Sukses

15 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan, Minuman Herbal Alami

Manfaat bunga telang didapat berkat antioksidannya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat bunga telang termasuk minuman herbal kaya khasiat. Bunga telang atau Clitoria ternatea termasuk dalam tanaman polong-polongan dengan bunga biru yang cerah. Biasanya, bunga telang dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami.

Selain sebagai pewarna alami, manfaat bunga telang juga baik untuk kesehatan. Ini membuat manfaat bunga telang baik untuk dikonsumsi. Biasanya, manfaat bunga telang didapat dengan cara mengolahnya sebagai teh, atau dimasukkan ke dalam masakan.

Manfaat bunga telang didapat berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Warna birunya yang kuat didapat berkat kandungan antosianinnya yang tinggi. Ini merupakan pigmen antioksidan yang juga ditemukan pada buah dan sayuran berwarna biru dan ungu lainnya.

Manfaat bunga telang sudah lama dikonsumsi sebagai minuman herbal. Berikut manfaat bunga telang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(5/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat bunga telang

Sehatkan kulit

Menurut sebuah studi tahun 2021, ekstrak bunga telang dapat meningkatkan hidrasi kulit hingga 70% satu jam setelah aplikasi topikal. Bunga telang mengandung beragam antioksidan, yang juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Flavonoid yang ada dalam teh biru juga dapat merangsang produksi kolagen, membantu mengembangkan dan menjaga elastisitas kulit.

Sehatkan rambut

Bunga telang memelihara folikel rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi rambut rontok, dan memperlambat rambut beruban. Kacang kupu-kupu juga digunakan sebagai bahan dalam banyak sampo rambut, kondisioner, dan produk rambut lainnya.

Cegah penuaan

Manfaat bunga telang bisa membantu tubuh menghambat proses-proses penuaan dini. Antioksidan pada bunga telang membantu tubuh melawan radikal bebas yang beracun dan menyebabkan penuaan dini. Minum teh bunga telang setiap hari akan membuat tubuh lebih segar dan sehat. Ini membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat dari dalam.

3 dari 6 halaman

Manfaat bunga telang

Bantu penurunan berat badan

Satu studi tabung menunjukkan bahwa manfaat bunga telang dapat memperlambat pembentukan sel-sel lemak dengan mengatur jalur tertentu yang terlibat dalam perkembangan sel. Beberapa penelitian tabung dan hewan yang lebih lama telah menemukan bahwa ternatin, yang ditemukan dalam bunga telang, juga dapat memblokir sintesis sel-sel lemak dalam tubuh.

Menstabilkan kadar gula darah

Antosianin dalam teh bunga telang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam ekstrak bunga telang dapat menghambat enzim pencernaan karbohidrat seperti alfa-glukosidase usus, alfa-amilase pankreas, dan sukrase usus. Dengan menghambat enzim tersebut, ekstrak menunda pencernaan dan penyerapan gula. Sebagai imbalannya, ini menghasilkan penurunan kadar gula darah dan insulin.

Meningkatkan kesehatan otak

Beberapa penelitian pada tikus dan hewan lain menunjukkan bahwa pemberian ekstrak bunga telang secara teratur meningkatkan kadar zat kimia yang disebut asetilkolin di otak mereka. Asetilkolin sangat penting untuk kesehatan otak yang baik. Kadar asetilkolin yang tinggi di otak diketahui dapat mengurangi kehilangan memori terkait usia dan meningkatkan daya ingat. Konsumsi bunga telang dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.

4 dari 6 halaman

Manfaat bunga telang

Lawan kanker

Bunga telang mengandung antosianin yang memiliki sifat antikanker. Mengkonsumsi teh bunga telang bisa memiliki peran dalam memerangi kanker. Ini memasuki sel kanker dan menghambat pertumbuhannya.

Anti peradangan

Konsumsi teh bunga telang dapat mengurangi pembengkakan di tubuh. Dapat mengurangi nyeri tubuh, migrain, dan pembengkakan akibat luka dan sakit kepala.

Menurunkan tekanan darah

Manfaat bunga telang juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Konsumsi teh bunga telang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Individu dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa mengkonsumsi ini.

5 dari 6 halaman

Manfaat bunga telang

Lancarkan pencernaan

Antioksidan dalam teh bunga telang dapat membantu mengendurkan otot perut, membantu pencernaan. Ia juga memiliki sifat anthelmintik; ini membantu mencegah pertumbuhan cacing di usus. Manfaat bunga telang bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya membuat tubuh membakar lebih banyak kalori.

Kaya antioksidan

Manfaat bunga telang kaya akan antosianin — yaitu delphinidin. Kandungan antioksidan ini yang membuat bunga telang berwarna biru keunguan. Antosianin adalah kelompok antioksidan. Kandungan ini memberikan efek menguntungkan terhadap pencegahan penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan jenis kanker tertentu.

Sehatkan jantung

Minum teh bunga telang dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bunga telang dapat menurunkan tekanan darah melalui sifat vasorelaksasi - yang berarti membantu memperlebar pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah. Selain itu, ia menawarkan efek antitrombotik yang dapat mencegah pembentukan bekuan darah, faktor risiko stroke.

6 dari 6 halaman

Manfaat bunga telang

Antijamur dan antimikroba

Antioksidan tertentu yang ditemukan dalam bunga telang mungkin menawarkan sifat antijamur terhadap Penicillium expansum conidia dan sifat antibakteri terhadap Streptococcus mutans dan Staphylococcus aureus.

Alternatif bebas kafein

Manfaat bunga telang bisa menjadi pengganti teh atau kopi. Teh bunga telang bisa menjadi alternatif sehat bagi orang yang menghindari kafein dalam kopi atau teh. Teh bunga telang bisa membuat tubuh terasa lebih bugar dan rileks.

Pewarna makan alami

Warna biru bunga telang adalah alternatif populer untuk pewarna makanan biru buatan. Biasanya, pewarna makanan biru terbuat dari pewarna buatan yang menjadi semakin tidak disukai karena masalah kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.