Sukses

4 Cara UNREG Kartu XL Axiata dengan Mudah dan Cepat, Bisa Lewat SMS

Liputan6.com, Jakarta Cara UNREG kartu XL dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Biasanya cara UNREG kartu XL ini diperlukan oleh pelanggan yang ingin mengganti kartu lamanya dengan kartu yang baru. Bisa juga diperlukan oleh pelanggan yang kehilangan perangkat ponselnya sehingga harus mengganti dengan kartu XL yang baru. 

Semenjak diberlakukannya peraturan registrasi nomor telepon di Indonesia, mengganti nomor telepon tidak segampang dahulu. Berdasarkan peraturan dari pemerintah, satu Nomor Induk Kependudukan (NIK) hanya bisa meregistrasi tiga kartu saja, tidak boleh lebih. Peraturan ini mulai diberlakukan Mei 2018 lalu. Hal ini diberlakukan guna mencegah penipuan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Namun, pengguna masih memungkinkan untuk beralih ke nomor yang baru, dengan syarat bahwa NIK yang digunakan belum melampaui tiga nomor telepon. Jika pengguna telah meregistrasi tiga nomor telepon, pengguna harus menghapus registrasi atau UNREG nomor telepon yang sebelumnya didaftarkan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara UNREG kartu XL dengan mudah dan cepat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/7/2022).

2 dari 5 halaman

Cara UNREG Kartu XL dengan Mudah dan Cepat

1. Dengan pakai dial up

Berikut cara UNREG kartu XL dengan dial up, yakni:

a. Tentukan nomor telepon XL yang akan dihapus registrasinya (diunreg). Pastikan bahwa nomor yang dignakan adalah nomor yang akan di-UNREG.

b. Untuk Anda pengguna kartu XL, Anda bisa masuk ke fitur dial pada ponsel anda terlebih dahulu.

c. Kemudian masukkan kode *123*4444#

2. Menggunakan cara SMS

Adapun cara UNREG kartu XL menggunakan SMS adalah sebagai berikut ini:

a. Pastikan bahwa nomor yang saat ini digunakan adalah nomor yang akan di UNREG.

b. Pengguna kartu XL dapat mengirim SMS dengan format UNREG#NoHP# 

c. Kirim SMS ke 4444

3 dari 5 halaman

Cara UNREG Kartu XL dengan Mudah dan Cepat

3. Lewat customer service

Selanjutnya, cara UNREG kartu XL adalah dengan melalui customer service. Pelanggan juga bisa memeriksa status pendaftaran atau membatalkan registrasi atau UNREG dengan mengunjungi gerai operator seluler yang bersangkutan. Saat anda mendatangi gerai XL, bisa melaporkan permasalahan yang diperlukan, salah satunya seperti melakukan UNREG kartu XL kepada bagian customer service.

4. Menggunakan via call center

Terakhir, cara UNREG kartu XL ini dapat digunakan jika perangkat HP anda hilang sehingga mau tidak mau harus menonaktifkan kartunya agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Anda bisa melakukannya melalui layanan call center dengan melakukan panggilan telepon. Berikut ini cara UNREG kartu XL via call center, yaitu:

a. Buka dial up di perangkat HP anda.

b. Ketik nomor 817

c. Tekan “Panggil” atau “Call”

d. Sampaikan keluhan atau keinginan anda untuk meng-UNREG kartu XL dengan alasan kehilangan HP beserta dengan nomor yang sudah terdaftar.

e. Pihak operator selanjutnya akan melakukan pemblokiran nomor lewat sistem mereka.

f. Tunggu proses pemblokiran hingga nomor yang terdaftar telah berhasil dinonaktifkan.

4 dari 5 halaman

Cara Mengubah Data Registrasi

Selain cara UNREG kartu XL dari perangkat HP, anda juga dapat mengubah data registrasi pada kartu yang anda gunakan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti untuk mengubah data registrasi, antara lain:

1. Buka pesan di perangkat HP anda.

2. Ketik UNREG#NomorPonsel (Contoh: UNREG#087800).

3. Kirim SMS ke nomor tujuan 4444.

4. Tunggu balasan selanjutnya .

5. Proses pengubahan data akan diproses dan diberitahukan jika berhasil.

5 dari 5 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Kartu XL

Sebagai perusahaan telekomunikasi yang terbilang besar di Indonesia, XL Axiata tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut penjelasannya.

1. Kelebihan kartu XL

Berikut kelebihan menggunakan kartu XL yang bisa anda nikmati, yaitu:

a. Kecepatan akses internetnya sudah bagus yakni 3,6 Mbps dan juga didukung dengan sinyal  kuat dalam jaringan 4G sehingga internet mampu berjalan dengan lancar.

b. Harga paketan masih terjangkau, serta memiliki kualitas jaringan yang cukup baik dan stabil. 

c. Memiliki berbagai variasi paket internet yang ditawarkan, misalnya seperti menyediakan kuota Youtube + Telp ke semua operator.

d. Memiliki berbagai pilihan paket internet unlimited mulai dari super unlimited, super ngebut, hotrod 3G +, paket opera mini dan paket khusus facebook.

e. Menawarkan produk XL Prioritas, produk yang dikhususkan untuk pelanggan yang ingin menikmati fasilitas VIP atau VVIP. Jadi, segala yang dibutuhkan akan diutamakan baik dari segi kecepatan dan sebagainya.

f. Terdapat Zona Xtra Luas.

2. Kekurangan kartu XL

Berikut kekurangan menggunakan kartu XL, antara lain:

a. Harganya masih relatif mahal, misalnya saat sedang telfon operator lain.

b. Untuk paketan internet, kuota yang diperoleh tidak terlalu banyak.

c. Masih ada beberapa wilayah yang masih belum ter-cover sinyal dengan baik khususnya pemerataan jaringan 4G.