Sukses

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Ini 4 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari keluarga selebriti Detri Warmanto. Pasalnya, sang ayah mertua sekaligus Menteri Pendayagunaan Apratur Negera dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dikabarkan meninggal dunia.

Tjahjo Kumolo diketahui meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta pada pukul 11.10 WIB. Sebelumnya, Tjahjo Kumolo memang diketahui tengah menjalani perawatan intensih dalam beberapa hari terakhir.

Kabar mengenai meninggalnya Menteri PAN RB ini juga dibenarkan oleh Sekretaris Menpan RB Rini Widyantini pada Jumat (1/7/2022) dalam keterangannya.

"Betul Bapak Menpan RB Tjahjo Kumolo sedang sakit dan dirawat di rumah sakit. Beliau tidak koma, tapi harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik," ujarnya.

Kepergian menteri yang juga dilantik oleh Presiden Jookowi sebagai Menteri Dalam Negeri sejak 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 ini juga membawa duka mendalam tak hanya bagi keluarga akan tetapi juga pejabat lainnya.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait meninggalnya Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo, Jumat (1/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Jalani perawatan intensif

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo dilarikan ke rumah sakit guna menjalani perawatan intensif. Kabar tersebut juga turut diungkapkan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat.

Namun, Djarot tak menjelaskan lebih lanjut mengenai penyakit yang diidap oleh Tjahjo Kumolo. Akan tetapi MenPAN RB, Tjahjo juga dikabarkan dirawat di ruangan Intensive Care Unit (ICU).

"Benar, beliau (Tjahjo) lagi dirawat dan perlu istirahat. Mohon doanya agar beliau segera sehat dan bugar," ujarnya.

3 dari 5 halaman

2. 2 Minggu di rumah sakit

Tak hanya itu saja, Sekretaris Menpan RB, Rini Widyantini juga turut menuturkan mengenai kondisi kesehatan Tjahjo Kumolo yang sempat menjalani perawatan di rumah sakit.

"Betul Bapak Menpan RB Tjahjo Kumolo sedang sakit dan dirawat di rumah sakit. Beliau tidak koma, tapi harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik," ujarnya pada Jumat (24/6/2022).

4 dari 5 halaman

3. Infeksi paru

Thajo Kumolo diketahui tengah menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat sejak dua minggu terakhir. Ia diketahui menjalani perawatan karena mengalami infeksi hingga menyerang ke paru-paru. Menteri PAN RB ini telah dirawat intesif sebelum pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP pada 21 Juni 2022 lalu.

5 dari 5 halaman

4. Pernyataan keluarga

Kepergian Thajo Kumolo ini pun membawa kesedihan mendalam bagi keluarga. Dikutipo Liputan6.com dari Merdeka.com, Jumat (1/7/2022) sang putri, Ajang diketahui turut menyampaikan permintaan maafnya.

"Saya anak pertama, mohon maaf apabila bapak ada salah selama ini. Saya mewakili keluarga membenarkan bapak sudah berpulang, hari jumat jam 11 lebih" ujar Ajeng di RS Abdi Waluyo.

Aktor Detri Warmanto selaku menantu dari Tjaho Kumolo juga terlihat mengunggah sebuah foto story berwarna hitam tanpa keterangan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS