Sukses

Cara Menulis Daftar Pustaka Buku, Skripsi, Jurnal, dan Website, Ini Contohnya

Liputan6.com, Jakarta - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan daftar pustaka adalah daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit, dan sebagainya yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau buku, dan disusun menurut abjad.

Memahami betul cara menulis daftar pustaka dari buku, skripsi, jurnal, dan website ini penting dalam pembuatan karya ilmiah. Bagaimana cara menulis daftar pustaka yang benar tersebut?

Cara menulis daftar pustaka dari buku, skripsi, jurnal, dan website yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, menggunakan format 'NATAJUKOPEN' yakni singkatan dari nama - tahun - judul - kota - penerbit. Kemudian diberi batas tanda titik (.) dan kota menggunakan tanda titik dua (:) untuk memisahkan.

Perhatikan cara menulis daftar pustaka yang benar untuk bagian judul buku, skripsi, jurnal, dan website harus dicetak miring atau italic. Simak penyesuaian cara menulis daftar pustaka yang benar dari contohnya juga.

Berikut Liputan6.com ulas cara menulis daftar pustaka dari buku, skripsi, jurnal, dan website yang benar, Kamis (30/6/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Menulis Daftar Pustaka dan Contohnya

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku dan Contohnya

Memahami cara menulis daftar pustaka dari buku yang benar adalah menggunakan format 'NATAJUKOPEN' yakni singkatan dari nama - tahun - judul - kota - penerbit.

Kemudian cara menulis daftar pustaka dari buku, diberi batas dengan tanda titik (.) kecuali kota dan penerbit menggunakan tanda titik dua (:) untuk memisahkannya.

Perhatikan cara menulis daftar pustaka dari buku untuk bagian judul harus dicetak miring atau italic. Kemudian cara menulis daftar pustaka dari buku, untuk nama pengarang dimulai dari nama belakang yang diikuti tanda koma dan nama depan.

Cara menulis daftar pustaka dari buku, bagian nama dengan gelar tidak perlu disebutkan atau tidak perlu dituliskan. Cara menulis daftar pustaka dari buku apabila terdiri dari lebih dari satu penulis atau pengarang, tuliskan nama pengarang sisanya tanpa dibalik.

Apabila nama pengarang tidak ada dalam buku, cukup tuliskan nama lembaga yang menerbitkannya. Bagaimana cara menulis daftar pustaka dari buku secara lengkap beserta contohnya?

1. Cara menulis daftar pustaka dari buku, mulai dengan menuliskan nama pengarang yang dipisah dengan tanda koma.

2. Cara menulis daftar pustaka dari buku, kemudian urutkan nama pengarang sesuai abjad (hanya nama pengarang pertama yang penulisannya dibalik).

3. Cara menulis daftar pustaka dari buku, apabila pengarang lebih dari satu orang dipisah menggunakan tanda koma. Kemudian tambahkan tahun terbit.

4. Cara menulis daftar pustaka dari buku, kemudian tuliskan judul dengan dicetak miring. Lalu setiap awal kata menggunakan huruf kapital atau sesuaikan dengan pola penulisan yang benar.

5. Cara menulis daftar pustaka dari buku, perhatikan jarak antar judul 1.5 – 2 spasi. Kemudian sambungan daftar pustaka menjorok ke dalam 5 - 7 ketukan dan spasi 1.

6. Cara menulis daftar pustaka dari buku, apabila ada nama pengarang yang menulis lebih dari satu judul buku, tulis satu kali saja. Kemudian pada judul kedua beri tanpa (______) lalu tulis sesuai formatnya.

7. Cara menulis daftar pustaka dari buku terakhir, tuliskan kota terbit dan penerbitnya.

8. Contoh cara menulis daftar pustaka dari buku:

Nazarudin, Ari dan Suranto Purnomo. 2021. Membangun Good Governance di Desa. Malang: IRE Press.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi dan Contohnya

Memahami cara menulis daftar pustaka dari skripsi yang benar adalah menggunakan format 'NATAJUKOPEN' yakni singkatan dari nama - tahun - judul - kota - penerbit.

Kemudian cara menulis daftar pustaka dari skripsi, diberi batas dengan tanda titik (.) kecuali kota dan penerbit menggunakan tanda titik dua (:) untuk memisahkannya.

Perhatikan cara menulis daftar pustaka dari skripsi untuk bagian judul harus dicetak miring atau italic. Kemudian cara menulis daftar pustaka dari skripsi, untuk nama pengarang dimulai dari nama belakang yang diikuti tanda koma dan nama depan.

Cara menulis daftar pustaka dari skripsi, bagian nama dengan gelar tidak perlu disebutkan atau tidak perlu dituliskan. Cara menulis daftar pustaka dari skripsi yang lebih lengkap bisa setelah judul, ditambahkan dengan nama fakultas dan program studinya.

Bagaimana cara menulis daftar pustaka dari skripsi secara lengkap beserta contohnya?

1. Cara menulis daftar pustaka dari skripsi, mulai dengan menuliskan nama pengarang yang dipisah dengan tanda koma.

2. Cara menulis daftar pustaka dari skripsi, kemudian urutkan nama pengarang sesuai abjad (hanya nama pengarang pertama yang penulisannya dibalik).

3. Cara menulis daftar pustaka dari skripsi, apabila pengarang lebih dari satu orang dipisah menggunakan tanda koma. Kemudian tambahkan tahun terbit.

4. Cara menulis daftar pustaka dari skripsi, kemudian tuliskan judul dengan dicetak miring. Lalu setiap awal kata menggunakan huruf kapital atau sesuaikan dengan pola penulisan yang benar.

5. Cara menulis daftar pustaka dari skripsi, perhatikan jarak antar judul 1.5 – 2 spasi. Kemudian sambungan daftar pustaka menjorok ke dalam 5 - 7 ketukan dan spasi 1.

6. Cara menulis daftar pustaka dari skripsi terakhir, tuliskan kota terbit dan universitas yang menebitkannya.

7. Contoh cara menulis daftar pustaka dari skripsi:

Lukmanan, Adijaya. 2023. Skripsi Strategi Pemasaran di Akun Instagram Petshop. Palembang: Universitas Palembang.

3 dari 3 halaman

Cara Menulis Daftar Pustaka dan Contohnya

3. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal dan Contohnya

Memahami cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang benar adalah menggunakan format 'NATAJUKOPEN' yakni singkatan dari nama - tahun - judul - kota - penerbit.

Kemudian cara menulis daftar pustaka dari jurnal, diberi batas dengan tanda titik (.) kecuali kota dan penerbit menggunakan tanda titik dua (:) untuk memisahkannya.

Perhatikan cara menulis daftar pustaka dari jurnal untuk bagian judul harus dicetak miring atau italic. Kemudian cara menulis daftar pustaka dari jurnal, untuk nama pengarang dimulai dari nama belakang yang diikuti tanda koma dan nama depan.

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal, bagian nama dengan gelar tidak perlu disebutkan atau tidak perlu dituliskan. Cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang lebih lengkap bisa setelah judul, ditambahkan dengan nama fakultas dan program studinya.

Bagaimana cara menulis daftar pustaka dari jurnal secara lengkap beserta contohnya?

1. Cara menulis daftar pustaka dari jurnal, mulai dengan menuliskan nama pengarang yang dipisah dengan tanda koma.

2. Cara menulis daftar pustaka dari jurnal, kemudian urutkan nama pengarang sesuai abjad (hanya nama pengarang pertama yang penulisannya dibalik).

3. Cara menulis daftar pustaka dari jurnal, apabila pengarang lebih dari satu orang dipisah menggunakan tanda koma. Kemudian tambahkan tahun terbit.

4. Cara menulis daftar pustaka dari jurnal, kemudian tuliskan judul dengan dicetak miring. Lalu setiap awal kata menggunakan huruf kapital atau sesuaikan dengan pola penulisan yang benar.

5. Cara menulis daftar pustaka dari jurnal, perhatikan jarak antar judul 1.5 – 2 spasi. Kemudian sambungan daftar pustaka menjorok ke dalam 5 - 7 ketukan dan spasi 1.

6. Cara menulis daftar pustaka dari jurnal terakhir, tuliskan kota terbit dan universitas yang menebitkannya.

7. Contoh cara menulis daftar pustaka dari jurnal:

Madam, Adijaya. 2024. Jurnal Strategi Penanganan Pandemi di Jepang. Jakarta: Universitas Indonesia.

4. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Web dan Contohnya

Memahami cara menulis daftar pustaka dari web atau artikel yang benar adalah menggunakan format 'NATAJUKOPEN' yakni singkatan dari nama - tahun - judul - kota - penerbit.

Kemudian cara menulis daftar pustaka dari web atau artikel, diberi batas dengan tanda titik (.) kecuali kota dan penerbit menggunakan tanda titik dua (:) untuk memisahkannya.

Perhatikan cara menulis daftar pustaka dari web atau artikel untuk bagian judul harus dicetak miring atau italic. Kemudian cara menulis daftar pustaka dari web atau artikel, untuk nama pengarang dimulai dari nama belakang yang diikuti tanda koma dan nama depan.

Cara menulis daftar pustaka dari web atau artikel, bagian penerbit ditulis nama website publikasinya. Cara menulis daftar pustaka dari web atau artikel yang saat ini umum digunakan, tambahkan tanggal dan waktu akses.

Kemudian cara menulis daftar pustaka dari web atau artikel, tambahkan link website yang dikutip setelah tanggal dan waktu akses. Bagaimana cara menulis daftar pustaka dari web atau artikel secara lengkap beserta contohnya?

1. Cara menulis daftar pustaka dari web atau artikel, mulai dengan menuliskan nama pengarang yang dipisah dengan tanda koma.

2. Cara menulis daftar pustaka dari web atau artikel, kemudian urutkan nama pengarang sesuai abjad (hanya nama pengarang pertama yang penulisannya dibalik).

3. Cara menulis daftar pustaka dari web atau artikel, apabila pengarang lebih dari satu orang dipisah menggunakan tanda koma. Kemudian tambahkan tahun terbit.

4. Cara menulis daftar pustaka dari web atau artikel, kemudian tuliskan judul dengan dicetak miring. Lalu setiap awal kata menggunakan huruf kapital atau sesuaikan dengan pola penulisan yang benar.

5. Cara menulis daftar pustaka dari web atau artikel, perhatikan jarak antar judul 1.5 – 2 spasi. Kemudian sambungan daftar pustaka menjorok ke dalam 5 - 7 ketukan dan spasi 1.

6. Cara menulis daftar pustaka dari web atau artikel terakhir, tuliskan kota terbit dan penerbit ditulis nama website publikasinya, tambahkan tanggal, waktu akses, dan linknya.

7. Contoh cara menulis daftar pustaka dari web atau artikel:

Badi, Mahardika. 2021. Cara Mencegah Infeksi Virus Cacar Monyet. Jakarta: Liputan6.com. Diakses 20 Juni 2023 Pukul 12.00 WIB. http://cara-mencegah-infeksi-virus-cacar-monyet/