Sukses

16 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Bisa untuk Obat Rematik

Tanaman sirsak yaitu tanaman yang banyak ditemukan di daerah tropis, kini marak dikonsumsi untuk memelihara kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun sirsak sudah tidak diragukan lagi. Daun sirsak ini banyak digunakan oleh masyarakat sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Lantas, apa saja manfaat daun sirsak untuk kesehatan? 

Tanaman sirsak yaitu tanaman yang banyak ditemukan di daerah tropis, kini marak dikonsumsi untuk memelihara kesehatan tubuh. Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan bukannya tanpa alasan.

Tingginya kandungan vitamin C, folat, dan mineral di dalam sirsak, seperti kalium, kalsium, tembaga, zat besi dan magnesium, menjadikan buah ini sebagai sumber nutrisi yang ideal. Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak untuk kesehatan, dapat diolah dengan cara direbus.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

1. Pengobatan Rematik

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mengobati penyakit rematik yang umumnya dialami oleh lansia. Cara menggunakannya gampang. Tumbuk daun sirsak hingga menjadi halus dan oleskan pada bagian tubuh yang sakit akibat radang sendi dan eksim. Lakukan ini secara teratur setidaknya dua kali sehari.

2. Membantu Pengobatan Kanker

Menurut jurnal ilmiah berjudul Anticancer Properties of Graviola (Annona muricata): A Comprehensive Mechanistic Review yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health, disebutkan kalau efek antiproliferatif dan sitotoksik dari ekstrak tanaman sirsak dapat membantu mengobati kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulit. Bahan bio aktif yang disebut annonaceous acetogenins (AGEs) memiliki beberapa sifat antikanker. AGEs dapat membunuh sel kanker dengan menghambat pertumbuhan protein sel kanker.

3. Mengobati Insomnia

Secara tradisional, manfaat daun sirsak untuk kesehatan telah digunakan untuk mengobati insomnia. Daun sirsak memiliki kandungan yang bersifat relaksan otot polos, sehingga dapat bertindak sebagai obat penenang. Minum segelas teh daun sirsak juga dapat membantu meredakan stres.

4. Membantu Mengelola Diabetes

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan telah lama dipercaya dapat membantu mengelola diabetes karena menurunkan kadar gula darah. Mekanisme di balik sistem kerjanya adalah menghambat enzim yang membantu memecah karbohidrat kompleks menjadi glukosa atau menghalangi penyerapannya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

5. Mengobati Maag

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang lainnya adalah obat yang sangat baik untuk maag, karena zat dalam daun sirsak mampu mengurangi peradangan dan juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit. Selain itu, daun sirsak dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, proses penyembuhan maag yang biasanya lambat bisa dipersingkat karena sistem imun yang aktif.

6. Meredakan Wasir

Wasir adalah gangguan pelebaran pembuluh darah di area sekitar anus. Biasanya wasir ditandai dengan benjolan dan rasa nyeri. Jika wasir dibiarkan, gejalanya dapat bertambah parah, benjolan semakin besar, dan muncul pendarahan. Kendati sudah banyak obat untuk mengatasi wasir, sebagian orang masih percaya terhadap manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang bantu obati wasir atau ambeien.

Daun sirsak mengandung zat yang dapat menghentikan perdarahan rektum serta membuat otot sekitar dubur lebih rileks. Untuk mengurangi gejalanya, minum air rebusan daun sirsak. Tentu dibarengi dengan perbanyak makan makanan berserat seperti buah dan sayur.

7. Bantu Obati Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi di mana cairan darah dalam tubuh menekan dinding arteri dengan kuat sehingga berdampak buruk pada kesehatan. Di sini, daun sirsak berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah. Zat antioksidan yang terdapat pada daun sirsak mampu melenturkan pembuluh darah agar berjalan dengan lebih lancar. Cara mengolahnya adalah rebus 8 helai daun sirsak bersama dengan 3 gelas air. Konsumsi air rebusan ini pada pagi dan malam hari, dan minum 3 kali seminggu.

8. Bantu Atasi Anemia

Daun sirsak memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Senyawa baik inilah yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh, sehingga risiko anemia bisa diminimalisir.

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

9. Meredakan Radang Tenggorokan

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan juga terbukti mampu mengatasi infeksi, terutama yang terjadi di saluran pernapasan. Selain itu, daun sirsak juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan radang tenggorokan serta hidung tersumbat.

10. Bantu Obati Kolesterol

Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang mampu membantu mencegah dan menurunkan kadar kolesterol. Dengan adanya antioksidan ini, kandungan kolesterol di dalam tubuh dapat lebih terkontrol. Anda bisa mengonsumsi daun sirsak dengan cara merebusnya dengan air dan meminumnya setiap hari.

11. Bantu Obati Sariawan

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang lainnya untuk membantu mengobati sariawan. Cara mengolahnya adalah dengan menumbuk daun sirsak secukupnya, kemudian rebus dan minum air rebusannya. Dijamin, sariawan yang Anda derita akan mengecil dan sembuh dengan segera.

12. Bantu Obati Asam Urat

Daun sirsak juga termasuk dalam salah satu jenis obat herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan asam urat. Daun sirsak diketahui memiliki kandungan yang terbukti efektif untuk mengatasi penyakit yang satu ini. Ambillah 6 sampai 10 helai daun sirsak dan potong menjadi beberapa bagian. Cara mengolahnya dengan rebus daun sirsak ini dengan 2 sampai 3 gelas air. Tunggu hingga rebusan air tinggal setengahnya saja. Konsumsilah dalam keadaan hangat atau dingin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

13. Baik untuk Kesuburan

Minum teh daun sirsak dikatakan juga baik untuk kesuburan wanita. Hal Itu karena, daun herbal tersebut berkhasiat untuk meningkatkan ovulasi dan juga melancarkan siklus menstruasi. Dengan begitu, manfaat daun sirsak bisa membantu meningkatkan kesuburan. Namun, manfaat daun sirsak yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

14. Menurunkan Berat Badan

Bagi para wanita yang ingin menurunkan berat badan, cobalah minum secangkir teh daun sirsak setiap hari. Minuman dengan tambahan daun herbal tersebut bisa membantu membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada daun sirsak juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Dengan begitu, berat badan anda pun bisa berkurang.

15. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain mengobati berbagai penyakit, manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin B1, seng, serta selenium, dalam daun sirsak, dapat membuat imun tubuh Anda tetap terjaga untuk mengantisipasi risiko penyakit menyerang di tengah pandemi.

16. Obati Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kondisi yang biasanya dialami oleh wanita. Jika tidak segera diobati, kista ovarium dapat berkembang menjadi kanker. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun sirsak. Cara merebus daun sirsak untuk hal ini hampir sama dengan yang di atas.

Caranya, rebus 10 lembar daun sirsak yang baru saja dipetik dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga airnya tersisa 1/2. Air rebusan ini bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin setiap pagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.