Sukses

12 Tempat Wisata Jombang Terbaru Yang Wajib Dikunjungi, Kuliner Hingga Alam

Liputan6.com, Jakarta Jawa timur menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak destinasi wisata menarik yang perlu kamu kunjungi. Tidak hanya Surabaya, Malang, Banyuwangi dan Pacitan, destinasi wisata Jombang juga turut menjadi salah satu pilihan yang bisa dikunjungi saat berwisata ke Jawa Timur.

Terkenal dengan julukannya sebagai Kota Santri, wisata Jombang tidak hanya menyuguhkan wisata rohani namun juga menyimpan banyak destinasi wisata alam, kuliner, religi dan sejarah yang mengagumkan dan layak untuk dikunjungi.

Jombang yang merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi di Jawa Timur. Terletak di persimpangan jalur lintas utara dan selatan pulau Jawa, kabupaten Jombang memiliki letak yang strategis dan mudah untuk dijangkau oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar kota.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber rekomendasi wisata Jombang, baik religi, kuliner, alam hingga sejarah yang bisa dikunjungi, Kamis (7/7/2022). 

2 dari 4 halaman

Daftar Wisata Jombang Yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Air Terjun Tretes

Wisata Jombang yang pertama dan populer adalah wisata air terjun tretes. Destinasi wisata air ini terletak di Galengdowo, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. Tidak hanya dikenal dengan keindahannya, air terjun tretes juga dikenal sebagai air terjun tertinggi di provinsi jawa timur dengan ketinggian mencapai 158 meter.

2. Candi Ngrimbi

Untuk kamu yang suka wisata sejarah, wisata Jombang yang bisa kamu kunjungi adalah wisata candi Ngrimbi yang terletak di desa pulosari, Ngrimbi, Kec. Bareng, Kab. Jombang, Jawa Timur. Candi Ngrimbi merupakan bagian dari ajaran candi siwa yang dapat dilihat dari bangunan dan reliefnya.

Candi Ngrimbi sebagai bentuk penghormatan kepada Tribhuwana Tunggaldewii Jayawisnuwardhani yang memerintah majapahit pada abad ke-14, dan merupakan salah satu candi yang berharga dan dijaga kelestariannya oleh pemerintah setempat. Tempat wisata ini cocok untuk wisatawan yang ingin menambah wawasan tentang sejarah Indonesia.

3. Goa Sriti

Wisata Jombang selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Goa Sriti yang terletak di Dusun Sidolegi, Sumberjo, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. Meski tergolong wisata baru pengelolaan goa sriti telah dikembangkan dengan baik oleh warga sekitar.

Goa sriti sendiri dikenal dengan bentuknya yang tampak lebih cekung dan bagian dinding atasnya yang terdapat aliran air dengan suara yang menenangkan hati. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati nuansa khas pedesaan yang dipenuhi dengan pohon jati dan pohon pisang.

4. Klenteng Hong San Kiong

Terkenal sebagai salah satu pusat ajaran islam, wisata Jombang yang bertema religi tidak hanya wisata islami namun juga terdapat banyak wisata religi agama-agama lain. Salah satunya adalah objek wisata klenteng Hong San Kiong yang terletak di

Klenteng Hong San Kiong terkenal sebagai tempat ibadah yang disediakan untuk taiga agama sekaligus yaitu Konghucu, Budha dan Tios. Dibangun tepat pada tahun 1700, setiap hari raya imlek Klenteng Hong San Kiong selalu dipenuhi oleh pengunjung yang ingin melihat pertunjukan yang barongsai dan wayang potehi yang diselenggarakan oleh pengelola klenteng.

3 dari 4 halaman

Wisata Jombang Tidak Hanya Wisata Alam

5. Kampung Djawi

Berbicara tentang objek wisata Jombang yang ingin dikunjungi memang tidak ada habisnya mengingat banyaknya destinasi wisata alam, kuliner maupun sejarah yang ada di Jombang. Salah satunya adalah kampung djawi yang terletak di Desa Godang, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, jawa Timur.

Kampung Djawi merupakan area villa yang dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan outbound yang bisa dicoba oleh para pengunjung. Ditempat ini pengunjung bisa bersantai sambil menikmati sejuknya alam pedesaan atau bermain wahana permainan.

Terdapat banyak wahana permainan yang bisa dicoba wisatawan seperti berkeliling lokasi kampung djawi menggunakan sepeda atau kapal sampan dan lain sebagainya yang cocok untuk berlibur bersama keluarga.

6. Masjid Agung Jombang

Wisata Jombang selanjutnya yang bisa dikunjungi sambal berwisata religi adalah masjid agung Jombang yang terletak di Jombatan, Kec. Jombang, Kab. Jombang, Jawa Timur. Masjid yang memiliki nama asli masjid agung Baitul mukminin ini merupakan tempat beribadah umat Islam yang berada di kota Jombang.

Dikenal dengan bangungannnya yang merupakan perpanduan anatar desain jawa dan timur tengah, banyak wisatawan yang tidak melewatkan untuk singgah ke masjid ini saat berkunjung ke Jombang. Baik yang ingin beribadah sambal beristirahat maupun yang hanya ingin mengagumi keindahan bangunan masjid agung Jombang.

7. Kampung Durian

Untuk kamu yang menggemari wisata kuliner, tempat wisata Jombang yang bisa kamu kunjungi berikutnya adalah Kampung Durian yang terletak di Desa Sumber, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. Kampung Durian menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata kuliner bagi wisatawan yang gemar makan durian.

Selain dapat menikmati buah durian khas Jombang dengan jenis yang beragam, pengunjung juga bisa langsung memetik dan merasakan buah durian yang masih fresh dari pohonnya. Durian juga merupakan salah satu oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang.

8. Alas Gedangan Mojoagung

Alas Gedangan Mojoagung merupakan salah satu destinasi wisata Jombang yang sedang hits dan sangat diminati oleh banyak wisatawan. Terletak di Dusun Gedangan, Desa Kedunglumpang, Kec. Mojoagung, Kab. Jombang, Jawa Timur, alas gedangan mojoagung memiliki keindahan alam yang wajib kamu explore.

Di tempat ini terdapat banyak spot foto yang hits dan instagramable seperti gardu pandang, replica sarang burung, replika bunga, rumah kayu dan banyak spot foto lainnya yang bisa dicoba oleh para wisatawan. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati momen sunrise di bukit sunrise.

4 dari 4 halaman

Wisata Jombang Lengkap Untuk Para Wisatawan

9. Wisata Alam Banyu Mili

Destinasi wisata Jombang berikutnya yang cocok untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat yang instagramable adalah wisata alam batu mili. Wisata ini terletak di Carangwulung, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur.

Destinasi wisata Banyu Mili menawarkan sensasi liburan yang seru dan menarik untuk keluarga dengan jalur perjalanan yang telah diatur untuk memanjakan pengunjung dengan keindahan alam yang ada. Di kawasan wisata Banyu Mili juga terdapat beberapa spot foto hits kekinian yang telah disediakan oleh pengelola, mulai dari Rumah Hobbit, hingga gelas raksasa yang menumpahkan air.

10. Wisata Bale Tani Jombang

Wisata Jombang turut menyediakan destinasi wisata yang memberikan edukasi soal pertanian yaitu Bale Tani Jombang yang terletak di Jl. Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Kec. Bareng, Kab. Jombang, Jawa Timur.

Di bale tani Jombang, selain menambah wawasan tentang pertanian, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan sawah yang mempesona. Selain sawah, banyak spot yang juga telah dilengkapi dengan properti untuk dijadikan sebagai area selfie yang instagramable.

11. Air Terjun Sanggar

Spot wisata Jombang lainnya adalah air terjun sanggar yang terletak di Dusun Sanggar, Desa Jarak, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. Spot wisata ini menampilkan suasana alam yang menawan dengan aliran air yang jernih serta menyegarkan.

Spot air terjun sanggar juga terkenal dengan keunikannya yang jika dilihat dari sekilas bentuk air terjun sanggar ini terlihat menyerupai pocong. Tidak hanya air terjun, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan dan hunting spot foto di area camping yang ada di area tersebut.

12. Waduk Jambe

Wisata Jombang yang terbaru berikutnya adalah waduk jambe yang terletak di Jambi, Bangsri, Kec. Plandaan, Kab. Jombang, Jawa Timur. Waduk jambe merupakan salah satu ikon wisata kota Jombang yang memiliki panorama alam yang indah dan cocok untuk wisatawan yang hobi fotografi.

Waduk jambe merupakan salah satu objek wisata yang masih jarang tersentuh oleh para wisatawan sehingga cocok untuk kamu yang ingin mencari ketenangan sambil bersantai dan menikmati keindahan alam yang ada.