Sukses

Budget adalah Rencana Anggaran Belanja, Kenali Fungsi dan Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Budget adalah istilah yang sering berkaitan dengan uang. Ketika membicarakan budget, berarti memperhitungkan pengeluaran dan pemasukan. Menghitung budget adalah perencanaan yang bisa dilakukan oleh perorangan atau perusahaan.

Kegiatan budget adalah proses membuat rencana untuk membelanjakan uang. Budget adalah rencana keuangan untuk periode tertentu. Membuat sebuah budget adalah cara menentukan terlebih dahulu apakah seseorang atau bisnis memiliki cukup uang untuk beroperasi.

Budget adalah perhitungan yang penting untuk merencanakan penggunaan uang di masa depan. Budget memiliki beragam jenis sesuai dengan karakteristiknya. Berikut pengertian budget dan jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(7/7/2022).

2 dari 5 halaman

Apa itu budget?

Budget adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti anggaran. Kata anggaran berasal dari kata Prancis Kuno bougette yang berarti "dompet kulit kecil". Ini merupakan kependekan dari bouge Galia untuk "kantong kulit, dompet".

Penggunaan umum kata budget mengacu pada rencana keuangan oleh individu atau organisasi berdasarkan pendapatan dan pengeluaran yang diproyeksikan. Budget juga sudah diserap dalam bahasa Indonesia dengan sebutan bujet. Menurut KBBI, bujet adalah anggaran pemasukan dan pengeluaran uang; anggaran belanja. Secara umum, budget adalah rencana tindakan untuk periode yang akan datang.

3 dari 5 halaman

Pengertian budget secara umum

Budget adalah perkiraan pendapatan dan pengeluaran selama periode waktu tertentu di masa yang akan datang. Budget biasanya akan dievaluasi secara berkala. Budget adalah perhitungan yang umum dilakukan individu, kelompok, bisnis, pemerintah, atau apa saja yang menghasilkan dan mengeluarkan uang.

Dalam manajerial, tindakan yang berkaitan dengan aspek bisnis selalu didasarkan pada anggaran. Melansir The Balance, budget adalah garis besar tentang bagaimana suatu entitas berencana untuk menjaga kesehatan keuangan. Menurut Investopedia, budget pada dasarnya adalah rencana keuangan untuk periode tertentu, biasanya tahun yang diketahui sangat meningkatkan keberhasilan setiap usaha keuangan.

Selain mengalokasikan sumber daya, budget juga dapat membantu dalam menetapkan tujuan, mengukur hasil, dan merencanakan kontinjensi. Budget adalah bagian integral dari menjalankan bisnis apa pun secara efisien dan efektif.

Anggaran atau budget tidak boleh disamakan dengan prakiraan. Prakiraan adalah prediksi belaka, yang dapat dibuat oleh siapa saja. Anggaran adalah rencana rinci operasi untuk beberapa periode masa depan tertentu.

4 dari 5 halaman

Fungsi budget

Budgeting memungkinkan seseorang membuat rencana pengeluaran untuk uang yang dimiliki. Ini memastikan bahwa pemilik uang akan selalu memiliki cukup uang untuk hal-hal yang dibutuhkan. Mengikuti anggaran atau rencana pengeluaran juga akan membuat seseorang keluar dari hutang jika saat ini sedang berhutang.

Menghitung budget penting karena membantu mengontrol pengeluaran, melacak pengeluaran, dan menghemat lebih banyak uang. Selain itu, penganggaran dapat membantu membuat keputusan keuangan yang lebih baik, bersiap untuk keadaan darurat, keluar dari utang, dan tetap fokus pada tujuan keuangan jangka panjang.

5 dari 5 halaman

Jenis-jenis budget

Budget Produksi

Budget Produksi adalah perkiraan total produksi organisasi bisnis selama periode tertentu. Ini disiapkan dengan mempertimbangkan anggaran penjualan, kapasitas produksi, kemungkinan perubahan stok dan kerugian dalam produksi.

Budget Bahan

Budget Bahan adalah perkiraan kuantitas, kualitas dan biaya bahan yang digunakan dalam produksi. Saat mempersiapkan anggaran ini, nilai bahan (yang akan dibeli), ketersediaan keuangan harus dipertimbangkan, jumlah bahan merupakan fungsi penting dari anggaran bahan.

Budget Tunai

Budget tunai adalah perkiraan kas yang dibutuhkan untuk operasi yang sukses dan lancar dari kegiatan. Anggaran ini disusun dengan mempertimbangkan penerimaan dan pembayaran.

Budget Penjualan

Budget Penjualan adalah perkiraan total penjualan yang akan dilakukan selama periode tertentu. Anggaran penjualan disiapkan dalam jumlah maupun dalam rupiah. Itu harus disiapkan dengan sangat hati-hati.

Budget Belanja Modal

Budget Belanja Modal adalah perkiraan pengeluaran yang akan terjadi dalam pembelian dan perluasan aset tetap. Ini disiapkan dengan mengingat kemungkinan peningkatan permintaan produk, keuangan yang tersedia dalam kapasitas produksi jangka panjang.

Budget Pabrik

Budget ini disiapkan di pabrik, di mana pekerjaan maksimum dilakukan oleh mesin. Ini adalah perkiraan ketersediaan pabrik untuk produksi yang diusulkan.

Budget Biaya Administrasi

Ini adalah perkiraan biaya yang akan dikeluarkan pada pekerjaan administrasi untuk periode anggaran. Untuk tujuan ini, biaya yang dikeluarkan pada tahun-tahun sebelumnya harus dianalisis.

Budget Tenaga Kerja

Anggaran Tenaga Kerja adalah perkiraan jumlah jam kerja yang harus dikerjakan oleh tenaga kerja dalam produksi. Jumlah yang dibayarkan kepada pekerja dan penghasilan tambahan lainnya dicatat dalam anggaran ini.

Budget Biaya Produksi

Budget Biaya Produksi adalah perkiraan biaya produksi yang telah dipastikan dalam anggaran produksi. Bahan, tenaga kerja dan biaya langsung lainnya termasuk dalam biaya produksi.

Budget Overhead Pabrik

Ini adalah perkiraan biaya tidak langsung yang akan dikeluarkan sehubungan dengan produksi untuk periode anggaran. Baik biaya tetap dan variabel termasuk di dalamnya.

Budget Overhead Penjualan dan Distribusi

Overhead Penjualan dan Distribusi budget adalah perkiraan biaya, yang akan dikeluarkan untuk menjual dan mendistribusikan produk jadi. Anggaran ini didasarkan pada anggaran penjualan. Anggaran ini harus disiapkan hanya setelah analisis overhead penjualan dan distribusi tahun-tahun sebelumnya.