Sukses

15 Cara Mendapatkan Uang Secara Online, Pahami Tiap Ceruknya

Cara mendapatkan uang bisa secara online.

Liputan6.com, Jakarta Cara mendapatkan uang secara online kini banyak diminati masyarakat. Perkembangan dunia digital membuat siapa saja bisa menikmati cara mendapatkan uang secara online. Dengan Internet mengambil alih dan memengaruhi sebagian besar kehidupan, seseorang bisa bekerja dari rumah dengan tenang.

Dengan internet, lebih banyak cara mendapatkan uang dengan cepat. Untuk bisa sukses menerapkan cara mendapatkan uang secara online, diperlukan juga keterampilan dasar. Jika kamu fasih berbahasa Inggris misalnya, kamu bisa mencari peruntungan cara mendapatkan uang dengan mengajar secara online.

Cara mendapatkan uang yang terpenting adalah melihat tiap ceruk yang ada. Berikut cara mendapatkan uang secara online, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(29/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara mendapatkan uang online

Dropshiper

Dropshiper dalah model bisnis di mana kamu menjual produk ke pelanggan, tetapi pemasok lah yang menyimpan, mengemas, dan mengirimkan produk ke pelanggan atas namamu. Dengan kata lain, dropship adalah sistem penjualan di mana penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik pihak lain tanpa perlu menyetok barang terlebih dahulu. Sistem bisnis ini dapat dilakukan oleh siapapun. Sistem dropship bisa dilakukan secara online.

YouTuber

YouTuber kini menjadi satu profesi yang bisa dilakukan untuk cara mendapatkan uang online. Saluran YouTube harus fokus pada satu ceruk sehingga kamu dapat membangun pemirsa yang kuat dan setia. Misalnya, kamu dapat membuat tutorial rias wajah, streaming video game, mengulas produk, mengajarkan keterampilan, membuat video lelucon, atau apa pun yang menurutmu akan menarik pemirsa.

Menjadi influencer

Membangun brand pribadi juga dapat membantu menghasilkan uang secara online. Untuk menghasilkan uang sebagai influencer, kamu dapat mengenakan biaya untuk posting bersponsor, membuat toko online sendiri dan menjual produk, menambahkan tautan afiliasi di bio, menjual foto, menjual iklan di podcast sendiri, membuat dan menjual merchandise, mendapatkan bayaran untuk tampil di acara-acara, dan banyak lagi.

3 dari 6 halaman

Cara mendapatkan uang online

Menjadi penulis

Dengan meningkatnya minat dalam pemasaran konten, semakin banyak perusahaan mencari penulis yang dapat mengisi properti web mereka dengan konten yang hebat. Rahasia sukses sebagai penulis adalah fokus pada ceruk tertentu. Banyak penulis mencoba menjadi generalis, menulis untuk berbagai kategori, dari makanan hingga teknologi. Namun, memiliki fokus khusus sebagai penulis membedakanmu dan membuatnya lebih mudah untuk menarik klien di target pasar.

Copywriter

Copywriting bisa jadi ideal untukmu yang bisa bermain dengan kata-kata persuasif. Seorang copywriter menulis dengan maksud membujuk dan mempengaruhi audiens, pembaca, untuk membeli barang atau jasa. Copywriter adalah salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan secara online.

Menjual foto

Apakah kamu seorang fotografer profesional atau hanya suka memotret gambar yang bagus, kamu dapat menghasilkan uang secara online dengan menjual gambar. Situs seperti Shutterstock dan Alamy adalah tempat yang bagus untuk memamerkan karya. Situs web ini membayar royalti kepada fotografer ketika seseorang mengunduh salinan gambar mereka.

 

4 dari 6 halaman

Cara mendapatkan uang online

Menjual desain

Desain grafis adalah keterampilan luar biasa yang dapat kamu manfaatkan. Banyak situs yang memungkinkanmu menjual jasa desain. Kamu dapat memilih rute cetak sesuai permintaan dan menjual desain pada produk khusus sendiri. Atau, kamu dapat mengajukan desain pada platform crowdsource seperti 99designs. Ada juga opsi untuk membuat grafik dan template sendiri untuk dijual di pasar seperti Envato atau Creative Market.

Mengajar bahasa Inggris

Jika kamu fasih berbahasa Inggris, menjadi pengajar bahasa Inggris online bisa menjadi cara mendapatkan uang online. Kamu bisa membuka kursus sendiri dengan memanfaatkan platform panggilan video seperti Zoom dan Google Meet. Untuk mengajar online dengan sukses, kamu memerlukan koneksi Internet yang aman dan andal, akun Zoom atau Skype, dan sertifikat TESOL/TEFL. Terakhir, yang terpenting adalah kepribadian yang ramah, sabar, dan tepat waktu.

Penerjemah

Penerjemahan adalah ceruk yang kurang terlayani, artinya persaingan di bidang ini lebih sedikit daripada di ceruk pasar lainnya. Untuk memanfaatkan peluang, kamu harus fasih dalam setidaknya dua bahasa. Jika kamu bilingual atau mengambil jurusan bahasa populer di sekolah, ini mungkin ide menghasilkan uang yang bagus untuk dicoba.

5 dari 6 halaman

Cara mendapatkan uang online

Proofreader

Proofreading adalah karir online yang menguntungkan lainnya. Proofreading adalah tahap akhir dari proses penulisan ketika tulisan dievaluasi untuk kebenaran mekanis, seperti tata bahasa, tanda baca, ejaan, kata-kata yang dihilangkan, kata-kata yang diulang, spasi dan format, dan kesalahan ketik. Seorang proofreader melakukan pekerjaan ini untuk klien.

Tutor Online

Jika ingin menghasilkan uang secara online dengan jadwal sendiri, pertimbangkan untuk menjadi tutor online. Jika kamu memiliki gelar pendidikan, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan posisi mengajar. Jika kamu ahli dalam suatu topik, les mungkin merupakan platform yang tepat bagimu untuk menghasilkan uang dengan cepat.

Mendirikan Bisnis Konten dan Pengembangan Web

Jika kamu tahu bagaimana melakukan pengembangan web dan konten, kamu dapat menawarkan layanan ini kepada siapa pun secara online. Ini akan membantu membuat pengembangan situs web yang indah menjadi mudah. Beberapa sumber termasuk WordPress, Weebly dan Joomla.

6 dari 6 halaman

Cara mendapatkan uang online

Riset dan Survei Internet

Cara lain untuk menghasilkan banyak uang adalah dengan menjelajahi Internet di waktu luang atau mengisi survei online. Cara mendapatkan uang online yang populer adalah dengan mengisi survei online di waktu luang mereka. Perusahaan riset selalu merekrut anggota baru di seluruh dunia untuk menjawab survei dan menguji produk baru.

Investasi saham

Cara mendapatkan uang online juga bisa dilakukan dengan investasi saham. Kini kamu bisa berinvestasi saham dengan mudah melalui smartphone. Sudah banyak aplikasi trading saham yang bisa diunduh gratis di Play Store dan AppStore. Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan online trading kapan pun dan di mana pun.

Konsultan TikTok

Salah satu cara mendapatkan uang online yang paling trendi saat ini adalah menjadi konsultan TikTok. Merek akan menghubungimu untuk bertukar pikiran tentang ide video, mengembangkan bios yang menarik, dan banyak lagi. Ini adalah peluang menghasilkan uang yang sempurna untuk pengembara digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.