Sukses

9 Manfaat Daun Pepaya yang Jarang Diketahui, Bisa untuk Pestisida

Liputan6.com, Jakarta Daun pepaya merupakan salah satu sayuran yang sering kali dikonsumsi dan diolah oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan makanan maupun olahan lainnya karena manfaat daun pepaya cukup beraneka ragam.

Dikenal dengan rasanya yang pahit, jenis sayuran ini diketahui memiliki sejumlah manfaat daun pepaya yang baik dan sudah terbukti serta dipercaya sejak dulu oleh masyarakat. Walaupun memiliki rasa pahit, karena manfaatnya masih banyak orang yang suka dan tetap mengonsumsi daun pepaya.

Untuk mengurangi rasa pahit yang ada pada daun pepaya masyarakat kerap mengolahnya terlebih dahulu dengan berbagai cara seperti diolah dengan beragam bumbu. Hal ini untuk mengurangi rasa pahit dari daun pepaya namun juga tetap berusaha agar kandungan dan manfaat daun pepaya tetap terjaga.

Banyaknya manfaat daun pepaya yang bisa diambil, berikut Liputan6.com rangkum 9 manfaat daun pepaya yang tidak hanya baik untuk kesehatan namun juga kecantikan dan berguna untuk kehidupan sehari-hari.

2 dari 3 halaman

Manfaat daun pepaya

1. Obat Demam Berdarah

Manfaat daun pepaya yang pertama ialah sebagai salah satu obat untuk mengobati demam berdarah, hal ini karena daun pepaya dikenal memiliki zat aktif yang di dalamnya terkandung kandungan antimalaria untuk mengatasi demam berdarah.

Untuk mengambil manfaat dari daun pepaya ini biasanya masyarakat merebus daun pepaya selama lebih kurang 5 menit, yang kemudian air rebusannya dapat dikonsumsi untuk mengatasi demam berdarah.

2. Meningkatkan Gula Darah

Manfaat daun pepaya berikutnya adalah untuk mengatur kadar gula darah dan menjadi salah satu alternatif untuk mengobati penyakit gula dan juga diabetes. Hal ini karena daun pepaya dapat digunakan untuk meningkatkan kontrol gula darah.

Diketahui bahwa Daun Pepaya memiliki kemampuan untuk melindungi sel-sel penghasil insulin di pankreas yang mungkin mengalami kerusakan dan kematian dini. Cara untuk mengambil manfaat daun pepaya ini cukup dengan mengonsumsi daun pepaya yang telah direbus sebelumnya.

3. Memiliki Efek Anti Inflamasi untuk Mengatasi Peradangan

Dikenal dengan kandungan anti inflamasi yang dimilikinya, manfaat daun pepaya selanjutnya adalah untuk mengatasi peradangan internal dan eksternal seperti ruam pada kulit, luka bakar, bekas luka yang meradang, nyeri sendi dan juga nyeri otot yang muncul.

Hal ini karena daun pepaya memiliki kandungan berbagai nutrisi dan senyawa tanaman yang mengandung kandungan zat anti inflamasi seperti papain, flavonoid dan vitamin E. Cara memanfaatkan daun pepaya untuk mengatasi peradangannya cukup dengan meletakkan sehelai daun pepaya yang telah dicuci dan ditumbuk pada radang yang muncul di kulit.

4. Membantu Pertumbuhan Rambut

Dalam beberapa studi yang telah dilakukan diketahui bahawa aplikasi masker dan konsumsi daun pepaya yang digunakan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga Kesehatan kulit kepala.

Penelitian terkait menunjukan bahwa mengonsumsi daun pepaya yang kaya akan antioksidan dan dapat mengurangi Stress turut mengurangi tingkat stress oksidan yang tinggi yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

3 dari 3 halaman

Manfaat daun pepaya

5. Sebagai Pestisida Alami

Manfaat daun pepaya yang masih sangat jarang diketahui berikutnya adalah sebagai pestisida alami untuk mengendalikan hama pada tanaman

Dimana dalam daun pepaya diketahui terdapat getah yang mengandung kelompok enzim sistein protease seperti papain dan kimopapain serta menghasilkan senyawa-senyawa golongan alkaloid, terpenoid, flavonoid dan asam amino non protein yang sangat beracun bagi serangga pemakan tumbuhan.

Pestisida yang berbahan dasar daun pepaya ini juga lebih ramah lingkungan karena residu yang dihasilkan dari pestisida nabati dari daun pepaya ini lebih mudah terurai sehingga lebih aman bagi lingkungan dapat menjaga kelestariannya.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan dari daun pepaya yang sangat kaya akan vitamin A, C, dan E dikenal mampu untuk menjaga kelembaban dan menutrisi kulit agar tetap terjaga, cara untuk mendapatkan manfaat daun pepaya ini adalah dengan rajin mengonsumsi daun pepaya yang bisa diolah sebagai makanan maupun minuman.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat daun pepaya yang berguna untuk Kesehatan selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh, hal ini karena daun pepaya dikenal mengandung phytonutrient yang tinggi. Kandungan phytonutrient dalam daun pepaya juga turut membantu melindungi tubuh dari penyakit kanker, penuaan, alergi dan infeksi.

8. Melancarkan ASI untuk Ibu Menyusui

Manfaat Daun Pepaya juga berguna untuk ibu yang sedang menyusui. Mengonsumsi daun pepaya dikenal dapat mengganti suplemen dan vitamin non alami yang berguna untuk melancarkan ASI ibu yang sedang menyusui.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun pepaya ini, ibu menyusui dapat mengonsumsi olahan daun pepaya berupa jamu atau juga makanan rumahan seperti oseng papaya.

9. Menjaga Saluran Pencernaan

Manfaat daun pepaya yang didapat dengan mengonsumsinya adalah dapat melancarkan pencernaan, hal ini karena daun pepaya memiliki kandungan zat karpin yang membantu membasmi mikroorganisme jahat yang mengganggu pencernaan.