Sukses

Cara Membuat Popcorn Caramel di Rumah Tanpa Oven dan Mesin, Renyah Hingga 2 Minggu

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat popcorn caramel sendiri dengan memanfaatkan alat masak di rumah tentu akan sangat menyenangkan. Apalagi jika Anda memiliki hobi menonton film di rumah melalui layanan streaming.

Tahu cara membuat popcorn caramel bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi pencinta film. Mengingat bahwa popcorn dikenal sebagai camilan yang identik dengan kegiatan menonton film di bioskop.

Dengan tahu cara membuat popcorn caramel, kamu bisa menikmati sensasi nonton film layaknya di bioskop, meski sebenarnya kamu sedang menonton film di kamar. Lagi pula membuat popcorn sendiri di rumah sebenarnya tidak terlalu sulit, bahkan tidak perlu menggunakan mesin popcorn.

Berikut adalah cara membuat popcorn caramel, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (6/7/2022).

2 dari 6 halaman

Bahan popcorn caramel

Cara membuat popcorn caramel hanya melibatkan beberapa langkah mudah. Langkah pertama adalah menyiapkan sejumlah bahan yang diperlukan. Setidaknya kita harus menyiapkan dua kelompok bahan, yaitu bahan untuk membuat popcorn dan bahan untuk membuat caramel.

Karena popcorn caramel merupakan kombinasi dari popcorn dan caramel, maka cara membuat popcorn caramel pun melibatkan dua proses yang terpisah. Proses pertama membuat popcorn dulu, disusul dengan membuat caramel. Kemudian selanjutnya menggabungkan keduanya menjadi satu.

Sebelum masuk ke proses cara membuat popcorn caramel, yang perlu dilakukan pertama kali adalah menyiapkan bahan-bahannya.

Bahan popcorn:

1 cup jagung popcorn

100 gram mentega

Bahan karamel:

75 ml susu kental manis

100 gram gula pasir

200 ml air

1 sdt essence vanilla

1/2 sdt soda kue

100 gram mentega

3 dari 6 halaman

Langkah membuat popcorn dan karamel secara terpisah

Setelah semua bahannya sudah siap proses pertama dalam cara membuat popcorn caramel adalah membuat popcorn terlebih dahulu. Berikut proses cara membuat popcorn caramel.

1. Ambil panci besar dan letakkan di atas kompor dengan nyala api sedang. Lalu tambahkan mentega dan tiga biji jagung.

2. Ketika tiga biji jagung itu mengembang, tandanya panci sudah mulai panas dan siap untuk digunakan memasak popcorn.

3. Masukkan semua jagung popcorn ke dalam panci yang sudah panas, lalu segera tutup dengan cepat. Pastikan tidak menutupnya terlalu rapat agar masih ada celah untuk uap keluar dari panci.

4. Goyangkan panci sesekali agar popcorn tidak gosong.

5. Angkat panci dari atas kompor ketika letupan jagung popcorn intensitasnya mulai menurun. Kemudian diamkan selama satu menit atau lebih agar dingin.

Sementara menunggu popcorn dingin, kita bisa memulai proses cara membuat popcorn caramel yang berikutnya, yakni membuat karamelnya.

Untuk membuat karamel, pertama panaskan mentega di atas wajan. Setelah panas, masukkan susu, gula, essence vanilla, lalu aduk hingga warnanya kecoklatan.

Kemudian, tambahkan baking soda untuk membuat karamel mengembang. Baru setelah itu, campurkan karamel dengan popcorn, lalu aduk hingga karamel melapisi permukaan popcorn dengan merata.

4 dari 6 halaman

Campur popcorn dan karamel

Saat mencampur karamel dengan popcorn, pastikan Anda melakukannya dengan cepat, karena karamel akan mengeras saat semakin dingin.

Jika memang tidak bisa membuat popcorn dan karamel tercampur merata, langkah berikutnya bisa dilakukan untuk membuat keduanya tercampur sempurna.

Panggang popcorn bersamaan dengan karamel selama kurang lebih 45 menit. Dalam proses pemanggangan itu, karamel akan meleleh, dan aduk sesekali untuk membuat karamel melapisi popcorn secara merata.

Proses pemanggangan ini bukan proses yang wajib dilakukan. Namun proses pemanggangan dalam cara membuat popcorn caramel ini akan membuatnya tetap renyah hingga 2 minggu.

5 dari 6 halaman

Cara membuat popcorn caramel sederhana

Bahan:

100 gram Jagung popcorn

50 gram Margarin

200 gram Gula pasir

200 ml Whipping cream cair

1 sdm Margarin

Cara membuat popcorn caramel:

1. Panaskan margarin sampai meleleh dalam teflon size besar bertutup, biarkan cair dahulu. Kemudian masukkan jagung, aduk sebentar hingga tercampur rata, kemudian tutup.

2. Biarkan jagung meletup. Tunggu hingga suara letupan hilang dan semua jagung menjadi popcorn.

Caramel:

1. Masak gula pasir dengan api kecil, sampai semua gula larut. Masukkan whipping cream kemudian aduk sampai tidak ada gumpalan. Tambahkan margarin, aduk rata. Masak hingga mengental.

2. Siram caramel di atas popcorn, aduk rata hingga seluruh popcorn terbalut caramel. Popcorn caramel siap dinikmati.

6 dari 6 halaman

Tips membuat karamel agar tidak gosong dan pahit

Hal yang paling sulit dari cara membuat popcorn caramel adalah proses membuat karamel. Membuat karamel memang tidak susah, tapi membutuhkan ketelitian.

Jika tidak cukup teliti, karamel bisa saja gosong atau akan terasa pahit. Kalau begitu maka karamel hanya akan membuat popcorn malah menjadi tidak enak.

Agar tidak gagal saat membuat karamel, ada empat hal yang harus diperhatikan.

1. Kualitas gula yang menjadi bahan karamel. Kualitas gula berpengaruh akan hasil karamel yang dibuat. Pastikan untuk memilih gula yang bersih dan tidak menggumpal.

2. Wajan perlu dipanaskan lebih dahulu dengan api kecil, sebelum memasukkan gula. Karena karamel bersifat lengket, disarankan untuk menggunakan wajan anti lengket.

3. Ketika gula baru dimasukkan, sebaiknya jangan langsung diaduk. Tunggu sampai gula meleleh seluruhnya, barulah diaduk.

4. Ketika mengaduk sebaiknya dilakukan perlahan, sambil memperhatikan perubahan warnanya. Bila warnanya sudah berubah coklat muda terang, segera matikan api.