Sukses

Digadaikan Selama Tiga Bulan, Wanita Ini Ternyata Tebus Cincin Emas Palsu

Liputan6.com, Jakarta Tidak dapat disangkal kebutuhan dana mendesak seringkali merusak kondisi keuangan. Contohnya adalah masalah pendidikan kesehatan dan berbagai kebutuhan lain. Banyak cara dilakukan orang saat kepepet membutuhkan dana.

Cara cepat biasanya meminjam pada kerabat, tapi tentu saja cara ini tidak bisa selalu bisa diandalkan. Maklum, tak selamanya kerabat memiliki simpanan yang bisa dipinjamkan. Cara lain yang ditempuh adalah melalui gadai.

Berbagai barang bisa dijadikan agunan untuk gadai mulai dari emas, barang elektronik, hingga surat kendaraan bermotor. Seperti yang dilakukan oleh wanita yang baru-baru ini viral. Wanita 30 tahun itu menggadaikan cincin emasnya di pegadaian selam tiga bulan.

Namun saat akan menebusnya, pihak pegadaian menyebutkan jika cincin emas tersebut palsu. Pegadaian di Alor Setar, Kedah itu mengatakan jika emas tersebut adalah palsu. Mengejutkan lagi jika cincin emas yang diperoleh itu mempunya cop GP atau emas saduran.

Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari mStar, Minggu (3/7/2022).

2 dari 3 halaman

Menduga Ditipu Pihak Gadai

Adanya kejadian itu diungkapkan oleh Pengurus Cawangan Emas Faiz Alor Setar, Kedah, Mohd Hafiz setelah wanita itu membawa emasnya untuk diperiksa. Wanita itu minta tolong untuk emasnya diperiksa setelah menebusnya dari pegadaian.

"Karena bingung melihat cop tersebut, dia datang ke kami dan saat kita test dengan asid memang bukan emas," ujar Mohd Hafiz seperti dikutip Liputan6.com dari mStar, Minggu (3/7/2022).

Menurut Hafiz, wanita itu awalnya mengira pihak gadai telah menukar barang emasnya dengan barang palsu yang mirip setelah ditebus. Barang yang ditebus itu adalah bentuk cincin belah rotan dan liontin berbentuk kotak yang mempunyai permata putih dengan anggarat berat melebihi 12 gram.

"Wanita itu mengetahui tidak sadar membawa cincin emas palsu tersebut ketika mengambilnya karena terlihat sama dan ia menyadari setelah memeriksanya di rumah," kata Mohd Hafiz

3 dari 3 halaman

Disarankan Untuk Menindaklanjuti

Merasa kasihan dengan kejadian yang menimpa wanita itu, Hafiz menyarankan agar kembali ke tempat gadai untuk mendapat kepastian. Ia juga menyarankan untuk melapor ke polisi agar mendapat tindakan lanjut.

Pria itu juga memberikan tips dan tindakan yang dilakukan saat membuat perjanjian dengan pegadaian di mana pun. Ia menyarankan untuk mencari pegadaian yang terpercaya agar tidak ada kejadian seperti ini lagi. Kejadian ini juga pernah dialami beberapa netizen.

"adik saya pun pernah kena, bekas tinangannya pulang balik cincin yang kelihatan sama tetapi rupanya emas palsu," kata salah satu netizen

"Saya pernah kena juga, dapat cicncin palsu," kata salah satu netizen

  • Bisnis utama Pegadaian adalah pemberian pinjaman dengan jaminan barang bergerak baik secara konvensional maupun syariah.
    Pegadaian
  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.
    emas
  • Gadai
  • emas palsu