Sukses

9 Manfaat Internet, Sumber Informasi hingga Optimalkan Komunikasi

Liputan6.com, Jakarta - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit. Apa manfaat internet sebenarnya?

Melansir dari laman resmi Computer Hope's Free Computer Help, pada Senin (4/7/2022) dijelaskan ada sembilan manfaat internet yang perlu diketahui. Manfaat internet adalah sumber informasi yang tidak ada habisnya dan mengoptimalkan koneksi hingga komunikasi.

Kemudian manfaat internet adalah memungkinkan pengguna mudah mendapatkan informasi alamat, memudahkan transaksi online, mudahkan jual-beli untuk bisa menghasilkan uang. Memudahkan belajar dan bekerja dari rumah hingga mengoptimalkan penyimpanan.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang sembilan manfaat internet dan penjelasannya, Senin (4/7/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Internet dan Penjelasannya

1. Informasi, Pengetahuan, dan Pembelajaran

Manfaat internet adalah sebagai sumber informasi, pengetahuan, dan pembelajaran. Dijelaskan, internet berisi persediaan pengetahuan dan informasi tak terhingga yang memungkinkan pengguna mempelajari hampir semua topik atau menemukan jawaban atas pertanyaan yang dimiliki.

Agar bisa mendapatkan manfaat internet ini, pengguna harus menggunakan mesin pencari seperti Google. Lakukan pengajuan pertanyaan apa saja secara virtual dan menemukan halaman web agar ada jawaban dan informasi tentang pertanyaan itu.

“Ada juga jutaan video di situs seperti YouTube yang menjelaskan berbagai topik, dan bahkan kursus online untuk membantu mengajari tentang berbagai mata pelajaran,” dijelaskan.

2. Konektivitas, Komunikasi, dan Berbagi

Manfaat internet adalah berguna untuk menciptakan konektivitas, komunikasi, dan saling berbagai. Saat ini, hanya dengan Internet, pengguna dapat mengirim e-mail ke siapa saja di dunia dan sering kali mengirimkannya dalam waktu kurang dari satu menit.

Bentuk komunikasi lain, seperti obrolan juga memungkinkan pengguna mendapatkan manfaat internet dengan berkomunikasi secara instan bersama siapa pun di dunia. Mulai dari terhubung dengan media sosial Instagram, Twitter, Facebook, dan WhatsApp.

3. Mengoptimalkan Alamat, Pemetaan, dan Informasi Kontak

Manfaat internet adalah mampu mengoptimalkan alamat, pemetaan, dan informasi kontak. Manfaat internet ini bisa didapatkan dengan bantuan teknologi GPS, Internet membantu memetakan dan mengarahkan pengguna ke hampir setiap tempat di dunia.

“Dengan cepat merutekan ke lokasi atau menemukan bisnis di daerah yang mungkin menjual atau menyediakan layanan yang butuhkan,” dijelaskan.

Mesin pencari saat ini cukup pintar untuk mengetahui lokasi dan membantu pengguna memberikan pencarian yang paling relevan untuk wilayah. Misalnya, jika membutuhkan tukang ledeng dan mencari "restoran", pengguna akan mendapatkan daftar restoran di sekitar pengguna.

4. Perbankan, Tagihan, dan Belanja

Manfaat internet adalah memudahkan transaksi online, seperti perbankan, tagihan, dan belanja secara online maupun offline. Manfaat internet adalah menyediakan akses ke rekening bank untuk melihat saldo, melakukan transaksi, dan mengirim uang.

“Juga, banyak layanan memungkinkan pengguna untuk melihat dan membayar tagihan secara elektronik,” dijelaskan.

Belanja online adalah manfaat internet lain, memberi orang kemampuan untuk menemukan produk yang menarik dan membelinya tanpa harus mengunjungi toko. Internet menyediakan akses mudah untuk membandingkan harga antar perusahaan, bahkan melihat pendapat orang lain tentang suatu produk tertentu.

5. Jual-Beli dan Menghasilkan Uang

Manfaat internet adalah memungkinkan jual beli dan bisnis menjadi lebih mudah. Jika ingin memulai bisnis atau ingin menjual produk dan layanan, internet adalah tempat yang tepat untuk menjual sebagian besar barang.

Adanya manfaat internet ini bisa didapat dengan penggunaan aplikasi-aplikasi marketplace yang sekarang banyak tersedia. Mulai dari Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, bahkan manfaat internet memungkinkan pengguna membeli makanan, lauk, dan minuman tanpa harus mendatangi restorannya. Aplikasi yang biasa digunakan untuk mendapatkan manfaat internet ini adalah Gojek, Grab, Shopeefood, dan masih banyak lagi.

3 dari 3 halaman

Manfaat Internet dan Penjelasannya

6. Kolaborasi, Bekerja dari Rumah, dan Akses Tenaga Kerja Global

Manfaat internet adalah memungkinkan terjadinya kolaborasi, bekerja dari rumah, dan akses tenaga kerja secara global. Internet adalah tempat yang sempurna untuk bekerja dengan orang lain dari seluruh dunia.

Koneksi internet atau manfaat internet adalah memungkinkan kesempatan banyak orang untuk bekerja dari rumah atau memiliki kantor virtual. Saat ini, banyak bisnis mengizinkan karyawan mereka untuk bekerja dari rumah menggunakan komputer dan koneksi internet saja.

“Bekerja dari rumah dapat menghemat uang orang dengan tidak harus membayar perawatan anak, dan menghemat uang dan waktu mereka dengan menghilangkan perjalanan harian ke dan dari tempat kerja setiap hari,” dijelaskan.

7. Donasi dan Pendanaan

Manfaat internet adalah memudahkan melakukan donasi dan pendanaan secara instan. Mengapa bisa demikian?

Adanya manfaat internet ini karena akses ke audiens yang lebih luas. Siapa pun yang memiliki koneksi Internet dapat dengan cepat menyumbang ke badan amal favorit atau membantu mendanai proyek dan ide yang menarik minat.

“Juga, mereka yang mencari amal dapat menemukan banyak layanan online yang membantu mempermudah untuk membantu menyumbang atau mendukung tujuan mereka,” dijelaskan.

8. Hiburan

Manfaat internet adalah mendapatkan hiburan dengan mudah. Internet memberi setiap orang akses ke persediaan hiburan tanpa akhir, dengan akses untuk menonton video, menonton film, mendengarkan musik, dan bermain game online.

9. Penyimpanan Lebih Optimal

Manfaat internet adalah memungkinkan penyimpanan dokumen penting lebih optimal dilakukan, praktis banget. Internet menghubungkan komputer dan perangkat berkemampuan Internet ke layanan cloud hingga penyimpanan online lainnya.

Misalnya saja seperti Google Cloud, Google Photos, hingga Google Drive. Penyimpanan demikian, memungkinkan manfaat internet untuk menyinkronkan data di semua perangkat yang terhubung ke Internet, sehingga pengguna memiliki akses ke file dari mana saja.

“Itu membuat pencadangan informasi lebih mudah, dan lebih aman, data disimpan dengan aman di server yang dikelola secara profesional,” dijelaskan.