Sukses

Sebutkan Macam-Macam Gaya Renang, Lengkap Penjelasannya

Macam-macam gaya renang ada tujuh yang sering dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Renang adalah jenis olahraga air yang dilakukan dengan berbagai macam gaya. Renang adalah olahraga yang mengandalkan kecepatan tangan dan kaki dalam permukaan air. Selain dilakukan untuk kompetisi, renang untuk olahraga ada banyak manfaatnya bagi kesehatan.

MindLab International mengungkap hasil penelitian tentang manfaat renang, olahraga renang sangat baik untuk tubuh dan pikiran. Agar bisa mendapatkan manfaat renang, wajib memahami macam-macam gaya renang dan cara melakukannya. Sebutkan macam-macam gaya renang!

Menjawab perintah sebutkan macam-macam gaya renang yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, terdiri dari gaya renang punggung, gaya renang kupu-kupu, gaya renang dada, gaya renang anjing, gaya renang bebas, gaya renang trudgen, dan gaya renang samping.

Lalu bagaimana cara melakukan untuk menjawab perintah sebutkan macam-macam gaya renang tersebut? Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam macam-macam gaya renang, Rabu (5/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebutkan Macam-Macam Gaya Renang dan Penjelasannya

1. Gaya Renang Punggung

Sebutkan macam-macam gaya renang! Gaya punggung membutuhkan gerakan yang mirip dengan gaya bebas. Menjawab perintah sebutkan macam-macam gaya renang ini, tentu saja dilakukan di punggung dalam posisi terlentang horizontal.

Seperti dalam gaya bebas, perintah sebutkan macam-macam gaya renang, dilakukan dengan kaki menendang. Tendangan mengepak yang pendek dan konstan sementara lengan bergerak dalam pola bergantian terus menerus.

Menjawab perintah sebutkan macam-macam gaya renang gaya punggung, cara melakukannya satu lengan ditarik melalui air dari posisi diperpanjang di atas kepala hingga ke pinggul, sementara lengan lainnya pulih dengan membuat gerakan setengah lingkaran di udara, dari pinggul ke posisi diperpanjang.

Macam-macam gaya renang ini membuat tubuh akan berguling sedikit dari sisi ke sisi saat setiap lengan menarik ke bawah air, tetapi kepala akan tetap dalam posisi netral menghadap ke atas, artinya, ya, kamu dapat bernapas dengan mudah sesuai kebutuhan.

2. Gaya Renang Kupu-Kupu

Sebutkan macam-macam gaya renang! Gaya kupu-kupu adalah macam-macam gaya renang dan cara melakukannya sesuai tingkat lanjut. Ini bisa lebih sulit dan melelahkan untuk dipelajari, tetapi juga sangat menyenangkan.

Gaya kupu-kupu untuk menjawab perintah sebutkan macam-macam gaya renang, dilakukan dalam posisi tengkurap horizontal, menggunakan gerakan bergelombang seperti gelombang di mana dada, diikuti oleh pinggul, terus bergerak ke atas dan ke bawah. Gerakan ini di mulai dalam posisi ramping di bawah air.

Dari sana, tangan membuat bentuk jam pasir di bawah air saat ditarik ke arah pinggul, lalu keluar dari air dan memulihkan posisi yang diperpanjang dengan berputar ke depan tepat di atas permukaan air.

Sementara itu, salah satu macam-macam gaya renang ini membuat kaki melakukan tendangan 'lumba-lumba', di mana kedua kaki tetap bersatu dan mendorong ke atas dan ke bawah, dengan jari-jari kaki lancip. (Bayangkan ekor putri duyung).

Pada perintah sebutkan macam-macam gaya renang yang kupu-kupu, lakukan dengan bernapas sesuai kebutuhan, mengangkat kepala keluar dari air sementara lengan pulih di atas permukaan air.

3. Gaya Renang Dada

Sebutkan macam-macam gaya renang! Gaya dada adalah macam-macam gaya renang kompetitif paling lambat, dan gaya renang yang paling umum dipelajari. Ini sering diajarkan kepada perenang pemula karena cara melakukannya tidak perlu memasukkan kepala ke dalam air.

Seperti gaya bebas, menjawab perintah sebutkan macam-macam gaya renang yang dada ini di mulai dalam posisi tengkurap horizontal. Cara melakukan untuk menjawab perintah sebutkan macam-macam gaya renang, bergerak antara posisi yang lebih horizontal dan ramping dan posisi pemulihan yang lebih vertikal, di mana perenang menarik tubuh keluar dari air untuk bernapas.

Kaki melakukan tendangan 'cambuk' atau 'katak' simetris yang melibatkan menarik kedua kaki ke arah bokong dan kemudian mencambuk kaki ke samping dalam gerakan melingkar sampai bertemu lagi dalam posisi yang ramping. Kamu bisa membayangkan kaki katak.

Sementara itu, cara melakukannya dengan lengan bergerak mengikuti pola simetris seperti segitiga. Saat kaki kembali ke arah bokong, tangan (yang direntangkan di depan) menyapu ke depan, ke luar, dan kemudian menarik ke dada, menciptakan bentuk segitiga. Saat kaki melakukan tendangan katak, tubuh akan menembakkan lengan ke belakang ke posisi terulur dan mengulanginya.

4. Gaya Renang Anjing

Sebutkan macam-macam gaya renang! Renang gaya anjing adalah macam-macam gaya renang yang mengadopsi gerakan anjing saat berada di air.

Gerakan untuk menjawab perintah sebutkan macam-macam gaya renang ini, cara melakukannya memposisikan kepala berada di atas air sambil kaki dan tangan melakukan gerakan berenang seperti anjing.

Gaya ini dimulai dengan menghadap ke air dan mendayung dengan tangan bergantian, seringkali dengan hidung dan mulut di atas air. Gaya anjing dapat digunakan secara terbalik untuk menggerakkan kaki tubuh terlebih dahulu.

3 dari 3 halaman

Sebutkan Macam-Macam Gaya Renang dan Penjelasannya

5. Gaya Renang Bebas

Sebutkan macam-macam gaya renang! Renang gaya bebas adalah macam-macam gaya renang yang paling terkenal. Tidak hanya yang tercepat dan paling efisien, gaya ini yang paling mudah dikuasai.

Gaya bebas cara melakukannya dengan memposisikan tubuh telungkup. Jari-jari kaki lancip, kaki menendang dengan gerakan naik-turun yang cepat dan padat yang dikenal sebagai 'tendangan flutter'. Sementara itu, perintah sebutkan macam-macam gaya renang, dilakukan dengan lengan bergerak dalam pola yang terus menerus dan bergantian.

Satu lengan menarik di bawah air dari posisi yang diperpanjang ke arah pinggul. Sementara cara melakukan untuk lengan lainnya pulih dengan menyapu di atas air dari pinggul ke luar posisi diperpanjang di depan.

Teknik pernafasan gaya berenang ini memanfaatkan posisi tangan saat berada di atas untuk mengayuh. Kepala digelengkan ke kanan atau kiri kemudian menarik napas dengan mulut.

6. Gaya Renang Trudgen

Sebutkan macam-macam gaya renang! Gaya trudgen adalah macam-macam gaya renang yang berkembang dari gaya renang samping dan dinamai menurut nama perenang Inggris John Trudgen.

Menjawab perintah sebutkan macam-macam gaya renang trudgen ini mirip dengan gaya bebas. Hanya saja dipasangkan dengan tendangan gunting, mirip dengan yang digunakan pada gaya samping.

Cara melakukan untuk menjawab perintah sebutkan macam-macam gaya renang ini, saat lengan kiri berada di atas kepala, kaki direntangkan untuk bersiap menendang. Lalu saat lengan turun, luruskan kaki dan satukan untuk melakukan tendangan gunting.

7. Gaya Renang Samping

Sebutkan macam-macam gaya renang! Gaya samping adalah macam-macam gaya renang dan cara melakukannya jarang digunakan dalam kompetisi renang. Gaya ini penting dipelajari untuk pertahanan diri.

Gaya ini paling sering digunakan oleh penjaga pantai saat mereka menyelamatkan seseorang, karena gaya ini paling mudah memungkinkan untuk menarik sesuatu bersamaan. Perintah sebutkan macam-macam gaya renang, bisa terjawab  dengan mendorong tubuh ke depan dengan tendangan gunting dan gerakan lengan bergantian.

Salah satu cara untuk mengingat gaya samping adalah dengan membandingkannya dengan memetik apel. Lengan pertama akan meregang di atas kepala dan memetik apel, kemudian tangan akan bertemu di depan dada.

Lengan pertama menyerahkan apel ke lengan kedua (sisi tubuh yang berada di atas dan sebagian keluar air). Lengan kedua akan mengulurkan tangan untuk melempar apel ke belakang saat lengan pertama meraih apel lain di atas kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.