Sukses

12 Jenis Kucing Besar yang Bisa Dipelihara dan Harganya

Jenis kucing besar ini memerlukan perawatan lebih telaten.

Liputan6.com, Jakarta - Memelihara jenis kucing besar, menarik sekali bukan? Jenis kucing besar adalah pasti memiliki tubuh yang besar, berat badan berkali-kali lipat lebih banyak dari kucing normal, dan lebih panjang tubuhnya.

Apa saja jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, jenis kucing besar yang bisa dipelihara adalah kucing Himalaya, Norwegian Forest, Turkish Van, Ragdoll, British Longhair, Maine Coon, British Shorthair, Savannah, Siberian, Chausie, American Bobtail, dan Ragamuffin.

Persiapan memelihara jenis kucing besar adalah pastikan makanannya cukup, memiliki tempat pasir, tempat tidur, dan bersiap melakukan perawatan ekstra. Kucing dengan tubuh lebih besar dan panjang sudah pasti memerlukan perawatan lebih telaten daripada kucing biasanya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam dua belas jenis kucing besar yang bisa dipelihara dan harganya, Selasa (5/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis Kucing Besar yang Bisa Dipelihara dan Harganya

1. Himalaya

Kucing himalaya adalah jenis kucing besar yang bisa dipelihara. Kucing ini hasil persilangan antara jenis kucing besar yang bisa dipelihara persia dengan kucing siam. Jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini bertubuh gemuk, besar, dan bulat dengan kaki yang pendek seperti kucing persia.

Seperti kucing siam, jenis kucing besar yang bisa dipelihara adalah kucing peliharaan yang aktif, senang bermain, dan tidak senang bermalas-malasan. Kucing ini adalah kucing yang cerdas, tenang, lembut, komunikatif, dan manis seperti kucing persia.

Untuk bisa memelihara jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini, pastikan memilih yang sehat. Kucing himalaya yang sehat bertubuh kekar, berkaki pendek, bulunya panjang lembut, kepalanya bulat lebar, dan matanya bulat dengan warna biru.

Harga jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini dibandrol dari Rp 650.000 sampai Rp 3.000.000.

2. Norwegian Forest

Norwegian Forest adalah jenis kucing besar yang bisa dipelihara yang berasal dari Norwegia. Kucing ini juga termasuk jenis kucing besar yang bisa dipelihara tertua yang ada di dunia.

Dari tampilannya, Norwegian Forest mirip degan Maine Coon. Jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini memiliki bulu yang panjang dan lebat serta perawakan yang besar. Kucing ini umumnya ramah, cerdas, dan umumnya baik dengan orang lain.

Harga jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini dibandrol dari Rp 13.750.000 sampai Rp 18.000.000.

3. Turkish Van

Turkish Van adalah jenis kucing besar yang bisa dipelihara. Ini jenis ras kucing besar yang dikenal memiliki corak bulu yang khas, yaitu putih dengan warna cokelat di sekitar ekor dan kepalanya. Turkish Van juga dapat tumbuh hingga berbobot 4 sampai 7 kilogram. Menurut cerita yang beredar, Turkish Van adalah ras kucing yang ikut serta di dalam kapal Nabi Nuh.

Harga jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini dibandrol dari Rp 2.000.000 sampai Rp 2.800.000.

4. Ragdoll

Ragdoll merupakan jenis kucing besar yang bisa dipelihara berbadan besar dengan bulu yang lebat. Dinamai Ragdoll karena saat kucing ini diangkat, ia akan tampak lemas dan lunglai, sama seperti sebuah boneka kain.

Jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini pertama dikembangkan sejak 1960-an di Amerika Serikat. Ragdoll adalah salah satu ras kucing terbesar di dunia yang telah diakui oleh Guinness World Records.

Ragdoll sangat cantik dan manis. Jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini memiliki warna yang cukup banyak. Mulai dari warna biru, coklat tua, coklat, ungu, merah, dan krem. Mata yang dimiliki kucing ini berwarna biru dan ciri khas wajahnya nampak selalu tersenyum.

Wajahnya imut dengan pipi yang bulat, sifatnya tenang, serta penyayang. Untuk memelihara kucing Ragdoll, kamu harus menyediakan tempat yang cukup luas karena kucing Ragdoll senang permain dan berpetualang.

Jenis kucing besar yang bisa dipelihara bulu lebat ini harganya dibandrol dari Rp 3.500.000 sampai Rp 10.000.000.

5. British Longhair

British longhair adalah jenis kucing besar yang bisa dipelihara. Jenis kucing ini masih berkerabat dengan jenis kucing besar yang bisa dipelihara British shorthair.

British Longhair merupakan persilangan antara British shorthair dan kucing Persia. Ciri khas jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini adalah bulunya yang tebal dan panjang, kepala relatif besar, dan mata yang besar dan bulat.

Harga jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini dibandrol dari Rp 9.000.000 sampai Rp 14.000.000.

6. Maine Coon

Maine coon merupakan jenis kucing besar yang bisa dipelihara besar dengan bulu panjang. Tubuhnya dapat mencapai ketinggian hingga sekitar 1 meter dengan bobot hingga 6 kg dan jantan sampai 8 kg.

Maine coon memiliki kepala yang sedang dan lebar dengan dahi yang sedikit melengkung dan tulang pipi yang menonjol. Ekornya panjang dengan bulu yang lebat. Bulunya seperti mantel karena tebal dan membuatnya tahan terhadap air.

Jenis kucing besar yang bisa dipelihara peliharaan bulu lebat ini cocok dipelihara di iklim dingin karena bulu yang dimilikinya sudah sangat menghangatkan. Maine Coon termasuk jenis kucing besar yang bisa dipelihara terbesar di dunia. Ada sekitar 75 kombinasi warna berbeda dan mata khas yang dimilikinya berwarna coklat dan biru.

Tipe kucing Maine Coon termasuk sangat cerdas dan menyukai berada di dekat manusia. Bahkan mereka akan menikmati perhatian dengan banyak "mengeong" untuk meresponsnya. Jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini bisa tinggal dengan jenis kucing besar yang bisa dipelihara lain, bahkan anjing sekalipun.

Harganya dibandrol dari Rp 4.000.000 sampai Rp 15.000.000.

3 dari 3 halaman

Jenis Kucing Besar yang Bisa Dipelihara dan Harganya

7. British Shorthair

Kucing British Shorthair adalah jenis kucing besar yang bisa dipelihara yang memiliki ukuran tubuh sedang sampai besar dengan berat badan sekitar 4–8 kg.

Kucing ini mempunyai bentuk kepala bulat disertai dengan pipi yang berisi penuh. Jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini memiliki berbagai variasi warna, yaitu gold, copper, odd-eyes, dan blue.

Di samping itu, jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini memiliki ciri khas bulu pendek yang sangat lebat. Biasanya, kucing ini harganya dibandrol dari Rp 10.000.000 sampai Rp 30.000.000.

8. Savannah

Savannah adalah jenis kucing besar yang bisa dipelihara. Kucing jenis ini memiliki penampilan mirip seperti cheetah. Savannah biasanya memiliki berat berkisar antara 6 hingga 13 kilogram. Panjang tubuhnya pun sekitar 40 sampai 46 sentimeter. Ukuran tersebut tentu jauh lebih besar dari kucing biasa.

Jenis kucing besar yang bisa dipelihara seperti Savannah merupakan hasil campuran antara kucing domestik Persia dan kucing besar (serval) Afrika. Tak heran, penampilannya pun mirip dengan kucing hutan. Kucing savannah memiliki sikap yang hampir mirip seperti anjing. Selain itu, mereka juga dikenal setia dengan pemiliknya.

Namun, kesetiaannya ini terkadang diartikan sebagai kewaspadaan dengan orang lain. Oleh karena itu, disarankan menyosialisasikan kucing savannah dengan orang lain atau hewan lain agar lebih mudah beradaptasi.

Harga jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini dibandrol dari Rp 300.000.000 sampai Rp 356.400.000.

9. Siberian

Siberian adalah jenis kucing besar yang bisa dipelihara. Siberian sering dijuliki sebagai kucing nasional dari Rusia karena sudah ada sejak seribu tahun lalu.

Penampilan siberian cat bisa dibilang sangat gagah dengan bulu lembut dan lebatnya. Berat tubuhnya bisa mencapai 4 hingga 7 kilogram. Sedangkan panjang tubuh jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini pun berkisar antara 40 sampai 60 sentimeter.

Harga jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini dibandrol dari Rp 14.000.000 sampai Rp 28.000.000.

10. Chausie

Ras kucing besar ini memiliki tubuh atletis dengan kaki panjan dan telinga yang lebar. Chausie adalah jenis kucing besar yang bisa dipelihara. Ini kucing hasil campuran antara kucing hutan dan kucing domestik. Chausie memiliki berat badan mencapai 3 hingga 7 kilogram.

Corak atau pola bulu yang terdapat di tubuh Chausie cukup beragam. Jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini ada yang memiliki bulu berwarna coklat, hitam pekat, dan juga keabu-abuan atau keputih-putihan.

Bulunya ini sangat pendek namun mempunyai tekstur yang lembut seperti sutera. Sifat jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini tak kenal takut kerap membuatnya terlihat ganas dan agresif. Padahal, Chausie sebenarnya adalah kucing yang ramah dan bersahabat.

Harga jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini dibandrol dari Rp 14.000.000 sampai Rp 35.000.000.

11. American Bobtail

American bobtail adalah jenis kucing besar yang bisa dipelihara. Kucing jenis ini memiliki ciri ekor yang sangat pendek. Tak heran, jika mereka mendapat julukan 'bobtail'.

Meski begitu, jenis kucing besar yang bisa dipelihara american bobtail ini memiliki ukuran yang lebih besar dari kucing biasanya. Kucing ini memiliki berat sekitar 3 sampai 7 kilogram. Ciri lain yang dimilikinya adalah mereka sangat lincah dan suka beraktivitas.

Harga jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini dibandrol dari Rp 9.000.000 sampai Rp 10.000.000.

12. Ragamuffin

Ragamuffin adalah jenis kucing besar yang bisa dipelihara. Ini hasil persilangan antara jenis kucing besar yang bisa dipelihara Ragdoll dengan Persian, Himalayan, dan kucing berbulu panjang lain.

Ragamuffin terkenal karena kepribadiannya yang ramah dan bulunya yang mirip bulu kelinci yang tebal. Ragamuffin adalah jenis kucing besar yang bisa dipelihara yang ramah, baik, sangat jinak, manis, lembut, dan penyayang.

Jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini memang hampir mirip dengan Ragdoll. Satu-satunya perbedaan yang dimiliki Ragamuffin ada pada warna dan pola bulunya. Bulunya tidak seketat Ragdoll. Kucing ini memiliki perawakan yang cukup kuat, berat, dan berotot.

Jenis kucing besar yang bisa dipelihara jantannya bisa memiliki berat 12 hingga 20 pon. Sementara betinanya 8 hingga 15 pon. Kucing ini memiliki cakar yang bulat dengan jumbai lebat. Moncongnya agak bulat, pipinya penuh, dan dagunya kuat. Ekornya sedikit meruncing dan bulunya lembut.

Kucing ini cocok dijadikan peliharaan keluarga karena perangainya yang tenang. Sabar dan tidak temperamen. Bahkan jenis kucing besar yang bisa dipelihara Ragamuffin tidak mengenal orang asing sama sekali. Semua tamu yang asing akan disambutnya dengan senang hati.

Harganya dibandrol sekitar Rp 12.000.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.