Sukses

5 Unsur Seni Rupa 3 Dimensi Menurut Ahli, Lengkap Penjelasan dan Contohnya

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu seni rupa 3 dimensi? Nama lain dari seni rupa 3 dimensi adalah seni rupa 3D. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelaskan seni rupa 3 dimensi adalah memiliki sisi panjang, lebar, dan tinggi.

“Seni rupa 3 dimensi adalah karya seni yang bervolume dan memiliki ruang,” dijelaskan.

Memahami seni rupa 3 dimensi adalah bisa dilihat dari segala sudut pandang. Apa saja yang termasuk unsur seni rupa 3 dimensi itu?

Dalam buku berjudul Seni Rupa Tiga Dimensi kelas XII oleh Muheri Palwanto yang dipublikasikan Kemdikbud, dijelaskan unsur seni rupa 3 dimensi adalah berupa titik, garis, bidang, bentuk, dan tekstur. Kelima unsur seni rupa tiga dimensi itu memiliki peranan berbeda-beda.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam unsur seni rupa 3 dimensi dan penjelasannya, Rabu (6/7/2022).

2 dari 3 halaman

Unsur Seni Rupa 3 Dimensi dan Penjelasannya

Memahami unsur seni rupa 3 dimensi adalah terdiri dari lima hal. Hal ini dijelaskan dalam buku berjudul Seni Rupa Tiga Dimensi kelas XII oleh Muheri Palwanto yang dipublikasikan Kemdibud.

Unsur seni rupa 3 dimensi adalah berupa titik, garis, bidang, bentuk, dan tekstur. Ini penjelasan lengkap tentang unsur seni rupa 3 dimensi yang dimaksudkan:

1. Titik

Unsur seni rupa 3 dimensi adalah titik. Dijelaskan, titik sebagai unsur karya seni rupa yang paling dasar dan kecil. Titik seperti sebuah bintik dalam seni rupa.

Keberadaan titik sebagai unsur seni rupa 3 dimensi adalah sumber ide baru dalam berkarya seperti membuat garis dan bidang. Berperan sebagai pusat perhatian atau warna yang mencolok.

2. Garis

Unsur seni rupa 3 dimensi adalah garis. Garis menjadi sebuah goresan atau batas suatu benda, ruang, bidang, warna, tekstur, dan sebagainya.

Garis sebagai unsur seni rupa 3 dimensi adalah mempunyai dimensi yang cenderung memanjang dan mempunyai arah tertentu.

“Garis lurus mempunyai kesan keras, garis patah-patah berkesan kaku,” dijelaskan.

Garis sebagai unsur seni rupa 3 dimensi adalah memiliki beberapa sifat seperti panjang, pendek, horizontal, vertikal, tipis, lurus, berombak, melengkung, tebal, patah-patah, miring, halus dan lain-lain.

Dijelaskan, unsur seni rupa 3 dimensi garis, mempunyai berbagai bentuk seperti garis mendatar, tegak, miring, lengkung, bersilang, sejajar, zig zag, spiral, dan gelombang.

3. Bidang

Unsur seni rupa 3 dimensi adalah bidang. Ini unsur seni rupa 3 dimensi yang dibentuk atau terbentuk dari hubungan beberapa garis. Bidang sebagai unsur seni rupa 3 dimensi memiliki dimensi panjang, lebar atau pipih.

Dijelaskan, bidang sebagai unsur seni rupa 3 dimensi adalah mempunyai isi atau volume. Berdasarkan wujud, bidang  sebagai unsur seni rupa 3 dimensi memiliki beberapa macam seperti geometris, simetris, asimetris, organis, dan lain sebagainya.

4. Bentuk

Unsur seni rupa 3 dimensi adalah bentuk. Bentuk sebagai unsur seni rupa 3 dimensi bisa diartikan sebagai bangun atau plastis. Bangun mempunyai bentuk yang polos, sedangkan plastits bukan hanya dilihat dari bentuknya saja, melainkan ada nilai dan maknanya sepeti contohnya lemari.

“Lemari bukan hanya sebuah benda tetapi memiliki kegunaan untuk menyimpan pakaian,” dijelaskan.

5. Tekstur

Unsur seni rupa 3 dimensi adalah tekstur. Tekstur sebagai unsur seni rupa 3 dimensi menjadi sifat permukaan sebuah benda seperti kasar, halus, berpori, licin, mengkilap, dan bisa dirasakan lewat indra mata serta peraba.

Berdasarkan jenisnya tekstur sebagai unsur seni rupa 3 dimensi terbagi menjadi dua macam yaitu tekstur nyata dan semu.

Tekstur nyata, dijelaskan mempunyai nilai dan kandungan yang sama dengan pengelihatan serta perabaan. Tekstur semu tidak mempunyai nilai dan kandungan yang sama dengan pengelihatan serta perabaan.

3 dari 3 halaman

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami unsur seni rupa 3 dimensi, berikutnya ketahui contoh seni rupa 3 dimensi. Ini contoh seni rupa 3 dimensi yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Seni Kriya

Seni kriya adalah contoh seni rupa 3 dimensi. Seni kriya sering digunakan sebagai dekorasi, benda terapan siap pakai, furniture, benda mainan seperti boneka, kain batik maupun tenun, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis seni kriya, ada seni kriya kayu, seni kriya tekstil, seni kriya keramik, seni kriya logam, seni kriya kulit dan seni kriya batu.

2. Seni Patung

Seni patung adalah contoh seni rupa 3 dimensi. Patung sebagai contoh seni rupa 3 dimensi dibuat dengan media batu, kayu, logam, dan bisa dilihat dari segala arah.

Dalam teknik pembuatan patung sebagai contoh seni rupa 3 dimensi, terbagi jadi 2. Ada teknik pembuatan patung Zonde Bosse (berdiri sendiri) dan teknik pembuatan patung Relief (biasa menempel di permukaan dinding).

3. Keramik

Keramik adalah contoh seni rupa 3 dimensi. Karya seni rupa keramik menjadi cabang seni yang bersifat tradisional sampai kontemporer atau modern.

Seni keramik sebagai contoh seni rupa 3 dimensi memiliki fungsi kerajinan. Bahan utama pembuatan contoh seni rupa 3 dimensi keramik adalah tanah liat yang harus melalai proses dipijir, butsir, pilin, hingga pembakaran dan glasir.

4. Arsitektur

Arsitektur adalah contoh seni rupa 3 dimensi. Ini contoh seni rupa 3 dimensi dengan andalan teknik merancang bangunan. Mencakup level makro (perencanaan dan perancangan kota, atau lansekap) sampai level mikro (desain buat perabot, bangunan, hingga produk).