Sukses

8 Cara Menghadapi Energi Negatif dari Orang dan Lingkungan Sekitar

Liputan6.com, Jakarta - Energi negatif adalah diciptakan oleh seseorang dan bisa memengaruhi lingkungan. Energi negatif adalah berupa pikiran negatif atau buruk, emosi negatif atau buruk, hingga tindakan negatif atau buruk. Lalu bagaimana cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar?

Melansir dari laman resmi profesional kesehatan mental dan psikologi online terkemuka di Psych Central, pada Minggu (3/7/2022) ada delapan cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar yang bisa dicoba. Cara menghadapi energi negatif paling penting adalah menetapkan batasan dengan mereka.

Energi negatif berupa emosi adalah bisa berupa ketakutan, kemarahan, kecemburuan, atau kebencian. Seseorang yang sedang menghadapi energi negatif dari orang lain atau lingkungan sekitar, akan cenderung merasa sangat kelelahan dan merasa terkuras energinya setelah menghabiskan waktu bersama mereka.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam delapan cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar, Minggu (3/7/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Menghadapi Energi Negatif dari Orang dan Lingkungan Sekitar

1. Menjaga Kekuatan Diri Sendiri

Cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar adalah mulailah dengan menjaga kekuatan diri sendiri.

Perhatikan baik-baik! Cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar adalah jangan biarkan orang dengan energi buruk itu memengaruhi diri, mulai dari pikiran hingga perasaan.

“Buat keputusan untuk mempertahankan diri, kekuatan dan menolak untuk membiarkan orang negatif memiliki kekuatanmu,” dijelaskan.

2. Tetap Menjadi Positif

Cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar adalah tetaplah menjadi manusia yang positif meski dikelilingi dengan energi negatif atau buruk. Buatlah keputusan untuk menemukan kebaikan dalam hidup.

“Bayangkan diri sebagai orang yang berbeda dari mereka yang buruk dan ingatkan diri bahwa tanggung jawab hidup atau kebahagiaan hanya milik sendiri dan bukan ditentukan orang lain,” dijelaskan.

Cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar, jangan biarkan kesengsaraan orang lain, perlakukan buruk orang lain, dan pemikiran buruk orang lain memengaruhi diri.

3. Mengabaikan Pelakunya

Cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar adalah mengabaikan pelakunya. Dijelaskan, sebelum memasuki situasi orang yang berenergi negatif atau berenergi buruk, buatlah keputusan untuk mengabaikannya.

Apabila cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar ini telah terbentuk kuat dalam diri, menghadapi keburukan mereka hal yang mudah. Segala keburukan bisa diabaikan begitu saja.

4. Memilih untuk Diam

Cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar dengan memilih untuk diam mirip dengan mengabaikan. Hal ini memang dianggap tidak sopan,  mengabaikan dan mendiamkan.

Akan tetapi, ini bisa menjadi cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar tepat, mengingat yang dihadapi adalah orang yang sulit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memberi seseorang perlakuan diam bisa menjadi cara yang lebih mudah untuk berinteraksi atau menghadapi orang yang sulit (berenergi negatif) daripada melakukan percakapan yang sebenarnya.

Temuan (The Body ODD, 2013) menunjukkan bahwa pengobatan atau perlakukan diam dapat digunakan sebagai strategi untuk menjaga kesehatan mental yang tidak akan habis jika digunakan untuk berinteraksi dengan seseorang yang secara inheren tidak suka berada di sekitar.

3 dari 3 halaman

Cara Menghadapi Energi Negatif dari Orang dan Lingkungan Sekitar Selanjutnya

5. Pindah ke Ruang Berbeda

Cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar adalah bila memungkinkan sangat baik pindah ke ruangan berbeda dengan mereka.

Hal ini bisa dicoba apabila seseorang mengalami kesulitan untuk tetap objektif dan berusaha tidak terpengaruh oleh orang yang menyinggung atau berenergi negatif itu. Cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar adalah menjauhlah dari atmosfer mereka.

Cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar ini cocok pula bagi seorang memiliki empati tinggi atau peka dan cenderung mudah menyerap emosi orang lain.

6. Melihatnya dari Kejauhan

Cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar adalah cukup melihatnya dari kejauhan. Jauh lebih mudah untuk tetap berada di ruang sendiri dan melindungi diri dari orang-orang negatif dengan berpura-pura mereka tidak ada di sana.

“Lebih mudah melakukan ini dengan tidak melihat orangnya. Ingatkan diri untuk memalingkan muka jika mendapati diri memperhatikan orang itu,” dijelaskan.

7. Menggunakan Imajinasi

Cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar adalah menggunakan imajinasi. Bayangkan diri sendiri telah dikelilingi oleh perisai pelindung. Bayangkan diri dengan aura energi positif di sekitar dan memancar keluar dari sendiri.

8. Kembalikan Energi Negatif

Cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar adalah mengembalikan energi negatifnya. Jika mendapati diri menyerap hal-hal negatif meskipun sudah berusaha menangkisnya, gunakan visualisasi diri.

Cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar adalah visualisasi diri dengan menghilangkan hal-hal negatif dari diri dan mengembalikannya kembali pada orang yang memberikan.

Untuk melakukan cara menghadapi energi negatif dari orang dan lingkungan sekitar ini, berhenti dan pikirkan bagaimana perasaan dan di mana emosi negatif itu bisa dirasakan.

“Apabila sudah, bayangkan diri membiarkan hal-hal negatif mengalir keluar dari diri. Lihat energi negatif itu dilepaskan ke atmosfer dan mengalir kembali ke sumbernya,” dijelaskan.