Sukses

8 Manfaat Buah Zaitun Bagi Kesehatan, Cegah Kanker dan Penyakit Jantung

Liputan6.com, Jakarta Pohon zaitun (Olea europaea) adalah pohon yang banyak ditemui di wilayah Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Mediterania. Manfaat buah zaitun sendiri sudah sejak lama digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Zaitun saat ini sedang digemari oleh banyak orang. Zaitun dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Zaitun biasa digunakan baik untuk memasak maupun untuk perawatan rambut dan kecantikan.

Untuk mendapatkan manfaat buah zaitun, kita dapat mengkonsumsinya secara langsung. Biasanya buah zaitun menjadi sandwich, pizza, ataupun salad. Selain itu, minyak yang diekstrak dari buah zaitun juga dipercaya lebih baik untuk kesehatan daripada minyak-minyak lainnya.

Buah zaitun mengandung banyak nutrisi. Zaitun kaya akan vitamin E dan antioksidan, membuatnya baik untuk mencegah berbagai penyakit. Berikut ini beberapa manfaat buah zaitun yang dirangkum tim Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (6/7/2022)

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Zaitun

1. Antioksidan

Buah zaitun kaya akan kandungan zat antioksidan. Zat antioksidan tersebut baik bagi kesehatan manusia karena dapat membantu untuk mengurangi potensi penyakit kronis seperti kanker dan jantung. Antioksidan membantu tubuh untuk melawan peradangan hingga menurunkan tingkat pertumbuhan mikroorganisme. Mengutip dari situs healthline.com, memakan buah zaitun dapat meningkatkan kandungan glutathione dalam darah secara signifikan. Glutathione sendiri adalah salah satu antioksidan yang paling kuat dalam tubuh manusia.

 

2. Mencegah Penyakit Jantung

Buah zaitun juga disebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung disebabkan oleh tekanan darah tinggi serta kolesterol tinggi. Manfaat Buah zaitun dapat membantu untuk menjaga kandungan kolesterol dan mencegah kolesterol buruk (LDL) dari oksidasi. Buah zaitun juga disebut dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan zat oksidan yang tinggi di dalam buah zaitun juga bisa mencegah pembekuan darah.

 

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Zaitun

 

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Penyakit osteoporosis disebabkan oleh menurunnya massa dan kualitas tulang. Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya resiko patah tulang. Dikutip dari situs healthline, angka kasus penderita penyakit osteoporosis di negara-negara Mediterania dibandingkan negara-negara Eropa lainnya. Hal ini menimbulkan dugaan bahwa manfaat buah zaitun mungkin membantu mencegah penyakit ini. Penelitian menemukan bahwa buah zaitun dan minyak zaitun dapat membantu mencegah kerusakan tulang pada hewan

 

4. Mencegah Kanker

Rendahnya jumlah kasus penderita kanker di wilayah Mediterania juga diduga terkait dengan manfaat buah zaitun. Tingginya kandungan antioksidan serta oleic acid diduga dapat membantu untuk mengurangi risiko kanker. Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dan oleid acid dapat membantu mengganggu siklus hidup sel kanker di dada, usus besar, dan perut.

  

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Zaitun

5. Mencegah Infeksi

Buah zaitun juga dapat membantu tubuh untuk mencegah infeksi. Mengutip dari situs ecobnb.com, zaitun mengandung beberapa polyphenol yang memiliki kemampuan anti-bakteri. Zat-zat tersebut efektif untuk melawan patogen manusia, khususnya hydroxytyrosol serta oleuropein. Selain itu, zat-zat tersebut juga menunjukkan kemampuan antivirus. Zaitun juga mengandung asam lemak yang baik bagi sistem kekebalan tubuh dan peradangan. Oleh karena itu, zaitun baik untuk mencegah peradangan.

 

6. Membantu Pencernaan dan Mengontrol Nafsu Makan

Mengonsumsi buah zaitun juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan serta mengontrol nafsu makan. Buah zaitun dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan gas yang buruk bagi pencernaan. Mengutip dari situs olivemypickle.com, zaitun mengandung monounsaturated fatty acids yang memperlambat proses pencernaan serta menstimulasi hormone cholecystokinin yang mengirimkan sinyal rasa kenyang dan puas ke otak.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Zaitun

7. Menjaga Kesehatan Mata

Mengonsumsi zaitun juga membantu untuk menjaga kesehatan mata. Mengutip dari situs web Times of India, 1 cangkir buah zaitun hitam mengandung 10% dari kebutuhan vitamin A harian yang direkomendasikan. Vitamin A ini sangat penting bagi kesehatan mata anda. Vitamin A dapat membantu meningkatkan kemampuan untuk melihat di malam hari dan juga mencegah berbagai penyakit mata seperti katarak dan glukoma.

 

8. Membantu Mencegah Anemia

Buah zaitun memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Dengan demikian, manfaat buah zaitun dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan tubuh terasa dingin dan lemah. Zat besi yang terdapat di dalam buah zaitun juga penting untuk produksi energi dalam tubuh. Di samping itu, zat besi juga penting untuk sistem kekebalan tubuh kita.