Sukses

Arti Aqidah adalah Keyakinan Kokoh Tanpa Keraguan, Ini Ruang Lingkup dan Fungsi

Liputan6.com, Jakarta - Apa arti dari aqidah itu? Secara bahasa, istilah aqidah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki bentuk baku akidah. Dijelaskan, arti akidah atau aqidah adalah kepercayaan dasar dan keyakinan pokok.

Dalam jurnal berjudul Intergrasi Aqidah dan Akhlak (Telaah atas pemikian Al-Ghazali) oleh Nur Akhda Sabila mengutip dari (Hasbi, 2009: 32), arti akidah atau aqidah adalah sesuatu yang dipegang teguh dan terhujam kuat di dalam lubuk jiwa dan tak dapat beralih padanya.

Arti akidah atau aqidah adalah wujud keyakinan kokoh tanpa keraguan sedikit pun. Arti akidah atau aqidah adalah bisa menjadi wujud keyakinan nyata dalam diri seseorang.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang arti akidah atau aqidah dalam Islam, lengkap ruang lingkup dan fungsi aqidah, Kamis (7/7/2022).

2 dari 3 halaman

Arti Aqidah adalah Keyakinan Kokoh Tanpa Keraguan

Secara bahasa, aqidah adalah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki bentuk baku akidah. Arti akidah atau aqidah adalah kepercayaan dasar atau keyakinan pokok. Sementara dalam bahasa Arab, arti aqidah adalah bentuk ikatan.

Dalam buku berjudul Belajar Aqidah Akhlak oleh Muhammad Asroruddin Al Jumhuri, arti aqidah adalah berasal dari kata al-‘aqdu yang berarti ikatan. At-tautsiiqu yang berarti kepercayaan atau keyakinan yang kuat, al-ihkaamu yang artinya mengokohkan (menetapkan), dan ar-rabthu biquw-wah yang berarti mengikat dengan kuat.

Arti akidah atau aqidah adalah keyakinan dalam diri seseorang. Arti akidah atau aqidah adalah kepercayaan hati dan pembenaran terhadap sesuatu. Arti akidah atau aqidah adalah keyakinan yang kokoh atas sesuatu sehingga tidak ada keraguan yang mengiringinya.

Dalam jurnal berjudul Intergrasi Aqidah dan Akhlak (Telaah atas pemikian Al-Ghazali) oleh Nur Akhda Sabila mengutip dari (Hasbi, 2009: 32), secara terminologi arti akidah atau aqidah adalah sesuatu yang dipegang teguh dan terhujam kuat di dalam lubuk jiwa dan tak dapat beralih padanya.

Bagaimana para ahli menjelaskan tentan arti aqidah tersebut? Ini penjelasan arti aqidah dalam buku berjudul Aqidah Akhlak oleh M. Anugrah Arifin:

1. Hasal Al Banna

Arti akidah atau aqidah adalah beberapa perkara yang wajib diyakini kebenarannya oleh Muslim yang mendatangkan ketenteraman jiwa dan tidak dicampuri oleh rasa ragu-ragu.

2. Syaikh Taqiyuddin An Nabhaniy

Arti akidah atau aqidah adalah iman atau keyakinan yang bersifat pasti berdasarkan dalil-dalil Islam.

3. Mahmud Syaltouth

Arti akidah atau aqidah adalah cara pandang seseorang tentang segala perkara yang tidak diikuti dengan keraguan apa pun.

4. Muhammad Husein Abdullah

Arti akidah atau aqidah adalah pemikiran yang menyuluruh tentang alam, manusia, kehidupan, dan semua yang berhubungan dengan Tuhan, hari kiamat, syariat, dan hisab.

3 dari 3 halaman

Ruang Lingkup dan Fungsi Aqidah dalam Islam

Ruang Lingkup Aqidah dalam Islam:

Apabila sudah memahami arti akidah atau aqidah adalah wujud keyakinan yang kokoh tanpa keraguan sedikit pun, selanjutnya ketahui ruang lingkup akidah atau aqidah dalam Islam.

Masih melansir dari sumber jurnal yang sama, mengutip dari (Syaltout, 1967: 28-29) konsep akidah atau aqidah yang benar adalah sebuah keyakinan yang dituntut pertama-tama dan terdahulu dari segala sesuatu untuk dipercayai dengan suatu keimanan yang tidak boleh dicampuri oleh syak, prasangka, atau keragu-raguan.

Apa saja ruang lingkup aqidah dalam Islam tersebut?

Dalam buku berjudul Belajar Aqidah Akhlak oleh Muhamamd Asroruddin Al Jumhuri, dijelaskan ruang lingkup akidah atau aqidah dalam Islam adalah Uluhiyah, Nubuwwah, Ruhaniyyah, dan Sam’iyah.

1. Uluhiyah atau Ilahiyat

Ilahiyat adalah ruang lingkup akidah atau aqidah yang membahas tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan ilah (Tuhan, Allah). Seperti wujud Allah, nama-nama dan sifat-sifat Allah, perbuatan-perbuatan (af’al) Allah dan sebagainya.

Ruang lingkup akidah atau aqidah ini tertuang dalam Al-Qur’an surat al-Fatihah ayat 4 dan an-Nas ayat 3. Meng-Esa-kan Allah SWT dalam ibadah, yakni beribadah hanya kepada Allah dan karenaNya semata.

2. Nubuwwah atau Nubuwat

Nubuwat adalah ruang lingkup akidah atau aqidah yang membahas tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan nabi dan Rasul. Mulai dari pembicaraan mengenai kitab-kitab Allah, mukjizat, karamat dan sebagainya.

Ruang lingkup akidah atau aqidah ini tertuang dalam Al-Qur’an surat al-Fatihah ayat 2, dan an-Nas ayat 1. Meng-Esa-kan Allah SWT dalam perbuatanNya, yakni mengimani dan meyakini bahwa hanya Allah yang mencipta, menguasai dan mengatur alam semesta ini.

3. Ruhaniyyah atau Ruhaniyat

Ruhaniyat adalah ruang lingkup akidah atau aqidah yang membahas tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan alam metafisik seperti Malaikat, Jin, Iblis, Setan, Roh dan sebagainya.

4. Sam’iyah atau Sam’iyat

Sam'iyat adalah ruang lingkup akidah atau aqidah yang membahas tentang segala sesuatu yang hanya bisa diketahui lewat sama’.

Mulai dari dalil naqli berupa al-qur’an dan as-sunnah, seperti alam barzakh, akhirat, azab kubur, tanda-tanda kiamat, surga, neraka dan sebagainya.

Fungsi Aqidah dalam Islam:

Apa sebenarnya fungsi akidah atau aqidah dalam Islam? Dalam buku berjudul Metodologi Studi Islam (2008) oleh Abuddin Nata, dijelaskan fungsi akidah atau aqidah adalah terdiri dari empat hal penting

1. Fungsi akidah atau aqidah adalah dalam Islam untuk landasan bagi seluruh ajaran Islam.

2. Fungsi akidah atau aqidah adalah dalam Islam untuk membentuk kesalehan seseorang di dunia, sebagai modal awal mencapai kebahagiaan di akhirat.

3. Fungsi akidah atau aqidah adalah dalam Islam untuk menyelamatkan seseorang dari keyakinan-keyakinan yang menyimpang, seperti bid’ah, khurafat, dan lain sebagainya.

4. Fungsi akidah atau aqidah adalah dalam Islam untuk memastikan seseorang sebagai muslim atau non muslim.