Sukses

7 Macam-Macam Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis Antara Lain dan Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu permainan bulu tangkis? Permainan bulu tangkis sama dengan permainan badminton. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelaskan permainan bulu tangkis adalah membutuhkan raket, shuttlecock kecil atau kok, dan dilakukan di lapangan khusus.

Pada permainan bulu tangkis, pemain harus memahami macam-macam pukulan dalam permainan bulu tangkis antara lain yang paling dasar dan paling sulit dilakukan. Kemdikbud menjelaskan macam-macam pukulan dalam permainan bulu tangkis antara lain ada tujuh, lima diantaranya paling dasar.

Macam-macam pukulan dalam permainan bulu tangkis antara lain yang paling dasar adalah pukulan service, pukulan lob, pukulan dropshot, pukulan smash, dan pukulan drive. Lalu, macam-macam pukulan dalam permainan bulu tangkis antara lain yang sulit berupa pukulan underhand dan pukulan netting.

Seperti apa dan bagaimana cara melakukan pukulan dalam permainan bulu tangkis antara lain yang paling dasar dan paling sulit dilakukan itu? Berikut Liputan6.com ulas penjelasan lengkapnya, Rabu (5/7/2022).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis Antara Lain yang Paling Dasar

Apa saja macam-macam pukulan permainan bulu tangkis? Kemdikbud menjelaskan macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain yang paling dasar adalah pukulan service, pukulan lob, pukulan dropshot, pukulan smash, dan pukulan drive.

Pada saat melakukan macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain yang paling dasar terdiri dari lima itu, mempunyai sikap badan yang sama dalam penampilan hanya gerakan dari tangan yang menghasilkan pukulan yang bermacam-macam.

Apa perbedaan dari macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain yang paling mendasar berupa pukulan service, pukulan lob, pukulan dropshot, pukulan smash, dan pukulan drive itu?

Ini penjelasan macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain yang paling mendasar terdiri dari lima macam menurut Kemdikbud:

1. Pukulan Service

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain pertama pukulan servis. Pukulan servis dilakukan oleh salah seorang pemain, sebagai pertanda bahwa permainan bulu tangkis dimulai.

“Jika shuttlecock tidak bisa melewati net atau keluar dari area servis akan menghentikan permainan,” dijelaskan.

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain pada pukulan servis, dalam system perhitungan rally point dapat menjadi serangan untuk menambah point. Jika gagal, point bertambah bagi lawan.

2. Pukulan Lob

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain kedua pukulan lob. Pukulan lob sebagai macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain dilakukan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan.

3. Pukulan Dropshot

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain ketiga pukulan dropshot. Dropshot sebagai macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain dilakukan dengan cara menyeberangkan shuttlecock ke daerah lawan, menjatuhkan shuttlecock sedekat mungkin dengan net.

Cara melakukan macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain dropshot ini, tidak membutuhkan banyak tenaga. Paling penting adalah melakukan pukulan dengan persentuhan yang sebagai keterampilan yang harus dimiliki oleh para pemain.

“Pukulan dropshot adalah pukulan yang tepat melampaui jarring, dan langsung jatuh ke sisi lapangan lawan,” dijelaskan.

4. Pukulan Smash

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain keempat pukulan smash. Pukulan smash dalam permainan bulu tangkis adalah salah satu strategi penyerangan.

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain yang smash, sangat merepotkan lawan untuk menguasai dan mengembalikan shuttlecock.

“Pukulan ini merupakan suatu gerakan ayunan tangan yang cepat, mendadak, dan menghasilkan pukulan yang keras serta menukik. Tenaga yang digunakan pukulan smash ini cukup besar, sehingga perlu perhitungan yang matang untuk menggunakan pukulan smash,” dijelaskan.

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain berupa smash dalam permainan bulutangkis, menjadi salah satu pukulan yang sering menghasilkan nilai secara langsung. Teknik cetak poin untuk bisa memenangkan pertandingan permainan bulu tangkis.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis Antara Lain

5. Pukulan Drive

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain kelima pukulan drive. Memahami cara melakukan macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain yang drive, sedikit lebih tinggi dari pinggang dan berada di samping badan.

“Pukulan drive adalah pukulan cepan dan mendatar,” dijelaskan.

Latihan macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain pukulan drive adalah dilakukan dengan menerbangkan shuttlecock secara mendatar, ketinggiannya menyusur di atas net dan penerbangannya sejajar dengan lantai.

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain yang paling mendasar berupa pukulan service, pukulan lob, pukulan dropshot, pukulan smash, dan pukulan drive. Kemudian, pahami juga macam-macam pukulan permainan bulu tangkis lainnya.

Kemdikbud menjelaskan macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain yang lainnya adalah pukulan underhand dan netting. Ini penjelasannya:

6. Pukulan Underhand

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain keenam underhand. Teknik pukulan bulu tangkis ini dikenal dengan sebutan teknik pukulan dari bawah di mana pemain perlu terampil menjangkau dengan langkah lebar.

Cara melakukan macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain yang underhand, ketika memukul shuttlecock maka tenaga berasal dari kekuatan siku dan pergelangan tangan.

“Telapak kaki harus tetap dijaga untuk menyentuh lantai sambil terus meraih shuttlecock,” dijelaskan.

Tujuan dari macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain underhand adalah mengembalikan pukulan permainan net lawan atau pukulan pendek dari lawan. Teknik pukulan ini banyak digunakan sebagai upaya bertahan dari serangan pukulan lawan.

“Ketika tertekan, pemain bisa melakukan pukulan ini sebagai metode penyelamatan, dapat dilakukan dengan metode pukulan forehand maupun backhand,” dijelaskan.

7. Pukulan Permainan Net (Netting)

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain ketujuh netting. Permainan net atau teknik pukulan netting adalah menempatkan shuttlecock di area sekitar net.

Kemudian pukulan sutlecock menggunakan tenaga yang sangat sedikit sehingga lawan sulit untuk mengembalikan atau menyelamatkan shuttlecock.

Dibutuhkan latihan keras untuk melakukan pukulan permainan net karena macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain netting ini paling sulit dilakukan. Risiko gagal untuk mempraktikannya sangat besar.

“Permainan net banyak memerlukan kecermatan dan penuh perasaan,” dijelaskan.