Sukses

16 Wisata Gunung Merapi Jogja Terpopuler, Pesona Alamnya Menakjubkan

Wisata gunung merapi tersebar dari daerah Cangkringan, Kaliurang, Pakem, hingga daerah Kabupaten Sleman lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Wisata gunung Merapi merupakan salah satu pilihan destinasi menarik di Jogja. Sebagai salah satu gunung api yang aktif di Indonesia, gunung Merapi menjadi salah satu tujuan wisata Jogja, tepatnya di Kaliurang, yang cukup populer.

Wisata gunung Merapi terdiri dari destinasi alam yang indah, museum, taman rekreasi modern, hingga daerah perbukitan. Wisata gunung Merapi ini tentunya menawarkan udara yang sejuk dan menyegarkan karena berada di lereng gunung.

Wisata gunung merapi tersebar dari daerah Cangkringan, Kaliurang, Pakem, hingga daerah Kabupaten Sleman lainnya. Kamu bisa menjadikan wisata gunung Merapi ini sebagai alternatif saat berkunjung ke Kota Gudeg.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/7/2022) tentang wisata gunung Merapi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Gunung Merapi

Bunker Kaliadem

Kaliadem merupakan salah satu wisata gunung Merapi yang menjadi destinasi favorit wisatawan. Di sini terdapat sebuah bunker yang dulunya dijadikan tempat perlindungan dari luncuran awan panas Gunung Merapi. Kini Bunker Kaliadem dijadikan salah satu destinasi wisata Gunung Merapi yang banyak dikunjungi wisatawan. Hal ini tidak terlepas dari pemandangan indah yang ditawarkannya.

Goa Jepang Kaliurang

Di daerah Kaliurang, terdapat sebuah gua yang dulunya digunakan tentara Jepang sebagai tempat tinggal dan berlindung dari tentara sekutu. Lokasinya yang berada di kaki gunung membuat wisata gunung Merapi ini terasa sejuk dan alami. Terlebih, ada sekawanan monyet yang hidup di sekitar gua.

Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan salah satu wisata gunung Merapi yang menawarkan petualangan menyusuri area sekitar Gunung Merapi. Ada banyak agen wisata yang membuka Lava Tour Merapi. Biasanya paket Lava Tour Merapi berupa berkeliling area bekas letusan Merapi lengkap dengan jeep dan pemandu.

Makam Mbah Marijan

Mbah Marijan merupakan sosok juru kunci Merapi yang sangat tersohor. Ia meninggal saat letusan Merapi 2010 terjadi. Mbah Marijan dimakamkan di Bendesari, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman. Meskipun hanya makam biasa, namun hingga kini banyak wisatawan yang berkunjung ke sana untuk berziarah. Ada juga yang hanya sekadar ingin mengetahui kisah Mbah Marijan selama menjadi guru kunci Merapi.

3 dari 6 halaman

Wisata Gunung Merapi Bukit

Bukit Klangon

Wisata gunung Merapi selanjutnya yaitu Bukit Klangon. Bukit Klangon berada di Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Wisata Gunung Merapi ini banyak dikunjungi wisatawan terutama anak muda. Di sini banyak spot foto yang instagramable berlatar belakang gunung Merapi yang terlihat sangat dekat.

Plunyon Kali Kuning

Bukit Kali Kuning merupakan wisata Gunung Merapi yang sering dijadikan tempat berkemah. Selain mempunyai pemandangan yang indah, tempat ini juga punya panorama yang menarik disertai dengan latar Gunung Merapi. Bukit ini terkenal dengan adanya Plunyon Kali Kuning, yaitu sebuah jembatan yang menjadi tempat syuting film KKN di Desa Penari.

4 dari 6 halaman

Wisata Gunung Merapi Bukit

Merapi Park

Merapi Park berlokasi di Jalan Kaliurang KM 23, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Wisata gunung Merapi satu ini menghadirkan 12 landmark dunia seperti menara Eiffel, Menara Pisa, Big Ben, Kincir angin khas Belanda dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk ke destinasi ini cukup Rp 20 ribu pada weekday dan Rp 22 ribu pada weekend.

The Lost World Castle

The Lost World Castle berada di Desa Kepuharjo, Sleman. Wisata gunung Merapi satu ini menawarkan rekreasi Instagramble, dengan berbagai spot foto yang anti-mainstream tentunya bisa memempercantik feed Instagram kamu. Di sini terdapat kastil yang dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektare.

Rumah Hobbit Kaliurang

Rumah Hobbit Kaliurang sangat dekat dengan The Lost World Castle. Di wisata gunung Merapi ini kamu bisa melihat rumah hobbit yang lucu dan penuh warna. Rumah Hobbit Kaliurang juga mempunyai pemandangan yang bagus dengan latar belakang gunung Merapi.

Stonehenge Cangkringan

Stonehenge Cangkringan adalah wisata gunung Merapi yang cukup unik dan populer. Sesuai dengan namanya, Stonehenge Cangkringan merupakan replika mini dari Stonehenge di Inggris. Deretan batu-batu persegi berukuran 200 meter yang ditata sedemikian rupa di atas hamparan rumput bisa menjadi pemandangan yang unik.

5 dari 6 halaman

Wisata Gunung Merapi Berupa Museum

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi wajib dikunjungi bagi kamu yang tertarik mengetahui seluk beluk dan pengetahuan geologi mengenai Gunung Merapi. Di sini terdapat miniatur guning merapi yang menampilkan kenampakan Gunung Berapi yang sedang mengeluarkan asap. Tak cuma miniaturnya, kamu juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi dari museum ini.

Museum Mini Sisa Hartaku

Museum Mini Sisa Hartaku berlokasi di Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman. Di wisata gunung Merapi ini kamu bisa menyaksikan barang-barang sisa kedahsyatan letusan Merapi pada 2010 silam. Museum ini merupakan saksi bisu letusan Merapi. Barang-barang yang ditampilkan di antaranya seperti televisi atau komputer yang sudah meleleh, kerangka motor bebek yang sudah berkarat dan masih diselimuti bekas debu Merapi. Selain itu ada pula bangkai sapi yang sudah menjadi tulang belulang.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu wisata gunung Merapi yang sedang hits. Museum ini terletak di Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Museum Ullen Sentalu menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram beserta koleksi bermacam-macam batik.

6 dari 6 halaman

Wisata Gunung Merapi

Desa Wisata Ledok Sambi

Ledok Sambi termasuk kawasan pedesaan yang sejuk dan menarik untuk dikunjungi. Daya tarik wisata gunung Merapi ini ada pada pemandangan sawah hijau terhampar luas, udara yang sejuk dan suasana yang tenang dan mengesankan. Di sini, kamu bisa melakukan aktivitas outbound, belajar kesenian, mengikuti aktivitas keseharian warga dan lain-lain. Lokasinya berada di Jalan Kaliurang KM. 19, Area Sawah, Pakembinangun, Pakem, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tlogo Putri

Tlogo Putri merupakan wisata gunung Merapi berupa embung atau kolam yang sejuk dan asri. Di sini juga terdapat beberapa bebek air mainan yang bisa ditumpangi. Selain itu, terdapat berbagai permainan untuk anak-anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, bianglala dan berbagai wahana permainan seru lainnya.

Air Terjun Tlogo Muncar

Wisata gunung Merapi satu ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Air Terjun Muncar ini berasal dari lereng bukit Plawangan yang merupakan salah satu bukit di Gunung Merapi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.