Sukses

10 Tanda-Tanda Kiamat dalam Islam dan Penjelasannya, Kehancuran yang Pasti

Liputan6.com, Jakarta - Hari kiamat adalah kehancuran alam semesta yang pasti terjadi. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan hari kiamat adalah hari akhir zaman (dunia seisinya rusak binasa dan lenyap.

“Hari kiamat adalah hari kebangkitan sesudah mati (orang yang telah meninggal dihidupkan kembali untuk diadili perbuatannya),” dijelaskan lebih mendalam.

Kedatangan hari kiamat adalah pasti dengan sejumlah tanda-tandanya. Dalam Islam, mempercayai tanda-tanda hari kiamat menjadi bagian dari rukun iman yang sesungguhnya. Apa saja tanda-tanda hari kiamat dalam Islam itu?

Dalam buku berjudul Tanda-Tanda Kiamat oleh Mahmud Rajab Hamady, dijelaskan tanda-tanda kiamat dalam Islam ada sepuluh. Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah pasti terjadi dengan kemunculan Imam Mahdi, Dajjal, Nabi Isa AS, hingga muncul kehancuran Ka’bah.

“Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: Ka’bah diruntuhkan oleh Dzu Suwaiqatain dari Habasyah." (HR. Muslim dan Bukhari)

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tanda-tanda kiamat dalam Islam dan penjelasannya, Rabu (6/7/2022).

2 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Kiamat dalam Islam dan Penjelasannya

1. Kemunculan Imam Mahdi

tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah ada kemunculan Imam Mahdi. Dijelaskan, kemunculan Imam Mahdi sebagai tanda-tanda kiamat dalam Islam diriwayatkan dalam hadis Al Hakim, Rasulullah SAW bersabda:

"Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah SWT akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun."

2. Kemunculan Dajjal

Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah kemunculan Dajjal. Adanya kemunculan Dajjal sebagai tanda-tanda kiamat dalam Islam ini diriwayatkan Nabi Muhammad SAW.

Dijelaskan, tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah Dajjal akan menyebarkan fitnah di muka bumi.

Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak ada satu pun mahluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari Dajjal." (HR. Muslim)

3. Kemunculan Nabi Isa AS

Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah adanya kemunculan nabi Isa AS. Nabi Isa akan memimpin dunia sebagai tanda-tanda kiamat dalam Islam yang ditegaska dalam Al-Qur’an.

Dalam Al-Quran surat an-Nisa ayat 159, Allah SWT berfirman:

“Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka”

4. Kemunculan Ya'juj dan Ma'juj

Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah akan ada kemunculan ya’juj dan ma’juj. Dijelaskan, adanya tanda-tanda kiamat dalam Islam ini tertuang dalam Al-Qur’an surat al-Kahfi ayat 94.

Allah SWT berfirman:

“Mereka berkata, Wahai Zulkarnain! Sungguh, Ya'juj dan Ma'juj itu (makhluk yang) berbuat kerusakan di bumi, maka bolehkah kami membayarmu imbalan agar engkau membuatkan dinding penghalang antara kami dan mereka?”

5. Matahari Pasti Terbit dari Barat

Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah matahari yang pasti akan terbit dari arah Barat. Adanya tanda-tanda kiamat dalam Islam ini tertuang dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud dan Ibnu Majah.

Dari Abdullah bin Amr, dia berkata, aku hafal dari Rasulullah SAW:

"Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang Kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi."

3 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Kiamat dalam Islam dan Penjelasannya

6. Kemunculan Daabbah (Binatang Melata)

Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah pasti ada kemunculan binatang melata. Adanya tanda-tanda kiamat dalam Islam ini, disebutkan dalam hadis yang sama dengan terbitnya matahari dari arah Barat.

Dijelaskan, antara kedua tanda-tanda kiamat dalam Islam itu tidak diketahui secara pasti mana yang akan muncul terlebih dahulu.

7. Kabut dan Angin Berhembus

Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah ketika langit akan memunculkan kabut dan angin yang berembus dari sumber yang tidak jelas.

Adanya tanda-tanda kiamat dalam Islam ini, dijelaskan dalam Al-Qur’an surat ad-Dukhan ayat 10. Allah SWT berfirman:

“(Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata) maka kala itu bumi menjadi tandus kelaparan serta paceklik makin menjadi-jadi, sehingga karena memuncaknya keadaan, akhirnya mereka melihat seolah-olah ada sesuatu yang berupa kabut di antara langit dan bumi.”

8. Munculnya Api

Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah ketika ada kemunculan api dari Yaman. Adanya tanda-tanda kiamat dalam Islam ini, diungkap dalam hadis riwayat Muslim.Bahwa kemunculan api dari tanda-tanda kiamat dalam Islam. akan membawa manusia menuju tempat tertentu.

"Dan yang terakhirnya adalah api yang keluar dari Yaman, menggiring manusia ke tempat mereka berkumpul." (HR. Muslim)

9. Gempa Bumi yang Dahsyat

Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah ketika terjadi gempa bumi yang sangat dahsyat. Gempa di muka bumi sebagai tanda-tanda kiamat dalam Islam ini, dijelaskan dalam Al Quran surat al-Hajj ayat 1.

Allah SWT berfirman:

“Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh, guncangan (hari) Kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar.”

10. Kehancuran Ka’bah

Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah adanya kehancuran ka’bah. Ini menjadi tanda-tanda kiamat dalam Islam yang sangat nyata terjadi.

Adanya tanda-tanda kiamat dalam Islam ini, ditegaskan dalam hadis riwayat Hakim dan Abu Ya'la, oleh Abu Sa'id Al Khudri RA:

"Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum Kakbah ini tidak lagi didatangi orang untuk menunaikan ibadah haji." (HR. Hakim dan Abu Ya’la)

Kemudian tanda-tanda kiamat dalam Islam tentang kehancuran ka’bah pun ditegaskan dalam hadis riwayat Muslim dan Bukhari.

“Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: Ka’bah diruntuhkan oleh Dzu Suwaiqatain dari Habasyah." (HR. Muslim dan Bukhari)