Sukses

8 Manfaat Buah Naga untuk Balita, Sajikan sebagai MPASI

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah naga memang sudah banyak dirasakan oleh banyak orang. Buah yang tergolong marga Hylocereus ini memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi, antara lain protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin C, zat besi, dan magnesium.

Dilihat dari banyaknya kandungan nutrisi dari buah yang memiliki kulit menyerupai sisik itu, maka tidak mengherankan jika manfaat buah naga begitu beragam bagi kesehatan.

Manfaat buah naga bagi kesehatan antara lain, mengurangi risiko kanker, meningkatkan kesehatan jantung, membantu mengontrol kadar gula darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan berat badan. Itu hanya sebagian manfaat buah naga yang bisa kita dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin.

2 dari 5 halaman

Manfaat buah naga untuk balita

Manfaat buah naga lainnya juga bisa menjadi alternatif bahan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Dengan kata lain, manfaat buah naga bagi kesehatan ini bisa juga dirasakan oleh si kecil.

Berikut manfaat buah naga sebagai MPASI, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (4/7/2022).

1. Menangkal radikal bebas

Balita merupakan masa awal proses tumbuh kembang anak, yang masih rentan terhadap serangan penyakit yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Oleh karena itu, penting untuk memberikan MPASI yang kaya nutrisi dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Buah mengandung antioksidan tinggi yang dikenal dengan fenol. Antioksidan ini berguna melindungi sel membran anak dari serangan radikal bebas.

Manfaat buah naga untuk si kecil akan lebih terasa jika diberikan secara rutin sebagai MPASI.

3 dari 5 halaman

Melindungi jantung sampai memperkuat tulang

2. Melindungi jantung

Manfaat buah naga juga dapat melindungi kesehatan jantung si kecil. Balita yang cenderung kurang aktif biasanya memiliki risiko gangguan jantung.

Namun hal itu bisa dicegah dengan memberikan MPASI buah naga secara rutin untuk si kecil. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah naga dapat melindungi dan memperkuat jantung.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Masa awal pertumbuhan anak merupakan masa yang rentan, di mana si kecil akan mudah terkena penyakit. Oleh karena itu penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dengan memberikan asupan MPASI yang kaya nutrisi.

Buah naga memiliki kandungan vitamin C tinggi. Kadar vitamin C yang tinggi, membuat manfaat buah naga begitu besar dalam perannya meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil.

4. Memperkuat tulang

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C dalam buah naga juga berperan penting dalam proses perkembangan tulang, otot dan gigi. Vitamin C juga membantu perkembangan pembuluh darah Si Kecil yang sedang tumbuh.

Belum lagi kandungan mineral seperti halnya potasium, yang membuah manfaat buah naga dalam proses perkembangan tulang.

Potasium bersama senyawa flavonoid dan fenolik lainnya memiliki peran penting dalam membangun tulang yang kuat.

4 dari 5 halaman

Mencegah anemia sampai menjaga sistem saraf

5. Mencegah anemia

Anemia sering terjadi pada anak. Kondisi ini umumnya terjadi karena kurang mendapat asupan zat besi yang didapat dari makanan.

Selain itu, anemia pada anak juga bisa disebabkan oleh kondisi tubuh yang sulit menyerap asupan zat besi.

Nah, manfaat buah naga bisa juga untuk mencegah anemia pada anak. Itu karena kandungan zat besi dan vitamin C di dalam buah naga.

Kombinasi keduanya bisa membantu mencukupi kebutuhan zat besi harian sekaligus meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga dapat mencegah anemia pada anak.

6. Melancarkan pencernaan

Manfaat buah naga untuk pencernaan tidak lain karena kandungan seratnya yang tinggi. Kandungan serat dalam buah naga juga dapat mencegah sembelit pada anak.

Selain itu, buah naga juga dapat menstabilkan kadar gula darah, sehingga dapat meningkatkan berat badan anak secara sehat.

7. Meningkatkan kesehatan mata

Buah naga kaya akan vitamin A. Sementara itu, vitamin A dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

8. Menjaga sistem saraf

Manfaat buah naga lainnya adalah dapat menjaga sistem saraf. Ini tidak lain karena kandungan fosfor, natrium dan kalsium dalam buah naga yang dapat memastikan berfungsinya sistem saraf.

Dengan kata lain, memberikan asupan buah naga secara rutin akan membantu anak mengembangkan keterampilan motorik dan sensorik dengan baik.

5 dari 5 halaman

Manfaat buah naga sebagai MPASI

Untuk bisa merasakan manfaat buah naga bagi kesehatan si kecil, penting untuk memberikan asupan buah naga dalam bentuk MPASI. Cara membuat MPASI buah naga juga relatif mudah.

Untuk membuat puree buah naga, yang bisa diberikan pada bayi usia 6 bulan, hanya cukup menyiapkan separuh buah nada dan minyak zaitun.

Caranya, potong buah naga menjadi beberapa potongan kecil. Lalu haluskan buah naga hingga menjadi cair dengan blender dan disaring. Tambahkan olive oil secukupnya. Puree buah naga siap untuk disajikan.

Selain dapat disajikan sebagai puree, manfaat buah naga sebagai MPASI juga dapat disajikan sebagai puding, bubur, dan bisa juga disajikan bersama oatmeal.

Masih banyak varian MPASI lain yang bisa dibuat untuk diberikan pada anak seiring bertambahnya usia. Manfaat buah naga juga bisa dirasakan ketika disajikan sebagai parfait atau smoothies.