Sukses

15 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan, Lengkap Cara Mengolah dan Efek Sampingnya

Liputan6.com, Jakarta Daun sirsak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tumbuhan ini pun telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk membantu mengatasi berbagai penyakit. Untuk itu, manfaat daun sirsak wajib diketahui, terutama bagi orang yang membutuhkan alternatif tambahan untuk mengobati rematik.

Manfaat daun sirsak diketahui memiliki kandungan acetogenin yang merupakan senyawa aktif guna membunuh racun dalam tubuh. Actogenin akan menghambat pertumbuhan ATP (Adenosina trifosfat) yang merupakan sumber energi perkembangan sel kanker.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak secara optimal sebagai obat herbal, Anda dapat mengolahnya dengan cara direbus atau diseduh seperti teh, kemudian air rebusannya dapat diminum secara rutin.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat daun sirsak beserta cara mengolah dan efek sampingnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/7/2022).

2 dari 7 halaman

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengobati Insomnia

Secara tradisional, manfaat daun sirsak telah digunakan untuk mengobati insomnia. Daun sirsak memiliki kandungan yang bersifat relaksan otot polos, sehingga dapat bertindak sebagai obat penenang. Minum segelas teh daun sirsak juga dapat membantu meredakan stres.

2. Membantu Mengelola Diabetes

Manfaat daun sirsak telah lama dipercaya dapat membantu mengelola diabetes karena menurunkan kadar gula darah. Mekanisme di balik sistem kerjanya adalah menghambat enzim yang membantu memecah karbohidrat kompleks menjadi glukosa atau menghalangi penyerapannya.

3. Membantu Pengobatan Kanker

Menurut jurnal ilmiah berjudul Anticancer Properties of Graviola (Annona muricata): A Comprehensive Mechanistic Review yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health, disebutkan kalau efek antiproliferatif dan sitotoksik dari ekstrak tanaman sirsak dapat membantu mengobati kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulit. Bahan bio aktif yang disebut annonaceous acetogenins (AGEs) memiliki beberapa sifat antikanker. AGEs dapat membunuh sel kanker dengan menghambat pertumbuhan protein sel kanker.

3 dari 7 halaman

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

4. Pengobatan Rematik

Manfaat daun sirsak dapat mengobati penyakit rematik yang umumnya dialami oleh lansia. Cara menggunakannya gampang. Tumbuk daun sirsak hingga menjadi halus dan oleskan pada bagian tubuh yang sakit akibat radang sendi dan eksim. Lakukan ini secara teratur setidaknya dua kali sehari.

5. Mengobati Maag

Manfaat daun sirsak adalah obat yang sangat baik untuk maag, karena zat dalam daun sirsak mampu mengurangi peradangan dan juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit. Selain itu, daun sirsak dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, proses penyembuhan maag yang biasanya lambat bisa dipersingkat karena sistem imun yang aktif.

6. Meredakan Wasir

Wasir adalah gangguan pelebaran pembuluh darah di area sekitar anus. Biasanya wasir ditandai dengan benjolan dan rasa nyeri. Jika wasir dibiarkan, gejalanya dapat bertambah parah, benjolan semakin besar, dan muncul pendarahan. Kendati sudah banyak obat untuk mengatasi wasir, sebagian orang masih percaya terhadap manfaat daun sirsak untuk mengobati wasir atau ambeien.

Daun sirsak mengandung zat yang dapat menghentikan perdarahan rektum serta membuat otot sekitar dubur lebih rileks. Untuk mengurangi gejalanya, minum air rebusan daun sirsak. Tentu dibarengi dengan perbanyak makan makanan berserat seperti buah dan sayur.

4 dari 7 halaman

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

7. Bantu Obati Kolesterol

Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang mampu membantu mencegah dan menurunkan kadar kolesterol. Dengan adanya antioksidan ini, kandungan kolesterol di dalam tubuh dapat lebih terkontrol. Anda bisa mengonsumsi daun sirsak dengan cara merebusnya dengan air dan meminumnya setiap hari.

8. Bantu Obati Sariawan

Manfaat daun sirsak yang lainnya untuk membantu mengobati sariawan. Cara mengolahnya adalah dengan menumbuk daun sirsak secukupnya, kemudian rebus dan minum air rebusannya. Dijamin, sariawan yang Anda derita akan mengecil dan sembuh dengan segera.

9. Bantu Obati Asam Urat

Daun sirsak juga termasuk dalam salah satu jenis obat herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan asam urat. Daun sirsak diketahui memiliki kandungan yang terbukti efektif untuk mengatasi penyakit yang satu ini. Ambillah 6 sampai 10 helai daun sirsak dan potong menjadi beberapa bagian. Cara mengolahnya dengan rebus daun sirsak ini dengan 2 sampai 3 gelas air. Tunggu hingga rebusan air tinggal setengahnya saja. Konsumsilah dalam keadaan hangat atau dingin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

5 dari 7 halaman

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

10. Bantu Obati Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi di mana cairan darah dalam tubuh menekan dinding arteri dengan kuat sehingga berdampak buruk pada kesehatan. Di sini, daun sirsak berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah. Zat antioksidan yang terdapat pada daun sirsak mampu melenturkan pembuluh darah agar berjalan dengan lebih lancar. Cara mengolahnya adalah rebus 8 helai daun sirsak bersama dengan 3 gelas air. Konsumsi air rebusan ini pada pagi dan malam hari, dan minum 3 kali seminggu.

11. Menormalkan Gula Darah

Daun sirsak dapat membantu menormalkan kadar gula darah sehingga berkhasiat untuk mengobati penyakit diabetes. Diabetes adalah penyakit yang diakibatkan lonjakan kadar gula darah. Dampak jangka panjang diabetes meliputi kerusakan arteri dan pembuluh darah besar dalam jantung, gagal jantung, bahkan kerusakan saraf. Kandungan nol kalori dalam daun sirsak dipercaya dapat menstabilkan gula darah dan mempertahankan kadar glukosa dalam kisaran normal.

Selain menurunkan kadar glukosa, manfaat daun sirsak juga bisa menyembuhkan luka yang sulit sembuh bagi penderita diabetes sekaligus mencegah infeksi. Bakteri yang menjadi patogen ini dapat menyebabkan infeksi dan penyakit mulut. Meski penyakit mulut dapat dipicu banyak faktor, namun penyebab utamanya melibatkan pertumbuhan bakteri. Air rebusan daun sirsak yang berpotensi untuk menyembuhkan penyakit mulut yang disebabkan bakteri serta meredakan infeksi seperti sariawan.

12. Meredakan Radang Tenggorokan

Manfaat daun sirsak juga terbukti mampu mengatasi infeksi, terutama yang terjadi di saluran pernapasan. Selain itu, daun sirsak juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan radang tenggorokan serta hidung tersumbat.

6 dari 7 halaman

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

13. Baik untuk Kesuburan

Minum teh daun sirsak dikatakan juga baik untuk kesuburan wanita. Hal Itu karena, daun herbal tersebut berkhasiat untuk meningkatkan ovulasi dan juga melancarkan siklus menstruasi. Dengan begitu, manfaat daun sirsak bisa membantu meningkatkan kesuburan. Namun, manfaat daun sirsak yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

14. Menurunkan Berat Badan

Bagi para wanita yang ingin menurunkan berat badan, cobalah minum secangkir teh daun sirsak setiap hari. Minuman dengan tambahan daun herbal tersebut bisa membantu membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada daun sirsak juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Dengan begitu, berat badan anda pun bisa berkurang.

15. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain mengobati berbagai penyakit, manfaat daun sirsak lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin B1, seng, serta selenium, dalam daun sirsak, dapat membuat imun tubuh Anda tetap terjaga untuk mengantisipasi risiko penyakit menyerang di tengah pandemi.

7 dari 7 halaman

Efek Samping Mengonsumsi Daun Sirsak

Terlepas dari manfaat daun sirsak, mengonsumsi daun sirsak sebenarnya memiliki efek samping. Salah satu efek samping yang dapat terjadi adalah gangguan pada hati dan ginjal. Jika daun sirsak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, maka risiko munculnya efek samping juga akan lebih tinggi.

Selain itu, beberapa suplemen yang terbuat dari daun sirsak bahkan dapat merusak saraf. Biasanya efek samping ini muncul jika suplemen tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Apabila kerusakan terjadi pada saraf otak, bisa muncul gangguan pada kendali gerak tubuh dan halusinasi. Tidak menutup kemungkinan juga kerusakan saraf otak menimbulkan gangguan lain yang menyerupai gejala penyakit Parkinson.

Lagi pula, tidak semua orang boleh mengonsumsi daun sirsak. Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daun sirsak bila memiliki satu atau lebih kondisi berikut:

1. Sedang menjalani pengobatan untuk diabetes atau tekanan darah tinggi.

2. Memiliki tekanan darah atau kadar trombosit yang rendah.

3. Hendak menjalani pemeriksaan pencitraan dengan teknologi nuklir (nuclear imaging).

4. Menderita penyakit parkinson, gangguan ginjal, atau gangguan hati.

Tak hanya itu, ibu hamil dan menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirsak. Hal ini karena informasi mengenai keamanan dan efektivitas konsumsi daun sirsak sebagai obat herba pada ibu hamil dan menyusui belum memadai. Mengonsumsi daun sirsak atau suplemennya akan lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.