

Pantai Bugel merupakan pantai yang terkenal dengan pasir besinya. Pantai ini masih asri dan berhiaskan pohon cemara yang tumbuh rindang di sekitar kawasan pantai. Suasana pantai Bugel sangatlah cocok untuk para wisatawan yang mencari ketenangan, kedamaian hati dan melepas penat jiwa. Pantai Bugel juga bisa dijadikan referensi wisata bagi para wisatawan yang ingin menikmati indahnya panorama matahari terbit dan tenggelam.

Pantai Pasir Kadilangu

Meski namanya pasir, kamu justru akan mendapati hamparan hutan mangrove di wisata pantai ini. Pantai Pasir Kadilangu merupakan pantai dengan hutan mangrove yang indah. Pantai Pasir Kadilangu terletak di Jangkaran, Temon, Kulon Progo, Yogyakarta.

Pantai Imorenggo

Pantai Imorenggo berada di Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo. Pantai ini memiliki pasir hitam yang indah ketika matahari terbit dan terbenam.