Sukses

12 Tempat Wisata Jawa Tengah yang Sejuk, Sudah Buka Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta - Tertarik berkunjung ke tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk dan alam banget? Keputusan yang tepat, karena salah satu provinsi di pulau Jawa ini terkenal memiliki banyak wilayah pegunungan.

Wilayah pegunungan di tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk itu adalah ada di kawasan pegunungan Lawu, Merapi, dan Merbabu. Kawasan ini sejuk banget!

Tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk juga wajib banget dikunjungi karena ada Taman Nasional Karimunjawa yang menjadi gugusan kepulauan berjumlah 22 pulau yang terletak di Laut Jawa. Ada banyak fauna langka di sana!

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang dua belas tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk, Senin (4/7/2022).

2 dari 3 halaman

Tempat Wisata Jawa Tengah yang Sejuk

1. Karimunjawa, Jepara

Karimunjawa adalah tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk. Di tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk ini terdapat Taman Nasional Karimunjawa yang menjadi gugusan kepulauan berjumlah 22 pulau yang terletak di Laut Jawa.

Karimunjawa adalah tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk sebagai rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk ini menawarkan pesona wisata laut yang amat indah. Hal ini yang membuat wisata Karimunjawa memiliki beberapa julukan dari masyarakat seperti Pulau Liburan, The Paradise of Java, dan Caribbean van Java.

2. Mojosemi Forest Park, Karanganyar

Mojosemi Forest Park merupakan tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk. Lokasi tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk ada di Magetan, masih dekat dengan kota Solo. Kawasan wisata alam yang penuh dengan hutan pinus ini berada di Jalan Raya Tembus Magetan Jatim - Karanganyar Jateng, masuk Desa Mojosemi, kecamatan Plaosan.

Tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk ini berada di ketinggian 1.389 MDPL di gunung Lawu. Pengunjung bisa bermain dan berfoto di area satwa dinosaurus raksasa di antara pohon hutan Pinus yang rindang.

Dinosaurus tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk ini bisa bergerak saat didekati oleh pengunjung. Tak cuma itu, pengunjung bisa bermain game untuk berburu dinosaurus sekaligus burung-burung raksasa di sana.

3. Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng adalah tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk. Tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk ini menawarkan pesona alam yang sukses bikin berdecak kagum. Dieng Plateu merupakan sebuah daerah sejuk yang berada di ketinggian 2.000 mdpl.

Ada beberapa destinasi wisata Jawa Tengah yang sejuk yang terkenal seperti Telaga Warna, Bukit Sikunir, dan Sumur Jalatunda. Masing-masing tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk tersebut memiliki legenda yang sangat menarik.

Dataran Tinggi Dieng terletak di Wonosobo, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Wonosobo, berada di antara perbatasan kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo.

4. Punthuk Setumbu, Borobudur

Punthuk Setumbu adalah tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk. Ini kawasan perbukitan dengan panorama pegunungan dan Candi Borobudur. Tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk ini menjadi lokasi favorit untuk menyaksikan sunrise dengan latar belakang Gunung Merbabu dan kemegahan Candi Borobudur. Disarankan untuk tiba di daerah Borobudur sekitar jam 05:00. Pada momen ini Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu akan tampak secara perlahan dihiasi kabut tipis.

5. Ketep Pass, Magelang

Ketep Pass adalah tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk. Tempat ini menawarkan keindahan alam menakjubkan, karena menjadikan gunung Merapi sebagai latar belakang utamanya.

Di tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk pengunjung bisa menikmati Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Bioskop Mini yang merupakan fasilitas wisata di Ketep Pass.

Di Pelataran Panca Arga pengunjung bisa menyaksikan lima gunung (Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Merapi) menggunakan teropong. Ada lagi teropong lainnya, yang difungsikan untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.

Pemandangan alam yang memukau, menjadikan Ketep Pass disebut sebagai tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk dan sangat diminati. Habiskan waktu libur akhir pekanmu ke Ketep Pass yang terletak di Jalan Blabak – Boyolali, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. 

6. Kawasan Wisata Baturaden, Banyumas

Kawasan Baturaden adalah tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk. Pengunjung bisa melihat kota Purwokerto dan pantai-pantai yang berada di Cilacap. Pancuran Pitu merupakan salah satu tempat favorit para pengunjung, karena ada pemandian air panas.

Tidak jauh dari situ, tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk tepatnya di lereng gunung Slamet di arah selatan, ada tempat wisata yang namanya Wana Wisata Baturaden. Wisata alam Jawa Tengah ini cocok buat pengunjung yang suka berkemah.

Jarak tempat wisata ini dari Baturaden sekitar 2 kilometer saja. Kawasan Wisata Baturaden di Banyumas ini menawarkan hutan alam berwarna hijau dengan hawa udara yang sejuk.

3 dari 3 halaman

Tempat Wisata Jawa Tengah yang Sejuk

7. Bukit Sekipan, Karanganyar

Bukit Sekipan atau yang dikenal dengan Bumi Perkemahan Sekipan adalah tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk. Ini area perkemahan yang terletak di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Karanganyar.

Objek di tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk ini bisa ditempuh dengan jarak 42 km dari pusat Solo atau sekitar 1 jam perjalanan.

Untuk dapat masuk ke t tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk ini, cukup membayar Rp 7.500 per orang. Jika ingin berkemah, pengunjung tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk ini akan dikenakan tarif Rp 10.000 per malamnya.

Area ini berada pada ketinggian 1.100 meter dari permukaan laut. Selain sebagai tempat berkemah, Sekipan juga menjadi ajang penelitian jenis tanaman hutan dan edukasi alam.

8. Grojogan Sewu, Karanganyar

Air Terjun Grojogan Sewu adalah tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk. Grojogan Sewu berarti air terjun seribu. Kata sewu atau seribu berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang digunakan saat itu yang merupakan tinggi air terjun.

Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Hutan Wisata Grojogan Sewu memiliki luas 20 Ha. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak.

Beberapa fasilitas dari tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk ini adalah Flying Fox, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cinderamata, mushola dan MCK.

Untuk masuk ke tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang. Lokasinya masih dekat kota Solo, yakni kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

9. Brown Canyon, Semarang

Brown canyon adalah tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk. Lokasi tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk di daerah Rowosari, Semarang. Brown Canyon ini dulunya merupakan tempat proyek penggalian yang sudah berumur 10 tahun lebih.

Bentuknya seperti perbukitan yang sedikit gersang tetapi sejuk di waktu tertentu. Lokasi tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk ini tidak disarankan bagi anak-anak, namun cocok untuk teman-teman yang berjiwa petualang dan pemburu foto alam yang menakjubkan.

10. Gunung Merbabu, Boyolali

Gunung Merbabu adalah tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk. Ini lokasi wisata yang menjadi favorit para pendaki, bahkan untuk pemula. Puncak tertingginya berada di ketinggian 3.142 mdpl, yakni Puncak Kenteng Songo. Pemandangan alam di sini tentu tak perlu diragukan lagi.

Merbabu sebagai tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk ini terkenal dengan padang sabana luas dan indah yang biasa dijadikan spot beristirahat para pengunjung. Bila begitu, pengunjung bisa menikmati suasana pegunungan sekaligus berfoto di berbagai area sabana.

11. Gunung Merapi, Boyolali

Gunung Merapi adalah tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk. Ini merupakan gunung berapi paling aktif yang ada di Indonesia.

Gunung yang menjadi tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk ini berada dalam wilayah administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Gunung Merapi merupakan objek pendakian yang populer di Jawa Tengah. Jalur pendakian yang paling umum dan dekat adalah melalui sisi utara dari Sélo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

12. Curug Bidadari, Purwokerto

Curug bidadari adalah tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk di Purwokerto. Pengunjung akan menemukan Curug Bidadari di kawasan Baturaden. Jalur perjalanan ke tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk ini tergolong lumayan menantang.

Di perjalanan, pengunjung tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk akan ditemani oleh suasana pegunungan dan pepohonan yang sejuk dan rindang. Ciri khas curug ini adalah memiliki pintu masuk yang bentuknya menyerupai gua.