Sukses

Administrasi adalah Pengorganisasian Perusahaan, Kenali Karakteristik dan Macamnya

Liputan6.com, Jakarta Administrasi adalah bidang pekerjaan yang dibutuhkan di semua jenis perusahaan atau organisasi. Administrasi adalah rangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pengorganisasian dan pengawasan cara sebuah organisasi atau lembaga berfungsi.

Administrasi bahkan menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dicari perusahaan. Jika melihat lowongan pekerjaan, administrasi adalah pekerjaan yang cukup banyak muncul. Namun, apa sebenarnya administrasi itu?

Mengurus administrasi adalah keterampilan yang tidak mudah. Diperlukan kemampuan untuk mengorganisir dan mengatur segala bentuk keperluan administrasi di dalamnya. Ini sebabnya, administrasi adalah pekerjaan yang sangat dihargai.

Administrasi adalah bagian penting dalam manajemen. Berikut pengertian administrasi, karakteristik, dan macamnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(6/7/2022).

2 dari 6 halaman

Pengertian administrasi

Administrasi adalah istilah yang berasal dari Bahasa Inggris “administration”, dengan bentuk infinitifnya to administer yang diartikan sebagai to manage (mengelola). Administrasi juga dapat berasal dari Bahasa Belanda “administratie”, yang memiliki pengertian mencakup tata usaha, manajemen dari kegiatan organisasi, manajemen sumber daya.

Administrasi pada dasarnya berkenaan dengan tugas atau pekerjaan pada suatu organisasi dengan melibatkan administrator. Administrasi didefinisikan sebagai tindakan mengelola tugas, tanggung jawab, atau aturan.

Keterampilan administratif adalah keterampilan yang meningkatkan produktivitas kantor dengan menggabungkan tugas-tugas administratif yang memakan waktu menjadi satu peran. Keterampilan yang paling umum termasuk menjaga proyek tetap pada jalurnya, mengatur perjalanan, menjadwalkan pertemuan, dan mengajukan laporan pengeluaran.

3 dari 6 halaman

Pengertian administrasi menurut ahli

Nawawi

Administrasi adalah proses rangkaian kegiatan terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang secara dinamis dalam kerjasama dengan pola pembagian kerja untuk mencapai sasaran dan tujuan tertentu yang rasional, secara efektif dan efisien.

Sondang P. Siagian

Administrasi adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Theo Haimann

Administrasi berarti penentuan kebijakan secara keseluruhan, penetapan tujuan utama, identifikasi tujuan umum dan penetapan program dan proyek yang luas”. Ini mengacu pada kegiatan tingkat yang lebih tinggi. Ini meletakkan prinsip-prinsip dasar perusahaan.

Newman

Menurut Newman, “Administrasi berarti bimbingan, kepemimpinan & pengendalian usaha kelompok menuju beberapa tujuan bersama”.

4 dari 6 halaman

Karakteristik administrasi

Menurut Pasolong, ada tiga dimensi karakteristik administrasi. Ini meliputi:

Efisien

Efisien berarti tujuan dari administrasi adalah untuk mencapai hasil secara berdaya guna. Tjokroamidjojo mengatakan bahwa efisien adalah perbandingan terbaik antara input dengan output atau perbandingan antara pengeluaran dengan keuntungan. Dengan kata lain perbandingan antara apa yang telah dihasilkan dengan apa yang seharusnya diselesaikan.

Efektivitas

Efektivitas berarti tujuan yang telah direncanakan sebelumnya dapat tercapai. James L. Gibson mengatakan bahwa efektifitas adalah pencapaian sasaran dari upaya bersama.

Rasional

Rasional berarti tujuan yang telah dicapai bermanfaat untuk maksud yang berguna, yang dilakukan secara sadar dan sengaja. Herbert A. Simon mengatakan bahwa rasional secara objektif, jika tujuan yang hendak dicapai untuk kepentingan organisasi.

 

 

5 dari 6 halaman

Tujuan administrasi

Menurut artikel dalam Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara oleh Lina Marliani, tujuan administrasi adalah menerapkan kemampuan dan keterampilan kerja sehingga tercapai tujuan secara efektif dan efisien melalui tindakan rasional. Tujuan secara efektif dan efisien melalui tindakan rasional dapat terwujud bila ada perencanaan yang realistik dan benar-benar tepat, logis dan dapat dikerjakan.

Orang yang melakukan kegiatan administrasi disebut administrator. Tanggung jawab pekerjaan utama seorang administrator adalah untuk memastikan kinerja yang efisien dari semua departemen dalam suatu organisasi. Tanggung jawab pekerjaan utama seorang administrator adalah untuk memastikan kinerja yang efisien dari semua departemen dalam suatu organisasi. Mereka bertindak sebagai penghubung antara manajemen senior dan karyawan.

 

6 dari 6 halaman

Pengelompokkan arti administrasi

Masih dari jurnal yang sama, administrasi dapat dikelompokkan ke dalam tiga macam kategori. Berikut kategorinya:

Administrasi sebagai proses

Menurut Soetarto & Soewarno, administrasi adalah suatu proses penyelenggaraan dan pengurusan segenap tindakan/kegiatan dalam setiap usaha kerja sama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan.

Administrasi sebagai tata usaha

Menurut Harris Muda Nasution mengatakan bahwa administrasi adalah suatu pekerjaan yang sifatnya mengatur segala pekerjaan yang berhubungan dengan tulis-menulis, surat-menyurat dan mencatat (membukukan) setiap perubahan/kejadian yang terjadi dalam organisasi itu.

Administrasi dalam arti pemerintah/negara/publik

Nigro & Nigro mengemukakan bahwa kerjasama kelompok pemerintahan bukan hanya pihak eksekutif saja. Tetapi meliputi legislatif, eksekutif dan hubungan diantara mereka yang mempunyai peranan penting dalam perumusan kebijakan pemerintah.

 

Bentuk administrasi

Pada dasarnya administrasi dapat dibedakan ke dalam dua golongan besar, yaitu:

Administrasi negara (Public administration)

Administrasi negara adalah kegiatan-kegiatan/proses/usaha dalam bidang kenegaraan. Administrasi negara bertujuan untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat (Public service).

Administrasi niaga

Administrasi niaga adalah kegiatan- kegiatan/proses/usaha yang dilakukan di bidang swasta. Administrasi niaga bertujuan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya (Profit oriented).