Sukses

10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Lakukan dengan Rutin

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan kutu rambut perlu dilakukan dengan telaten. Kutu rambut merupakan masalah kulit kepala yang bisa menyebabkan gatal luar biasa. Kutu rambut bisa sangat menular dari satu orang ke orang lain.

Ini sebabnya, penting mengetahui cara menghilangkan kutu rambut. Cara menghilangkan kutu rambut bisa dilakukan dengan obat anti kutu. Menjaga kebersihan juga menjadi kunci dari cara menghilangkan kutu rambut.

Beberapa bahan alami juga bisa membantu perawatan cara menghilangkan kutu rambut. Cara menghilangkan kutu rambut ini perlu dilakukan beberapa kali hingga kutu benar-benar menghilang. Berikut cara menghilangkan kutu rambut, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (30/6/2022).

2 dari 6 halaman

Cara menghilangkan kutu rambut

Obat kutu

Cara menghilangkan kutu rambut yang ampuh adalah menggunakan obat kutu. Obat kutu ini bisa berbentuk krim, losion, atau ciran yang disebut pedikulisida. Kemasannya akan menyertakan instruksi tentang berapa lama produk harus dibiarkan di rambut, dan penting untuk mengikuti panduan ini. Kebanyakan obat kutu mengandung permetrin. Ini diterapkan pada rambut yang telah keramas dan dikeringkan dengan handuk. Rambut kemudian dibilas setelah 10 menit.

Permetrin tidak akan membunuh semua telur saat ini, tetapi akan meninggalkan residu pada rambut yang dirancang untuk membunuh nimfa yang muncul dari 20 hingga 30 persen telur hidup yang tersisa.

Sampo anti kutu

Selain obat kutu, kamu juga bisa menggunakan sampo anti kutu. Ikuti petunjuk pada kemasannya, yang mungkin mengharuskan sampo tetap berada di kulit kepala selama beberapa menit. Setelah perawatan sampo, orang yang terinfeksi harus mengenakan pakaian bersih. Mengenakan pakaian kotor dapat membantu kutu kembali ke kepala, menyerang kembali kulit kepala.

 

3 dari 6 halaman

Cara menghilangkan kutu rambut

Menyisir basah

Menyisir rambut dalam keadaan basah dengan sisir khusus kutu bisa menjadi cara menghilangkan kutu rambut yang ampuh. Ini dapat menghilangkan kutu dan beberapa telur kutu. Selain rambut yang basah, gunakan pelumas rambut seperti kondisioner rambut. Sisir seluruh kepala dari kulit kepala hingga ujung rambut minimal dua kali selama satu sesi. Proses ini harus diulang setiap 3 sampai 4 hari selama minimal 2 minggu setelah tidak ada lagi kutu yang ditemukan. Meskipun metode menyisir basah bisa efektif, cara ini juga memakan waktu dan membutuhkan kesabaran untuk menyelesaikannya.

Tea tree oil

Minyak pohon teh adalah obat rumah yang populer untuk banyak kondisi kulit karena sifat antimikrobanya. Minyak ini juga bisa membantu menghilangkan kutu rambut. Campurkan 2 ons minyak zaitun dengan 15 hingga 20 tetes minyak esensial tea tree oil. Oleskan campuran ini ke kulit kepala menggunakan bola kapas. Biarkan di kulit kepala dan rambut semalaman - setidaknya 12 jam. Sisir dan keramas, bilas, dan ulangi.

4 dari 6 halaman

Cara menghilangkan kutu rambut

Minyak zaitun

Cara menghilangkan kutu rambut bisa menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun bisa jadi cara efektif mengatasi kutu rambut. Campurkan 2 sendok minyak zaitun dengan 15 hingga 20 tetes minyak esensial. Oleskan campuran ini ke kulit kepala menggunakan bola kapas. Biarkan di kulit kepala dan rambut semalaman - setidaknya 12 jam. Sisir, keramas, bilas, dan ulangi.

Minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa menjadi alternatif untuk mengusir kutu kepala dengan sifat antimikrobanya. Oleskan minyak kelapa ke seluruh rambut dan pijat ke kulit kepala. Bungkus handuk di sekitar kepala dan biarkan selama satu jam. Lepaskan handuk, sisir kutu dan telur dengan sisir kutu. Cuci rambut dengan sampo dan kondisioner.

5 dari 6 halaman

Cara menghilangkan kutu rambut

Minyak adas manis

Minyak adas manis dapat melapisi dan mencekik kutu. Sebuah studi tahun 2018 tentang pengobatan alami untuk kutu pada anak-anak menemukan bahwa minyak adas manis adalah salah satu pengobatan alami yang paling efektif.

Minyak kelapa dan cuka sari apel

Campurkan minyak kelapa dan cuka sari apel dalam jumlah yang sama. Oleskan campuran tersebut ke seluruh rambut dan pijat ke kulit kepala. Kenakan shower dan biarkan selama 15 menit. Sisir kutu dan telur dengan sisir kutu. Keramas dengan sampo dan kondisioner.

6 dari 6 halaman

Cara menghilangkan kutu rambut

Lakukan secara rutin

Kebanyakan perawatan kutu perlu diulang beberapa hari setelah aplikasi pertama. Selain perawatan ulang ini, periksa kulit kepala 8-12 jam sesudahnya. Kutu harus mati atau sekarat, tidak aktif atau bergerak di kulit kepala. Ini sebabnya, cara menghilangkan kutu perlu dilakukan secara rutin sampai kutu benar-benar hilang.

Jaga kebersihan

Kutu tidak bisa melompat. Sebaliknya, mereka menyebar melalui kontak yang sangat dekat atau langsung dengan orang atau benda yang terinfeksi. Kutu mati segera setelah jatuh dari kepala manusia, tetapi benda-benda yang baru-baru ini bersentuhan langsung dengan seseorang lebih mungkin menyebarkan kutu. Ini sebabnya, penting menjaga kebersihan.

Vakum furnitur dan karpet, terutama jika penderita kutu sering berbaring di atasnya. Rendam sisir, sikat, dan peralatan rambut lainnya dalam air panas selama 5-10 menit. Untuk perlindungan yang lebih besar, pertimbangkan untuk menggantinya. Cuci selendang, topi, dan pakaian lain yang bersentuhan langsung dengan kepala. Cuci atau ganti bantal dan sarung bantal. Jangan berbagi sisir, sikat, topi, atau syal dengan orang lain.