Sukses

10 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Kaya Antioksidan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah nanas sangat baik untuk tubuh. Nanas dikenal sebagai buah tropis dengan rasa manis asam yang nikmat. Manfaat buah nanas memiliki kandungan nutrisi unik yang membuatnya istimewa. 

Manfaat buah nanas mengandung Vitamin A, B, C, kalsium, zat besi, folat, kalium, magnesium, dan nutrisi penting lainnya. Nanas juga mengandung sumber enzim yang disebut bromelain yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Manfaat buah nanas dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, kekebalan, dan pemulihan dari operasi. Manfaat buah nanas juga rendah kalori yang bisa mendukung manajemen berat badan. Manfaat buah nanas juga bisa membantu mencegah penyakit yang mengintai tubuh.

Berikut manfaat buah nanas, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(1/7/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat buah nanas

Mengandung antioksidan

Manfaat buah nanas merupakan sumber antioksidan yang kaya. Nutrisi menonjol dalam nanas adalah vitamin C, yang mendukung sistem kekebalan dan memberikan manfaat antioksidan. Vitamin C penting karena mendorong pertumbuhan dan penyembuhan di seluruh tubuh dan berperan dalam segala hal mulai dari perbaikan luka hingga penyerapan zat besi. Nanas juga sangat kaya akan antioksidan yang disebut flavonoid dan senyawa fenolik. Kandungan ini dapat mengurangi risiko penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu.

Sehatkan pencernaan

Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain yang dapat memperlancar pencernaan. Bromelain berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein menjadi bahan penyusunnya, seperti asam amino dan peptida kecil. Setelah molekul protein dipecah, usus kecil tubuh dapat lebih mudah menyerapnya. Ini sangat membantu bagi orang dengan insufisiensi pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup.

Cegah kanker

Beberapa penelitian mencatat bahwa nanas dan senyawanya, termasuk bromelain, dapat mengurangi risiko kanker dengan meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain juga dapat membantu mengobati kanker yang telah berkembang.

3 dari 5 halaman

Manfaat buah nanas

Tingkatkan kekebalan

Manfaat buah nanas mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan enzim seperti bromelain yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan. Mereka yang makan nanas memiliki risiko infeksi virus dan bakteri yang jauh lebih rendah. Ditambah lagi, anak-anak yang paling banyak makan buah ini memiliki sel darah putih penangkal penyakit empat kali lebih banyak daripada kelompok lainnya.

Anti peradangan

Manfaat buah nanas dapat membantu mengurangi jumlah peradangan dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada September 2016 di Biomedical Reports, kandungan bromelain nanas adalah alasan sifat anti-inflamasinya. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 di Journal of Nutrition and Metabolism menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi nanas kalengan memiliki lebih sedikit infeksi virus dan bakteri dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengonsumsinya selama masa studi sembilan minggu.

Meringankan gejala radang sendi

Sifat anti-inflamasi Bromelain dapat meredakan nyeri bagi mereka yang menderita radang sendi. Satu studi menemukan suplemen bromelain sama efektifnya dalam meredakan osteoartritis di punggung bawah seperti pengobatan nyeri biasa.

4 dari 5 halaman

Manfaat buah nanas

Mempercepat pemulihan

Manfaat buah nanas dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk pulih dari operasi atau olahraga. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, memar, dan rasa sakit yang sering terjadi setelah operasi, termasuk prosedur gigi dan kulit. Ini juga dapat mengurangi penanda peradangan.

Bantu penurunan berat badan

Nanas adalah pilihan makanan ringan yang baik karena rendah kalori, tinggi vitamin dan mineral penting. Meningkatkan asupan kalium dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan20 persen penurunan risiko kematian dari semua penyebab.

Sehatkan tulang

Nanas mengandung mangan yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Mangan dapat membantu mencegah osteoporosis dan membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mineral secara keseluruhan. Bromelain juga dapat membantu dalam pengobatan osteoarthritis. Enzim menunjukkan sifat analgesik, terutama pada nyeri inflamasi pada manusia. Ini mencapai ini dengan secara langsung mempengaruhi bradikinin, mediator nyeri yang menyebabkan kontraksi otot polos dan pelebaran pembuluh darah.

5 dari 5 halaman

Manfaat buah nanas

Sehatkan jantung

Nanas kaya akan kalium. Kandungan serat, kalium, dan vitamin C dalam nanas semuanya meningkatkan kesehatan jantung. Para peneliti menghubungkan asupan kalium yang tinggi dengan penurunan risiko stroke, perlindungan terhadap hilangnya massa otot, pelestarian kepadatan mineral tulang, dan pengurangan pembentukan batu ginjal.

Kontrol kolesterol

Manfaat buah nanas bisa membantu mengontrol kolesterol. Nanas merupakan sumber vitamin, mineral, dan nutrisi yang baik. Bromelain yang ada dalam nanas memecah timbunan kolesterol di arteri, yang mendukung aliran darah yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Sehatkan kulit

Nanas merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C merupakan antioksidan. Ketika dikonsumsi, ia dapat membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari dan polusi, mengurangi kerutan, dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Vitamin C juga memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen, sistem pendukung kulit.