Sukses

8 Manfaat Lemon untuk Kesehatan, Terbukti Secara Ilmiah

Liputan6.com, Jakarta Manfaat Lemon bukan hanya membuat makanan dan minuman menjadi lebih sedap dan gurih, akan tetapi perasan lemon bermanfaat untuk kesehatan, baik wajah maupun tubuh. Perasan air lemon memiliki banyak manfaat yang tidak bisa diragukan lagi manfaat dan khasiatanya, karena mengandung antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas, dan kaya akan vitamin C.

Sejak dulu manfaat lemon dipercaya dapat mengatasi racun yang ada dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh University of California Davis telah membuktikan dan menemukann aktivitas biologis dari sitrus, terutama bioflavonoid yang merupakan antikanker dengan cara kerja sangat efektif.

Manfaat lemon selain antioksidan juga memiliki sifat antibakteri dan antiviral yang sangat kuat. Lemon juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Kandungan vitamin C, bioflavonoid, asam sitrun, kalsium, magnesium, pektin, dan limonene pada lemon membuatnya ampuh untuk mengatasi infeksi. Setiap perasan air lemon mampu meningkatkan metabolisme dan energi, serta memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Tak sedikit orang juga sehari-harinya mulai mencoba mengonsumsi air lemon alih-alih teh.

Berikut manfaat lemon untuk kesehatan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, selasa (05/07/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

1. Mengatasi Bau Mulut

Manfaat lemon untuk kesehatan dapat membantu menghindari bau mulut dan menyegarkan napas. perasan air lemon dianggap bisa merangsang air liur dan membantu mencegah mulut kering, yang dapat menyebabkan bau mulut akibat bakteri. Pada umumnya Anda sering melihat atau bahkan mengoleskan lemon pada tangan Anda untuk menghilangkan bau ikan atau bau kuat lainnya, hal serupa juga berlaku untuk menghilangkan bau pada mulut Anda.

2. Mengurangi Bibir Pecah - Pecah

Salah satu manfaat lemon untuk kesehatan memiliki kandungan Alpha Hydroxy Acid atau asam alfa hidroksi yang memiliki fungsi untuk melonggarkan sel kulit mati pada bibir serta memiliki manfaat untuk bibir yang pecah-pecah dan kering. Bagi Anda yang memiliki masalah terhadap bibir pecah-pecah maupun kering, cukup mencampurkan perasan air lemon pada madu atupun gula merah agar membantu melembabkan serta melepaskan sel kulit mati pada bibir.

3. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan darah akibat kekurangan zat besi. Manfaat Lemon mengandung zat besi dari makanan nabati. Namun dalam penyerapan zat besi perlu ditingkatkan dengan mongonsumsi vitamin C dan asam sitrat, karena dapat melindungi dari anemia dengan memastikan Anda meyerap zat besi sebanyak mungkin dari makanan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

4. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Manfaat lemon yang kaya akan vitamin C, membantu melindungi sel akibat radikal bebas karena memiliki antioksidan berfungsi mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, stroke, serta dapat menurunkan tekanan darah. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu buah lemon yang dijus memiliki 18,6 miligram vitamin C.

5. Membantu Mengatasi Jerawat

Adapun manfaat lemon untuk wajah adalah menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit wajah. Menurut jurnal penelitian BMC Complementary and Alternative Medicine, kandungan antibiotik yang ada pada lemon membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Cukup dengan mengaplikasikan lemon langsung pada wajah dan menambahkan setetes madu, diamkan selama beberapa menit kemudian dibilas dengan air dingin.

6. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lemon membantu Anda mencegahy penuaan dini, kandungan vitamin C yang ada pada lemon berperan sebgai antioksidan, sehingga radikal bebas yang berasal dari paparan sinara UV serta pola hidup yang tidak sehat, polusi udara mammpu merusak sel kulit. Oleh karena itu kandungan yang ada didalam lemon membantu dalam pembentukan kolagen dna membuat kulit lebih kencang dan awet muda.

4 dari 4 halaman

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

7. Menghalangi Pembentukan Batu Ginjal

Manfaat lemon juga memiliki asam sitrat yang cukup tinggi, sehingga dapat menghambat pengkristalan batu ginjal. Manfaat minum air lemon tidak hanya untuk mendapatkan asupan asam sitrat, akan tetapi mendapatkan air yang dibutuhkan untuk mencegah terbentuknya batu.

8. Mampu Mengatasi Blackhead.

Manfaat lemon untuk wajah dapat mengatasi balckhead atau yang sering kita kenal dengan sebutan komedo. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati yang terjadi pada kulit wajah, dan area yang paling sering terjadi penumpukan adalah area hidung. dengan kandungan asam sitrat yang ada pada lemon, berguna untuk mengangkat sisa sel kulit mati.