Sukses

8 Manfaat Jahe Merah, dari Meredakan Batuk Hingga Mengobati Asam Urat

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jahe merah untuk kesehatan dapat dijadikan untuk meredakan berbagai macam penyakit. Jahe merah merupakan salah satu jenis jahe yang mengandung nutrisi sangat kuat jika dibandingkan dengan jenis jahe lainnya.

Manfaat jahe merah dipengaruhi oleh berbagai kandungan nutrisinya tersebut. Kamu tentunya sudah tahu bahwa jahe banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Jahe terkenal dengan kandungan gingerol, flavonoid serta sifat agen antibakteri, agen antiperadangannya.\

Jahe merah memiliki rasa yang lebih pedas dari jenis jahe lainnya. Jahe ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil dengan warna merah karena kandungan antosianin pada kulitnya. Selain itu, jahe merah hanya dipanen setelah berumur agak tua dan cocok dijadikan untuk ramuan obat-obatan.

Kamu bisa mengonsumsi jahe merah secara teratur dengan berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu agar lebih aman. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/7/2022) tentang manfaat jahe merah.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat jahe merah untuk kesehatan yang pertama yaitu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Hal ini sebenarnya sudah diterapkan sejak zaman dahulu. Jahe merah maupun jahe putih sudah menjadi obat herbal alami yang digunakan untuk memperlancar sekaligus mengatas berbagai masalah pencernaan. Manfaat jahe merah ini didukung oleh ekstrak minyak jahe merah yang dapat melindungi sistem pencernaan kamu dari bakteri.

Dengan begitu, sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik dan masalah pencernaan seperti sakit perut tidak akan muncul lagi. Agen antibakteri yang ada dalam jahe seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus dapat melawan bakteri jahat. Bahkan manfaat jahe merah juga bisa digunakan untuk mengatasi flu dan batuk.

Membantu Meredakan Batuk dan Sakit Kepala

Manfaat jahe merah untuk kesehatan berikutnya adalah membantu meredakan batuk dan sakit kepala. Secara tradisional, khasiat jahe merah sudah terbukti sejak jaman dahulu untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Biasanya, jahe ini dikonsumsi dalam bentuk teh.

Kandungan jahe merah yang membuatnya berkhasiat adalah sifat jahe merah yang hangat akan mampu mengatasi batuk dan radang tenggorokan. Selain itu, manfaat jahe merah juga akan sangat membantu kamu yang sering mengalami sakit kepala. Cukup dengan memotong jahe secara tipis, kemudian menyeduhnya dengan air panas, dan minum selagi hangat.

Memperkuat Imun

Manfaat jahe merah untuk kesehatan berikutnya adalah dapat membantu memperkuat imun tubuh. Hal ini terkait dengan jahe merah yang banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan tersebut membuat jahe merah cocok digunakan untuk memperkuat imunitas tubuh. Selain kedua zat yang terkandung dalam jahe merah tersebut, jahe merah juga memiliki kandungan gingerois, shogaols, dan zingerones akan dapat berfungsi sebagai antikoksidan untuk tubuh.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Meredakan Nyeri Otot dan Sendi

Manfaat jahe merah selanjutnya adalah dapat meredakan nyeri otot dan nyeri sendi. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American College of Rheumatology membuktikan bahwa ekstrak jahe dapat membantu mengurangi gejala nyeri otot. Bahkan jahe lebih efektif mengurangi peradangan dalam tubuh dibandingkan dengan obat anti inflamasi non steroid.

Jadi bagi orang-orang yang mengalami penyakit nyeri rematik, manfaat jahe merah akan sangat baik untuk meredakan gejalanya. Namun perlu juga dikombinasikan dengan berbagai bahan lainnya seperti temu lawak, kumis kucing, cabe jawa, dan daun komfrey, yang direbus secara bersamaan.

Minum jahe merah secara rutin akan meredakan rematik yang diderita. Beberapa komponen aktif dalam jahe yang dapat menurunkan leukotrien dan portaglandin yang memicu peradangan di antaranya gingerol, gingerdione, dan zingeron. Selain itu, jahe merah juga mengandung oleoresin yang lebih tinggi dari jahe lainnya, di mana oleoresin juga dapat bekerja sebagai antiperadangan.

Mengobati Asam Urat

Manfaat jahe merah untuk kesehatan ternyata juga bisa membantu menurunkan asam urat. Bahkan jahe merah masuk dalam 10 daftar tanaman herbal yang efektif untuk mengobati asam urat. Seperti yang dirilis di laman website resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI).

Penyakit asam urat biasanya terjadi karena adanya penumpukan asam urat pada persendian yang menyebabkan peradangan dan timbul rasa nyeri. Jahe merah dapat membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Dengan begitu, asam urat yang tinggi dapat berangsur-angsur pulih dan normal kembali.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat jahe merah untuk kesehatan berikutnya adalah dapat meningkatkan kesuburan pria. Hal ini berkaitan dengan kandungan minyak atsiri pada jahe merah yang memiliki efek afrodisiak. Sehingga berbagai gangguan reproduksi yang biasa dialami pria dapat teratasi.

Afrodisiak sendiri merupakan zat kimia yang digunakan merangsang daya seksual dengan cara meningkatkan serta melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh. Apabila sirkulasi darah meningkat, maka kemungkinan aliran darah di daerah lemin juga meningkat. Alhasil, pria pun memungkinkan untuk mengalami ereksi.

Selain itu, jahe merah juga memiliki kandungan antioksidan yang diyakini dapat meningkatkan jumlah hormone testosteron pada pria. Hal inilah yang menjadi faktor penting dalam meningkatkan kesuburan pria.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat jahe merah juga bisa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini dipengaruhi kandungan gingerol yang memiliki efek antibakteri, antijamur, dan antivirus. Gingerol dapat melawan bakteri, jamur, dan virus penyebab penyakit di mulut, terutama bakteri penyebab penyakit gusi (periodontitis) dan radang gusi (gingivitis). 

Mencegah Kanker

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine Institutes of Health, jahe merah dapat membantu mencegah kanker. Hal ini berkaitan dengan kandungan gingerol pada jahe merah yang dapat mengecilkan pertumbuhan tumor pada penyakit kanker usus.

Jahe merah juga dipercaya memiliki fungsi anti-inflamasi yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker pada rahim. Dengan rutin mengonsumsi air jahe merah dapat membantu mencegah perkembangan kanker rahim.

Walaupun begitu, pastikan kamu memperhatikan dosis dan takaran jahe yang dikonsumsi. Karena mengonsumsi jahe merah berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek buruk. Beberapa efek samping yang bisa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi jahe antara lain adalah iritasi mulut, diare, tekanan darah rendah, hingga gangguan pendarahan.