Sukses

Kenali Penyebab Penyakit Diabetes dan Gejalanya, Ketahui Lebih Lengkap

Penyebab penyakit diabetes, gejala dan cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab penyakit diabetes perlu ditangani sesuai dengan tipe dan gejalanya. Penyakit diabetes adalah penyakit metabolik yang disebabkan kadar glukosa atau gula darah yang meningkat.

Penyebab penyakit diabetes ini tidak hanya menyerang orang dewasa, akan tetapi pada usia remaja juga bisa mengalami gangguan ini. Diabetes adalah penyakit dengan jangka panjang dengan penyebab berbagai faktor, salah satu di antaranya karena pola hidup yang tidak sehat serta mengonsumsi makanan tidak teratur.

Penyebab penyakit diabetes juga dibagi menjadi beberapa tipe, di antaranya penyakit autoimun di mana tubuh gagal dalam menghasilkan insulin. Ada juga penyebab penyakit diabetes yang lainnya ketika tubuh menolak reaksi obat yang diberikan. Meskipun begitu, masyarakat yang masih berpikir bahwa penyakit ini hanya menyerang orang dewasa dan lanjut usia.

Oleh karena itu semakin kita mengetahui ciri-ciri dan gejala dari penyakit diabetes, maka kemungkinan besar bisa meminimalisir terjadi kompilikasi yang dampaknya merusak dan berbahaya bagi kesehatan. Mulai dari sekarang, terapkan hidup sehat dengan olahraga yang teratur, istirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan yang sehat.

Berikut ini rangkuman dari berbagai sumber tentang penyebab penyakit diabetes yang Liputan6.com kutip, Selasa (5/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Penyakit Diabetes Sesuai Jenisnya

1. Penyebab Penyakit Diabetes Tipe (1)

Penyebab penyakit diabetes tipe 1, diketahui biasanya melawan bakteri atau virus berbahaya menyerang dan menghancurkan sel-sel penghasil insulin di pankreas. Ini membuat Anda dengan sedikit atau tanpa insulin. Alih-alih diangkut ke dalam sel Anda, gula menumpuk di aliran darah Anda. Penyebab diabetes tipe 1 berkaitan juga dengan sistem kekebalan tubuh. 

Tipe 1 diduga disebabkan oleh kombinasi kerentanan genetik dan faktor lingkungan, meskipun faktor-faktor tersebut masih belum jelas. Berat badan tidak diyakini sebagai faktor dalam diabetes tipe 1.

2. Penyebab Penyakit Diabetes Tipe (2)

Penyebab pradiabetes dan diabetes tipe 2, membuat sel-sel menjadi resisten terhadap aksi insulin, dan pankreas tidak dapat membuat cukup insulin untuk mengatasi resistensi ini. Alih-alih pindah ke sel Anda di tempat yang dibutuhkan untuk energi, gula menumpuk di aliran darah anda. Kondisi diabetes kronis termasuk diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Kondisi diabetes yang berpotensi reversibel termasuk pradiabetes dan diabetes gestasional. Pradiabetes terjadi ketika kadar gula darah Anda lebih tinggi dari biasanya, tetapi tidak cukup tinggi untuk diklasifikasikan sebagai diabetes. Dan pradiabetes sering merupakan pendahulu diabetes kecuali tindakan yang tepat diambil untuk mencegah perkembangan.

3. Diabetes Gestasional

Selama masa kehamilan, beberapa orang mungkin mengalami fase di mana kadar gula menjadi tinggi. Kondisi seperti ini biasanya dikenal sebagai gestasional diabetes mellitus. Penyakit diabetes gestasional berkembang antara minggu ke-24 dan ke-28 masa kehamilan.

Diabetes gestasional ini sendiri sangat jarang menimbulkan gejala, dan jika mengalami gejala kemungkinan akan ringan. Penyebab penyakit diabetes ini sendiri tidak diketahui pasti, akan tetapi saat hamil, tubuh lebih banyak memproduksi hormon serta memicu gejala diabetes gestasional ini terjadi. Diabetes gestasional terjadi selama kehamilan tetapi dapat sembuh setelah bayi dilahirkan.

3 dari 5 halaman

Gejala Penyakit Diabetes

Penyebab penyakit diabetes tentu memiliki gejala yang bervariasi tergantung pada seberapa banyak gula darah Anda meningkat. Beberapa orang, terutama mereka yang menderita pradiabetes atau diabetes tipe 2, terkadang tidak mengalami gejala. Pada diabetes tipe 1, gejala cenderung datang dengan cepat dan lebih parah.

Beberapa tanda dan gejala diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 adalah:

- Rasa haus yang meningkat.

- Sering buang air kecil.

- Rasa lapar yang ekstrim serta mengalami penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

- Kelelahan.

- Sifat lekas marah.

- Penglihatan kabur.

- Luka yang lambat sembuh.

- Infeksi yang sering terjadi, seperti infeksi gusi atau kulit dan infeksi vagina.

Diabetes tipe 1 dapat berkembang pada usia berapa pun, meskipun sering muncul selama masa kanak-kanak atau remaja. Diabetes tipe 2, tipe yang lebih umum, dapat berkembang pada usia berapa pun, meskipun lebih sering terjadi pada orang yang lebih tua dari 40 tahun.

4 dari 5 halaman

Faktor Penyebab Penyakit Diabetes

Penyebab penyakit diabetes memiliki faktor resiko, tergantung pada jenis diabetesnya. Meski penyebabnya belum diketahui jelas, faktor yang mungkin menandakan peningkatan risiko meliputi:

1. Faktor Lingkungan

Keadaan seperti paparan penyakit dan virus kemungkinan memainkan beberapa peran, sehingga ada sel sistem imun yang merusak (autoantibodi). Jika memiliki autoantibodi, memungkinkan Anda memiliki peningkatan risiko terkena diabetes tipe 1.

2. Faktor Geografi

Negara-negara tertentu, seperti Finlandia dan Swedia, memiliki tingkat diabetes tipe 1 yang lebih tinggi. Faktor risiko untuk pradiabetes dan diabetes tipe 2. Para peneliti tidak sepenuhnya memahami mengapa beberapa orang mengembangkan pradiabetes dan diabetes tipe 2 dan yang lainnya tidak. Jelas bahwa faktor-faktor tertentu meningkatkan risiko, termasuk bobot. Semakin banyak jaringan lemak yang Anda miliki, semakin resisten sel Anda terhadap insulin.

3. Jarang Beraktivitas

Semakin kurang aktifitas, semakin besar risiko Anda. Aktivitas fisik membantu Anda mengontrol berat badan, menggunakan glukosa sebagai energi dan membuat sel-sel Anda lebih sensitif terhadap insulin.

 

5 dari 5 halaman

Komplikasi Penyebab Penyakit Diabetes

Penyebab penyakit diabetes memiliki komplikasi jangka panjang dan berkembang secara bertahap. Semakin lama Anda menderita diabetes dan semakin tidak terkontrol gula darah Anda, semakin tinggi risiko komplikasi. Komplikasi diabetes dapat melumpuhkan atau bahkan mengancam jiwa, di antaranya: 

1. Penyakit kardiovaskular

Diabetes secara dramatis meningkatkan risiko berbagai masalah kardiovaskular, termasuk penyakit arteri koroner dengan nyeri dada (angina), serangan jantung, stroke dan penyempitan arteri (aterosklerosis). Jika Anda memiliki diabetes, Anda lebih mungkin untuk memiliki penyakit jantung atau stroke.Kerusakan saraf (neuropati). Kelebihan gula dapat melukai dinding pembuluh darah kecil (kapiler) yang menyehatkan saraf Anda, terutama di kaki Anda. Hal ini dapat menyebabkan kesemutan, mati rasa, terbakar atau nyeri yang biasanya dimulai pada ujung jari kaki atau jari tangan dan secara bertahap menyebar ke atas. 

2. Kerusakan Nefropati

Ginjal mengandung jutaan kelompok pembuluh darah kecil (glomeruli) yang menyaring limbah dari darah Anda. Diabetes dapat merusak sistem penyaringan yang halus ini. Kerusakan parah dapat menyebabkan gagal ginjal atau penyakit ginjal stadium akhir ireversibel, yang mungkin memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal.

3. Kerusakan Mata

Penyebab penyakit diabetes dapat merusak pembuluh darah retina (diabetic retinopathy), berpotensi menyebabkan kebutaan. Diabetes juga meningkatkan risiko kondisi penglihatan serius lainnya, seperti katarak dan glaukoma.

4. Kerusakan Kaki

Penyebab penyakit diabetes sa;ah satunya mengalami kerusakan saraf di kaki atau aliran darah yang buruk ke kaki meningkatkan risiko berbagai komplikasi kaki. Jika tidak diobati, luka dan lecet dapat menyebabkan infeksi serius, yang seringkali tidak sembuh dengan baik. Infeksi ini pada akhirnya mungkin memerlukan amputasi jari kaki, kaki atau tungkai.Kondisi kulit. Diabetes dapat membuat Anda lebih rentan terhadap masalah kulit, termasuk infeksi bakteri dan jamur.

5. Gangguan Pendengaran 

Penyebab penyakit diabetes salah satunya mengalami masalah pada pendengaran, hal ini lebih sering terjadi pada penderita diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.