Sukses

Viral Jualan Es Lewat Lubang Tembok Selama 5 Tahun, Penjual Tak Pernah Terlihat

Jualan es viral lewat lubang tembok.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai trik marketing selalu diterapkan bagi para pedagang untuk membuat laris jualannya. Salah satunya dengan menunjukkan barang dagangannya kepada pelanggan. Lebih dari itu, lokasi berjualan yang strategis juga mempengaruhi laris tidaknya jualan. 

Namun berbeda dengan kondisi jualan video yang baru-baru ini viral di media sosial. Alih-alih punya lokasi strategis berjualan, penjual es ini berinteraksi dengan para pelanggan lewat sebuah lubang di tembok.

“Hampir 5 tahun kalau beli minuman di sini, belum pernah tau yang jual orangnya siapa,” tulis dalam video Tiktok unggahan akun @yusufapriliaa. 

Layaknya jual beli pada umumnya, sang pembeli terlihat memberikan uang 5 ribuan. Sesuai pesanan, dua cup es keluar dari sebuah lubang di tembok berdiameter 15 centimeter. 

Diketahui video transaksi jualan es lewat lubang tembok itu berada di sebuah kampus. Berikut Liputan6.com merangkum momen unik ini melansir dari TikTok @yusufapriliaa, Senin (4/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Panggil Pelanggan Pakai Tongkat

Transaksi jual beli lewat lubang tembok ini sepenuhnya mengandalkan suara. Tanpa saling bertatap muka, lubang berdiameter 15 centimeter ini jadi gerbang utama jualan es. Layaknya drive thru, lubang itulah yang jadi tempat keluar masuk uang dan es yang selesai disajikan.

Bahkan sang pedagang punya cara unik lain untuk menentukan pesanan selesai dibuat. Sebuah tongkat dikeluarkan dari lubang sebelah sebagai tanda pesanan siap disajikan. Saat itulah sang pembeli harus mengeluarkan uang sebagai pembayaran.

3 dari 4 halaman

5 Tahun Berjualan Lewat Lubang

Laris tidaknya jualan tidak ada yang tahu, begitu pula pedagang es yang menggunakan lubang tembok jadi gerbang utama jualannya. Dalam video yang berdurasi 29 detik itu, sang pengunggah video menunjukkan jika pedagang menjual es sudah berlangsung selama 5 tahun. 

Hingga kini mengandalkan lubang, masih banyak pembeli yang ikut meramaikan dagangan es ala kopi susu ini. Lewat videonya, pemilik akun Yusuf Aprilia juga membocorkan cara berjualan unik ini berada di sebuah kampus. 

4 dari 4 halaman

Komentar Netizen

Video dagangan unik yang meraih penonton sejumlah 12.7 juta ini akhirnya memicu perhatian netizen. Tak sedikit yang heran dan penasaran sensasi membeli es lewat lubang tembok itu. 

“Berarti itu tempat jualan to?. dulu aku pernah liat terus juga ada lingkarannya yang begitu ku kira itu rumah tikus,” komentar @kiko_enak_tau772.

“Lah ini sama di tmpt skolah gua dulu juga ada ,jual pentol sma es cendol ,sampai lulus sma org yg jualannya gua ga tau,” komentar @mhmmdady_6.

“Kepo Tempatnyaa,” ibuh pengguna @violennchrysanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.