Sukses

9 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan, Baik untuk Otak

Liputan6.com, Jakarta Manfaat wortel dikenal beragam, tak heran jika ia merupakan salah satu bahan makanan favorit orang-orang. Wortel atau Daucus carota L. adalah salah satu sayuran populer di masyarakat. Tanaman yang kaya akan nutrisi ini banyak ditanam di dataran tinggi, sekitar 1.000 MDPL, dengan suhu sekitar 15-21 derajat Celsius untuk mendapatkan hasil panen yang optimal.

Wortel banyak ditemui di dalam masakan seperti sup hingga cake. Selain itu, banyak orang juga mengolah wortel menjadi jus hal ini agar nutrisi yang terkandung dalam manfaat wortel bisa diserap maksimal.

Sayuran yang identik sebagai makanan kelinci ini banyak dikenal dapat membantu kesehatan mata manusia. Akan tetapi, sebenarnya manfaat wortel masih banyak bagi tubuh kita. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/7/2022) 9 manfaat wortel untuk kesehatan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Wortel Bagi Mata, Kekebalan Tubuh, dan Mencegah Kanker

1. Menyehatkan Mata

Manfaat wortel terkenal sebagai salah satu sayuran yang dapat membantu kita menjaga kesehatan mata. Zat betakaroten atau vitamin A yang terkandung di dalam wortel memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu menyehatkan mata dan mencegah berbagai penyakit mata seperti katarak dan rabun.

2.  Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain dapat membantu menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin A dalam wortel juga dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita. Mengutip dari situs web Insider, vitamin A mendukung T-cell atau sel darah putih yang membantu sistem kekebalan tubuh manusia. Dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, tubuh kita akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk melawan infeksi. Selain itu, kandungan vitamin K1, biotin, kalium, serta vitamin B6 di dalam manfaat wortel juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3.  Mencegah Kanker

Carotenoid serta anthocyanins adalah dua antioksidan yang terkandung di dalam wortel. Anti oksidan adalah sudah terbukti dapat membantu melawan zat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Mengonsumsi wortel secara teratur dapat membantu untuk menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Menurut penelitian, manfaat wortel dapat mencegah berbagai jenis kanker, mulai dari kanker prostat, kanker paru-paru, kanker usus besar, hingga kanker payudara.

3 dari 4 halaman

Manfaat Wortel Mencegah Konstipasi, Gula Darah, dan Kolesterol

4. Mencegah Konstipasi dan Membantu Diet

Wortel adalah sayuran yang kaya akan serat. Kandungan serat di dalam wortel dapat membantu memperlancar pencernaan, serta menurunkan risiko konstipasi. Selain itu, serat yang terkandung di dalam wortel dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Mengutip dari situs Insider, kandungan serat ini dapat membantu untuk membuat tubuh kita terasa lebih kenyang tanpa mengkonsumsi lebih banyak kalori.

5. Membantu Mengontrol Gula Darah

Wortel adalah sayuran yang mempunyai indeks glikemik (GI) yang rendah. Indeks GI menunjukkan seberapa besar pengaruh makanan dalam meningkatkan kadar gula darah. Menurut penelitian, GI wortel mentah berkisar pada 16-60, membuat wortel menjadi salah satu makanan dengan indeks GI yang rendah. Dengan demikian, manfaat wortel dipercaya baik untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes.

6. Menurunkan Kolesterol

Kaya akan serat serta rendah kalori dan lemak membuat manfaat wortel dapat membantu menurunkan kolesterol. Menurut penelitian di Amerika Serikat, orang yang mengkonsumsi setidaknya 6 buah wortel perminggu memiliki kolesterol yang lebih rendah dibandingkan orang yang hanya mengkonsumsi satu buah wortel perbulan. Selain itu, serat yang terkandung di dalam wortel juga dapat menghambat lemak.

4 dari 4 halaman

Manfaat Wortel Menjaga Kesehatan Jantung, Otak, dan Kulit

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat wortel kaya akan kandungan vitamin A, kalsium, fosfor, hidrat arang, dan beta-karoten. Kandungan ini dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung, tekanan darah, serta memperlambat efek penuaan. Kandungan kalsium dalam wortel juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kandungan serat di dalam wortel yang dapat menurunkan kolesterol juga dapat membantu mencegah penyumbatan pembulu darah jantung.

8. Baik Untuk Otak

Kandungan beta-karoten di dalam wortel baik untuk kesehatan otak serta mencegah kepikunan. Menurut penelitian, beta-karoten dapat memperlambat penurunan kinerja otak yang menyebabkan kepikunan.

9. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Mengonsumsi wortel secara teratur dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C di dalam wortel dapat menstimulasi produksi kolagen yang dapat mengencangkan kulit serta menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. Selain itu, vitamin C juga dapat membuat kulit kita menjadi lebih bersinar. Kandungan antioksidan di dalam wortel juga dapat mencegah penuaan kulit. Sementara, vitamin A yang terkandung di wortel dapat membantu proses regenerasi sel-sel kulit yang mati. Selain dengan mengonsumsinya secara langsung, manfaat wortel juga dapat digunakan sebagai bahan masker atau produk perawatan kulit lainnya untuk membantu menjaga kesehatan kulit.