Sukses

13 Makanan Penyebab Kanker yang Perlu Diwaspadai, Batasi Konsumsinya

Ini daftar makanan penyebab kanker.

Liputan6.com, Jakarta Makanan penyebab kanker penting untuk diwaspadai. Banyak faktor yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis, termasuk makanan. Pola makan dan pilihan makanan tertentu memang memiliki hubungan dengan peningkatan risiko kanker.

Mengetahui makanan penyebab kanker bisa membantu menentukan pilihan makanan yang jauh dari risiko kanker. Makanan penyebab kanker ini tak serta merta menjadi faktor utama penyebab kanker. Ini karena kanker disebabkan olah pemicu yang kompleks. Namun, sangat penting mengetahui apa saja makanan penybab kanker.

Makanan penyebab kanker termasuk faktor eksternal pemicu kanker. Ini membuat faktor ini bisa dihindari sedemikian rupa. Menghindari makanan penyebab kanker bisa membantu mengurangi risiko kanker. Berikut daftar makanan penyebab kanker, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(5/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makanan penyebab kanker

Makanan ultra-proses

Makanan penyebab kanker yang pertama adalah makanan yang melalui banyak proses atau ultra-proses. Makanan ultra-proses sering mengandung bahan-bahan yang dihasilkan dari pengolahan industri, seperti isolat protein, minyak terhidrogenasi, sirup jagung fruktosa tinggi, penambah rasa, pemanis buatan, dan pengental.

Makanan ultra-proses kaya akan lemak jenuh, tambahan gula, dan garam tetapi rendah nutrisi pelindung, seperti serat, vitamin, dan mineral. Makanan ultra-proses juga mengandung senyawa berpotensi karsinogenik yang terbentuk selama pemrosesan, seperti:amina heterosiklik dan hidrokarbon aromatik polisiklik. Bahan aditif makanan dan kontaminasi oleh bahan kimia dari kemasan makanan juga dapat berkontribusi pada peningkatan risiko kanker yang terkait dengan konsumsi makanan ultra-olahan.

Pola makan tinggi garam

Pola makan tinggi garam tambahan dapat meningkatkan risiko kanker tertentu, terutama kanker lambung dan usus. Para ilmuwan telah menemukan bahwa asupan garam yang tinggi dapat meningkatkan risiko infeksi yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori yang bisa meningkatkan risiko kanker lambung secara signifikan. Juga, makan makanan tinggi garam dapat menyebabkan produksi Senyawa N-nitroso (NOC) yang beberapa dia ntaranya bersifat karsinogenik bagi manusia.

Minuman panas

Minum minuman panas yang mendidih dapat meningkatkan risiko kanker. Minuman dengan suhu lebih dari 65 derajat celcius bisa berpotensi menjadi karsinogenik bagi manusia. Sejumlah penelitian, termasuk yang dilakukan oleh BMJ, dan laporan baru-baru ini oleh Annals of Internal Medicine, telah mengaitkan minuman panas seperti teh atau kopi dengan kanker esophagus, terutama jika dikombinasikan dengan merokok. Cedera terkait suhu berulang ke sel-sel kerongkongan dapat menyebabkan perkembangan lesi prakanker dan kanker.

3 dari 5 halaman

Makanan penyebab kanker

Makanan dengan gizi rendah

Makanan dengan gizi rendah merupakan makanan penyebab kanker yang harus diwaspadai. Sebuah penelitian besar pada tahun 2018 terhadap 471.495 orang dari Institute for Health and Medical Research di Paris menemukan bahwa mereka yang biasanya makan makanan dengan kualitas gizi rendah memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang kanker. Contoh makanan penyebab kanker seperti makanan ringan olahan, minuman manis, pemanis buatan, makanan yang digoreng, makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans, dan makanan tinggi glikemik.

Daging olahan

Daging olahan adalah semua jenis daging yang diawetkan dengan pengasapan, pengasinan, pengawetan, atau pengalengan. Sebagian besar daging olahan adalah daging merah. Metode yang digunakan untuk membuat daging olahan dapat menghasilkan karsinogen. Misalnya,22 pengasapan daging dengan nitrit dapat membentuk karsinogen yang disebut senyawa N-nitroso.

Daging merah

Rekomendasi yang sama dari WHO juga menemukan bahwa daging merah seperti daging sapi, babi dan domba "kemungkinan" menyebabkan kanker, meskipun alasan pastinya tidak dipahami dengan baik. Menurut penelitian yang dikutip oleh WHO: "Bukti terkuat, tetapi masih terbatas, bukti untuk hubungan dengan makan daging merah adalah untuk kanker kolorektal. Ada juga bukti hubungan dengan kanker pankreas dan kanker prostat." Namun, dalam jumlah sedang, daging merah tanpa lemak bisa menjadi sumber protein, vitamin B, dan zat besi yang baik. ACS merekomendasikan konsumsi daging ini kurang dari 18 ons per minggu, sementara WHO menyarankan hanya 11 ons.

4 dari 5 halaman

Makanan penyebab kanker

Daging hangus

Makanan penyebab kanker selanjutnya adalah daging yang hangus. Ketika semua jenis daging termasuk unggas, daging sapi dan babi dimasak pada suhu yang sangat tinggi, mereka melepaskan bahan kimia yang telah dikaitkan dengan kanker pada hewan. Menurut ACS, daging hangus memiliki dua komponen yang terkait: Heterosiklik amina (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH), kedua bahan kimia yang telah ditemukan bersifat mutagenik yaitu, mereka menyebabkan perubahan DNA yang dapat meningkatkan risiko kanker.

Alkohol

Minum minuman keras meningkatkan risiko kanker di tenggorokan, kotak suara, kerongkongan, hati, usus besar dan dubur, menurut National Institutes of Health (NIH) - terutama jika merokok. Hal ini karena alkohol membunuh sel-sel yang seharusnya beregenerasi.

Makanan kalengan

Makanan kaleng rendah natrium bisa menjadi cara yang sehat dan nyaman setara dengan sayuran. Namun, menurut NIH, BPA dalam beberapa kemasan tidak hanya mengganggu produksi hormon manusia, tetapi paparan yang tinggi terhadap BPA telah dikaitkan dengan kanker payudara, prostat, dan ovarium. Sebuah studi oleh Journal of Environmental Research menemukan orang yang makan makanan kalengan memiliki kadar BPA yang lebih tinggi dalam urin mereka.

5 dari 5 halaman

Makanan penyebab kanker

Susu tinggi lemak

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, produk susu telah dikaitkan dengan kanker prostat. Asupan berlebihan susu murni, khususnya, telah terbukti meningkatkan risiko kematian akibat kanker prostat. Kemungkinan hubungannya adalah karena kadar kalsium yang tinggi dapat menghalangi kemampuan tubuh untuk memproduksi vitamin D, yang diketahui melindungi terhadap semua jenis kanker. Annals of Oncology menemukan bahwa produk susu memiliki efek perlindungan terhadap risiko kanker kolorektal pada pria dan wanita. Jadi, alih-alih membuang susu, pilih versi yang lebih rendah lemak, dan dapatkan kalsium dari sumber nabati seperti bayam, lobak, kangkung, dan tahu.

Makanan tinggi gula

Gula bukanlah zat karsinogenik (makanan penyebab kanker). Namun, konsumsi gula yang berlebihan, terutama gula tambahan dalam minuman dan makanan olahan, dapat berkontribusi pada obesitas yang merupakan faktor risiko penting untuk kanker. Ini bisa membuat gula menjadi makanan penyebab kanker.

Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng bisa menjadi makanan penyebab kanker. Ketika makanan bertepung dimasak pada suhu tinggi, senyawa yang disebut akrilamida terbentuk. Makanan bertepung yang digoreng sangat tinggi kandungan akrilamida. Ini termasuk produk kentang goreng, seperti kentang goreng dan keripik kentang. Banyak makan gorengan juga meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan obesitas. Kondisi ini dapat meningkatkan stres oksidatif dan peradangan, yang selanjutnya meningkatkan risiko kanker.

Makanan yang mengandung aflatoksin

Aflatoksin adalah senyawa yang dihasilkan oleh jamur yang tumbuh pada makanan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering, disimpan dalam kondisi panas dan lembap. Aflatoksin bisa bersifat karsinogenik. Paparan jangka panjang terhadap aflatoksin memiliki kaitan dengan peningkatan risiko kanker kandung empedu dan kanker hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.