Sukses

Manfaat Air Kelapa untuk Kulit Wajah, Lebih Baik Dioles atau Diminum?

Liputan6.com, Jakarta - Manfaat air kelapa untuk kulit wajah telah dibuktikan oleh beberapa hasil penelitian terkemuka. Mendapatkan manfaat air kelapa untuk kulit wajah ini bisa didapat dengan mengoleskannya langsung atau meminumnya.

Apa saja manfaat air kelapa untuk kulit wajah tersebut?

Melansir dari Health Line, pada Rabu (5/7/2022) dijelaskan manfaat air kelapa untuk kulit wajah baik untuk mengatasi masalah kulit kering atau sensitif. Kemudian manfaat air kelapa untuk kulit wajah, baik untuk mengatasi masalah jerawat sekaligus bekas jerawatnya. Air kelapa pun mampu mencegah penuaan dini.

Apabila ingin mendapatkan manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang dioleskan, terapkan dengan menyemprotkan air kelapa ke wajah yang sudah dibersihkan. Kemudian bisa mengoleskan pada kapas untuk membersihkan kulit, lalu diikuti penggunaan pelembap atau moisturizer.

Manfaat air kelapa untuk kulit wajah lebih baik yang dioleskan secara langsung atau yang diminum?

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam manfaat air kelapa untuk kulit wajah, Rabu (5/7/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Air Kelapa untuk Kulit Wajah

1. Mengatasi Kulit Kering atau Sensitif

Manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang dioleskan secara langsung adalah baik untuk mengatasi kulit kering atau sensitif. Mengapa bisa demikian?

Dokter Kulit Bersertifikat di New York City Dr. Marie Hayag mengungkap keberadaan manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang dioleskan untuk kulit kering atau sensitif, berasal dari sifatnya yang melembapkan karena mengandung banyak gula dan asam amino.

Tak hanya itu, manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang dioleskan juga mampu menenangkan kulit kering atau sensitif.

Manfaat air kelapa untuk kulit wajah tersebut diungkap Dokter Kulit Bersertifikat Dan Asisten Profesor Dermatologi di Mount Sinai School of Medicine di New York City, Diane Madfes, MD. Manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang dioleskan memiliki kandungan elektrolit yang tinggi.

“Ini mungkin menenangkan saat dioleskan ke kulit,” dijelaskan.

Manfaat air kelapa untuk kulit wajah ini bisa didapat dengan mengonsumsinya secara langsung, air kelapa akan menghindrasi kulit karena kaya kandungan elektrolit. Hal ini diungkap oleh Ahli Gizi dan Pelatih Nutrisi di Wellory, Sara Lutz.

“Penting untuk dicatat bahwa kekurangan cairan dapat menyebabkan kulit kering, gatal, dan garis-garis halus,” dijelaskan.

2. Mengatasi Jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang dioleskan secara langsung, baik untuk mengatasi masalah jerawat sekaligus menghilangkan bekasnya. Mengapa bisa demikian?

Adanya manfaat air kelapa untuk kulit wajah ini diungkap dalam sebuah penelitian berjudul Antibacterial Efficacy of Tender Coconut Water (Cocos nucifera L) on Streptococcus mutans: An In-Vitro Study oleh Rukmini, dkk.

Dijelaskan manfaat air kelapa untuk kulit wajah adalah berasal dari sifat alaminya. Air kelapa memiliki sifat antimikroba, yang dapat membantu kulit wajah secara alami memerangi jerawat.

Meski demikian, adanya manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang dioleskan langsung atau tropikal untuk jerawat dan bekas jerawat sebenarnya belum cukup bukti, penelitian lanjutan masih harus dilakukan.  

"Belum ada cukup bukti signifikan yang menunjukkan penggunaan topikal air kelapa bermanfaat bagi jerawat, bekas jerawat, pigmentasi kulit, atau bercak hitam," dijelaskan Dr. Hayag.

Walaupun belum cukup bukti ilmiah, manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang dioleskan langsung, cocok dijadikan perawatan rutinan. Dr. Madfes, merekomendasikan air kelapa yang dicampur dengan kunyit sebagai masker untuk mendapatkan manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang dioleskan.

“Air kelapa tidak akan membantu bekas luka jerawat, tetapi ini cara yang bagus untuk mempercepat penyembuhan,” dijelaskannya.

3 dari 3 halaman

Manfaat Air Kelapa untuk Kulit Wajah Selanjutnya

3. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang dikonsumsi atau diminum adalah baik untuk mencegah penuaan dini. Mengapa bisa demikian?

Dalam penelitian berjudul Antioxidant Property and Cardiovascular Effects of Coconut (Cocos nucifera) Water oleh Kingsley N. Agbafor, dkk, diungkap air kelapa kaya antioksidan.

Penelitian itu dilakukan pada tikus, ditemukan bahwa air kelapa kaya akan antioksidan. Adanya antioksidan, menjadikan manfaat air kelapa untuk kulit wajah mampu menetralkan efek radikal bebas, mempromosikan anti-penuaan atau pro-penuaan.

Dijelaskan, saat ini tidak ada atau belum ada penelitian yang menunjukkan aplikasi air kelapa topikal atau manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang dioleskan mampu membantu mengatasi masalah penuaan.

4. Masalah Komedo, Kemerahan, Pigmentasi, dan Mata Panda

Apakah manfaat air kelapa untuk kulit wajah mampu mengatasi masalah komedo, kemerahan, pigmentasi, lingkaran hitam atau mata panda, dan mencerahkan kulit?

Melansir dari Health Line ditegaskan, manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang dioleskan secara langsung, tidak bisa memberikan manfaat-manfaat yang sudah disebutkan itu.

Dijelaskan oleh Dr. Madfes, meskipun air kelapa memang mengandung bahan pencerah kulit, seperti vitamin C dan asam amino, akan tetapi kadar kandungan nutrisi tersebut terlalu rendah untuk bisa memberikan dampak manfaat air kelapa untuk kulit wajah seperti mencerahkan.

Manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang dioleskan langsung dengan yang dikonsumsi secara langsung lebih efektif yang mana?

Health Line menjelaskan penelitian tentang manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang dioleskan langsung sangat sedikit, dibanding dengan penelitian manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang diminum.

Manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang diminum lebih direkomendasikan karena dicerna langsung oleh tubuh. Ditegaskan oleh Dr. Hayag, air kelapa merupakan bahan yang memiliki kemajuran lebih besar saat dicerna daripada dioleskan.