Sukses

3 Cara Membuat Bakso Bakar Enak dan Mudah, Cemilan Sehat untuk Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Pilihan cara membuat bakso bakar yang enak dan mudah diantaranya yaitu bakso bakar bumbu kacang, bakso bakar bumbu rujak dan bakso bakar madu.

Menjelang hari raya Idul Adha, banyak muslim yang sudah mulai mempersiapkan diri untuk merayakannya dengan mencari berbagai macam cara untuk mengolah daging yang nanti akan diperoleh. Salah satunya adalah dengan menjadikannya bakso bakar.

Makanan yang banyak digemari banyak orang ini, tidak hanya enak untuk dijadikan sebagai kudapan, bakso bakar juga bisa dijadikan sebagai lauk utama untuk menemani waktu makan bersama keluarga.

Cara membuat bakso bakar memiliki citarasa yang identik dengan pedas ini kini juga bisa diolah dengan rasa yang lebih bervariasi dengan berbagai macam bumbu dan saus.

Bakso Bakar juga cukup mudah untuk dibuat oleh berbagai kalangan karena proses pembuatannya terbilang sangat mudah untuk diikuti, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/7/2022) cara membuat bakso bakar enak, mudah dan murah yang Liputan6.com rangkum untuk bisa dicoba langsung dirumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

cara membuat bakso bakar

Cara Membuat Bakso Bakar Bumbu Kacang

Bahan:

- 50 butir bakso sapi

- 250gram kacang tanah, goreng kemudian haluskan

- Air, garam dan mentega

- Bawang goreng

- Minyak goreng

- 10 buah cabai merah keriting

- 4 butir biji kemiri

- 4 lembar daun jeruk

- 2 buah jeruk limau

- 8 siung bawang merah

- 5 siung bawang putih kating

- Gula merah dan kecap

  

Cara membuat:

1. Pertama haluskan bawang merah, bawang putih, biji kemiri, dan cabai merah, kemudian tumis bersama daun jeruk hingga bahan-bahan tersebut harum dan layu.

2. Kemudian masukkan kacang goreng yang telah dihaluskan sebelumnya, lalu aduk rata sambal menambahkan air, gula merah, garam, dan penyedap. Masak hingga bumbu matang dan mengental. Tambahkan kecap manis lalu aduk rata.

3. Setelah dirasa cukup matikan api kemudian masukkan air perasan jeruk limau dan aduk hingga tercampur rata dengan sempurna.

4. Cuci bakso lalu tusuk bakso pada tusukan yang telah disediakan sebelumnya, kemudian bakar menggunakan olesan mentega pada baksonya sampai dengan kematangan yang diinginkan.

5. Kemudian oleskan bakso dengan bumbu kacang, bakar sebentar jangan sampai hangus.

6. Untuk cara penyajian, lumuri atau celupkan bakso pada bumbu kacang, sajikan bersama kecap manis, perasan jeruk limau dan bawang goreng.

3 dari 4 halaman

cara membuat bakso bakar

Cara Membuat Bakso Bakar Bumbu Rujak

Bahan:

- 30 buah bakso, dikerat sesuai dengan selera

- 2 buah tahu China, dipotong kotak kemudian di goreng

- 4 sdm kecap manis

- 2 siung bawang putih, haluskan

- 1/4 sdt merica bubuk

 

Bahan bumbu rujak:

- 2 siung bawang putih, cincang halus

- 2 bh cabai merah besar, buang bijinya, cincang halus

- 2 bh cabai rawit, diiris sesuai dengan keinginan

- 1/2 buah bawang bombai, cincang halus

- 1 buah tomat, cincang

- 1 sdm kecap manis

- 3/4 sdt garam

- 1 sdt gula merah sisir

- 1/4 sdt kaldu jamur

- 2 sdt maizena, larutkan dengan 1 sdt air

- 2 sdm minyak sayur

 

Cara membuat:

1. Lumuri bakso serta tahu goreng dengan bawang putih, kecap manis, dan merica kemudian diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap.

2. Kemudian tusuk bergantian bakso dan tahu untuk dibakar di atas teflon yang telah dipanaskan hingga matang.

3. Sambil menunggu bakso dan tahu matang, panaskan minyak sayur kemudian tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum.

4. Masukkan cabai dan tomat yang sudah sudah dipotong dadu kemudian aduk rata dengan bumbu yang telah ditumis sebelumnya.

5. Masukkan gula merah, garam, dan kaldu jamur kemudian masak hingga mendidih.

6. Tambahkan larutan maizena. Lanjutkan memasak hingga saus yang dibuat mengental kemudian  sajikan bakso dengan saus yang telah dibuat.

4 dari 4 halaman

cara membuat bakso bakar

Cara Membuat Bakso Bakar Madu

Bahan:

- 500gram bakso

- Tusuk sate secukupnya

Bumbu perendam (aduk rata):

- 3 siung bawang putih parut

- 2 sdm madu

- 4 sdm saus tomat

- 2 sdm kecap manis

- 1 sdt cabai bubuk

- 1/2 sdt lada bubuk

- 3 sdm saus sambal

Cara membuat:

1. Aduk rata semua bahan perendam yang telah dicampurkan, kemudian masukkan bakso dan diamkan selama 10 menit sampai dengan 15 menit.

2. Tusuk bakso menggunakan tusuk sate yang telah disediakan sebelumnya tusuk dengan jumlah bakso sesuai dengan selera masing-masing kemudian sisihkan.

3. Panaskan wajan anti lengket atau grill pan kemudian olesi dengan mentega, saat sudah panas mulai panggang bakso sambil sesekali diolesi sisa bumbu perendam sampai dengan kematangan yang diinginkan kemudian angkat dan sajikan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS