Sukses

Bentuk Lapangan Rounders Adalah Persegi Lima, Lengkap Ukurannya

Liputan6.com, Jakarta Bentuk lapangan rounders adalah pergi lima. Hal ini penting diketahui oleh setiap pemain olahraga rounders. Bentuk lapangan rounders adalah persegi lima juga sudah menjadi aturan internasional dan nasional dalam dunia olahraga.

Olahraga rounders adalah dasar dari permainan olahraga baseball, softball dan kasti. Seperti baseball, rounders juga membutuhkan bola kecil dan tongkat pemukul dalam permainan. Dengan begitu, olahraga rounders dimaikan oleh dua tim, tim penjaga dan tim pemukul.

dalam permainan rounders dipengaruhi oleh bentuk lapangan rounders adalah persegi lima dan ukurannya. Tak hanya itu, perlengkapan permainan juga menjadi salah satu syarat dalam permainan olahraga rounders.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bentuk lapangan rounders beserta ukuran dan perlengkapan permainan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/7/2022).

2 dari 5 halaman

Mengenal Olahraga Rounders

Permainan atau olahraga rounders sudah dikenal sejak lama. Jenis olahraga ini sudah ada sejak zaman Tudor. Permainan rounders berasal dari Inggris. Rounders adalah salah satu permainan yang menggunakan bola kecil dengan teknik dasar yang mirip permainan kasti, yaitu melempar, menangkap, memukul, mengecoh lawan, dan menghindari sentuhan bola. Namun, ukuran lapangan rounders, perlengkapan, dan cara bermainnya secara rinci berbeda dengan kasti. 

Rounders dimainkan oleh 2 tim menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun. Tim yang bisa menumpuk batu itu dengan cepat tanpa terkena pukulan bola akan memenangkan permainan.

Di awal permainan, biasanya dilakukan suit untuk menentukan tim yang akan menjadi penjaga dan tim yang akan dikejar. Tim penjaga harus segera menangkap bola secepat mungkin setelah tumpukan batu dirobohkan oleh tim yang dikejar. Apabila bola berhasil menyentuh lawan, maka tim yang anggotanya tersentuh bola itu akan menjadi penjaga tumpukan batu. Oleh karena itu, permainan ini membutuhkan kerja sama tim yang kuat.

3 dari 5 halaman

Bentuk dan Ukuran Lapangan Rounders

Bentuk lapangan rounders adalah persegi lima yang mana untuk setiap home base terdiri dari empat titik dan mempunyai ukuran 1,2 m pada setiap sudut. Untuk setiap home base sendiri memiliki jarak yaitu sekitar 8,5 m dan jarak antara seorang pelempar dan juga seorang pemukul yaitu sekitar 7,5 m

Rounders merupakan olahraga beregu dengan anggota masing-masing tim 9 orang. Oleh karena itu, pembuatan bentuk lapangan rounders adalah persegi lima mesti memerhatikan keselamatan pemain tentunya. Ukuran lapangan haruslah sesuai standar yang telah ditetapkan dan begitupun dengan peralatan yang akan digunakan dalam pertandingan. Berikut ukuran lapangan rounders adalah:

1. Bentuk lapangan rounders adalah persegi lima.

2. Panjang sisi lapangan dan jarak antar base rounders masing masing ialah 15 meter.

3. Terdiri dari lima base atau tempat hinggap yang berukuran 40 x 40 cm.

4. Tiang tegak lurus berjumlah 4 buah yang memiliki panjang 1,3 meter dipasang di empat sudut. Setiap alas ditandai dengan tiang, yang harus mampu menopang dirinya sendiri dan berdiri minimal 1 meter.

5. Jarak antara bowler ke base V = 9 m.

6. Jarak antara bowler dengan base IV dan base I masing-masing 15 m.

7. Tempat pemukul bola berukuran 2 x 2 meter.

8. Tempat pelontar bola berukuran 2,5 x 2,5 meter.

4 dari 5 halaman

Perlengkapan Permainan Rounders

Setelah mengetahui bentuk lapangan rounders adalah persegi lima, anda perlu mengetahui perlengkapan permainan rounders. Berikut perlengkapan untuk bermain rounders adalah:

1. Bola rounders berisi sabut kelapa yang biasanya terbuat dari karet atau kulit dengan keliling bola 19-21 cm, berat bola 70-85 gr, diameter 20 cm, berwarna merah atau orange.

2. Tongkat pemukul berbentuk oval atau seperti telur yang umumnya terbuat dari kayu dengan panjang sekitar 70-80 cm dan kelilingnya sekitar 40 cm, serta diameter 3 cm.

3. Nomor dada atau nomor urut untuk setiap pemain, yaitu nomor 1 sampai 12.

4. Tiang hinggap yang dipasangkan bendera dan umumnya ditancapkan ke tanah agar tidak mudah tercabut saat dipegang.

5. Bendera yang diletakkan di setiap sudut lapangan dan di tengah lapangan sebagai tanda.

6. Peluit yang digunakan wasit sebagai tanda aba-aba.

7. Kertas pencatat skor yang untuk menulis skor perolehan masing-masing tim.

8. Base yang terbuat dari bahan lunak dengan ukuran 40x40 cm.

5 dari 5 halaman

Cara Bermain Rounders

1. Tim Pemukul

Permainan dimulai oleh pemukul pertama. Kemudian lanjut pemukul berikutnya sesuai nomor urut. Pemukul diberi kesempatan 3 kali memukul. Jika pukulan dilakukan dengan benar, pemukul berlari ke base pertama. Setiap base hanya dapat dihinggapi oleh seorang pelari dan di antara para pelari dapat dilakukan perpindahan tempat. Pelari yang sudah ‘mati’ harus menyelamatkan perjalanannya sampai ke base terakhir. Selain membutuhkan kemampuan memukul yang baik, pemukul dalam rounders juga membutuhkan stamina berlari.

2. Tim Penjaga

Menetapkan susunan pemain yang bertugas sebagai pitcher (pelambung bola), catcher (penangkap bola) yang berdiri di belakang home base, penjaga base, dan penangkap bola pembantu. Inilah tugas dari pitcher dan catcher dalam tim penjaga, yakni:

a. Tugas Pitcher (pelambung bola)

Melambungkan bola sesuai permintaan pemukul, saat melambungkan bola, kaki pelambung tidak boleh melampaui garis batas pelambung. Pelambung harus melambungkan bola di atas home base. Bola harus dilambungkan dalam ketinggian antara lutut dan pundak pemukul.

b. Tugas Catcher (penangkap bola)

Penangkap berdiri di belakang home base. Penangkap selalu siap menangkap bola yang dilemparkan pitcher yang luput dari pemukul. Penangkap boleh mengejar pemukul yang lari ke base 1 dan menyentuhkan bola yang ditangkapnya ke pemukul. Penangkap tidak boleh mengganggu gerakan pemukul.

Dalam permainan rounders, dibutuhkan 2 orang wasit yang bertugas mengawasi dan menilai arah dan lambungan bola.