Sukses

Pengertian Baliho adalah Media Promosi dan Publikasi Ukuran Besar, Ini Fungsinya

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu baliho? Memahami pengertian baliho adalah media promosi dan publikasi untuk masyarakat umum. Baliho adalah umumnya berukuran besar.

Alasan baliho adalah harus berukuran besar, dijelaskan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) agar menarik perhatian masyarakat. Semakin banyak masyarakat atau khalayak umum yang tertarik, maka promosi atau publikasi baliho dinilai sukses.

Memahami pengertian baliho adalah tak hanya berhubungan dengan iklan, tetapi pemberitahuan juga. Hal ini dijelaskan dalam buku berjudul Produk Kreatif dan Kewirausahaan Teknik Komputer Jaringan SMK/MAK Kelas XII (2021) oleh Liswati.

“Pengertian baliho adalah media promosi untuk memberitahu suatu kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat,” dijelaskan.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian baliho, fungsi, jenis-jenis, dan cara membuat desainnya, Kamis (7/7/2022).

2 dari 4 halaman

Pengertian Baliho adalah Media Promosi dan Publikasi Ukuran Besar

Memahami pengertian baliho adalah media promosi yang memiliki ukuran cukup besar. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian baliho adalah publikasi yang berlebih-lebihan ukurannya agar menarik perhatian masyarakat.

“Baliho biasanya dengan gambar yang besar di tempat-tempat ramai,” dijelaskan.

Selain memiliki ukuran yang cukup besar, pengertian baliho adalah media publikasi atau promosi yang pasti ditempatkan pada daerah atau lokasi yang ramai. Pengertian baliho adalah publikasi yang ukurannya besar, tinggi, dipasang di tempat umum, dan harga pemasangannya mahal.

Dalam buku berjudul Produk Kreatif dan Kewirausahaan Teknik Komputer Jaringan SMK/MAK Kelas XII (2021) oleh Liswati, dijelaskan pengertian baliho adalah media promosi untuk memberitahu suatu kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat.

Maka bisa diambil kesimpulan sederhana, pengertian baliho adalah media promosi yang tidak selalu memuat masalah iklan dan penawaran produk. Akan tetapi, baliho adalah bisa berupa pemberitahuan untuk kepentingan masyarakat banyak.

Pengertian baliho adalah bisa dipahami pula dengan menyimak ciri-ciri baliho, tak hanya dijuluki media luar ruangan atau outdoor serta sering dilalui orang. Begini ciri-ciri baliho yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Ciri-ciri baliho adalah dibuat untuk mempromosikan suatu acara atau produk kepada khalayak umum atau masyarakat umum.

2. Ciri-ciri baliho adalah berukuran besar, sehingga ciri-ciri baliho inilah yang nantinya mudah terlihat oleh banyak orang.

3. Ciri-ciri baliho adalah umumnya ditempatkan di pinggir jalan, sehingga ciri-ciri baliho inilah yang menjadikannya dapat dilihat dengan mudah oleh khalayak umum.

4. Ciri-ciri baliho adalah proses pemasangan dan pembongkarannya cenderung cepat serta mudah dilakukan.

3 dari 4 halaman

Fungsi dan Jenis-Jenis Baliho

Fungsi Baliho dan Penjelasannya:

Apabila sudah memahami pengertian baliho adalah media promosi atau publikasi untuk masyarakat umum, selanjutnya ketahui fungsi baliho. Ini penjelasan fungsi baliho yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber.

1. Mengingatkan

Fungsi baliho adalah untuk mengingatkan calon konsumen bahwa produk yang bersangkutan dibutuhkan dalam waktu dekat. Promosi menjadikan fungsi baliho adalah sebagai pengingat, mengingatkan calon konsumen akan tempat-tempat yang menjual produk perusahaan.

Promosi sebagai fungsi baliho adalah bisa membantu konsumen untuk tetap mengingat produk tersebut. Promosi menjaga agar ingatan pertama pembeli jatuh pada produk perusahaan tersebut.

2. Membujuk

Fungsi baliho adalah membujuk. Promosi atau publikasi dengan baliho adalah bisa membantu pembentukan pilihan merek, mengalihkan pilihan ke merk tertentu, mengubah persepsi, dan mendorong calon konsumen untuk membeli produk tersebut.

3. Menginformasikan

Fungsi baliho adalah menginformasikan pasar mengenai keberadaan suatu produk baru. Berupa informasi cara pemakaian yang baru dari suatu produk, perubahan harga, jasa yang disediakan, meluruskan kesan yang keliru, dan mengurangi ketakutan atau kekhawatiran konsumen. Fungsi baliho adalah dapat membangun citra sebuah produk atau perusahaan.

4. Menonjolkan Nilai Produk

Fungsi baliho adalah menonjolkan nilai produk tertentu. Sejumlah promosi dengan baliho adalah diajukan untuk menonjolkan nilai produk dengan menjelaskan manfaat-manfaat kepemilikan dari produk yang kurang dikenal pembeli.

5. Mengingatkan

Fungsi baliho adalah mengingatkan calon konsumen bahwa produk yang bersangkutan dibutuhkan dalam waktu dekat. Promosi baliho adalah sebagai pengingat, mengingatkan calon konsumen akan tempat-tempat yang menjual produk perusahaan.

Promosi sebagai fungsi baliho adalah membantu konsumen untuk tetap mengingat produk tersebut. Promosi menjaga agar ingatan pertama pembeli jatuh pada produk perusahaan tersebut.

Jenis-Jenis Baliho dan Penjelasannya:

Selain fungsi baliho, ketahui pula jenis-jenis baliho dan penjelasannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Abadros, yaitu baliho dengan kualitas yang sangat bagus, memiliki permukaan bahan yang halus untuk membuat tampilan gampar lebih detail. Biasanya abadros digunakan untuk baliho kategori indoor.

2. Baliho Vertikal, yaitu baliho yang berukuran 2×3 meter atau 4×6 meter, terbuat dari bahan kain/ kertas, papan / tripleks, dan biasanya dipasang pada tiang.

3. Baliho Horizontal, yaitu baliho yang berukuran 3×4 meter, terbuat dari bahan kain, kertas stricker, atau tripleks, dengan konstruksi yang lebih kokoh.

4. Flexi Korea/ Flexi Cina, kualitas bahan kedua jenis baliho ini tidak jauh berbeda.

5. Flexi Jerman, yaitu baliho dengan kualitas bahan yang lebih bagus, tetapi memang harganya sedikit lebih mahal. Jenis bahan ini memiliki pori-pori bahan yang lebih halus dari pada Flexi China maupun Korea.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Desain Baliho dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami pengertian baliho, fungsi baliho, dan jenis-jenisnya, bagaimana cara membuat desain baliho yang menarik?

Ini rekomendasi aplikasi desain cara membuat baliho yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Canva

Canva adalah aplikasi desain yang cukup populer. Membuat desain spanduk keren dari Canva juga terbilang mudah. Sebab, menu-menu pada Canva sederhana dan mudah untuk dipahami, terutama untuk para pemula yang baru belajar desain.

2. Adobe Spark Post

Aplikasi besutan Adobe ini cukup mirip Canva karena menu yang ada cukup sederhana dan juga mudah dipahami. Jadi tidak perlu bingung saat menggunakannya.

3. Gravit Designer

Jika ingin mencoba membuat desain spanduk keren melalui Gravit, kamu bisa lewat platform Gravit Klex yang merupakan aplikasi desain online dari Gravit.

4. Snappa

Aplikasi ini hampir serupa dengan Canva, aplikasi desain online Snappa adalah salah satu aplikasi desain yang bisa dikatakan cukup sederhana. Saat mengunjungi website Snappa, kamu bisa membuat berbagai macam desain termasuk spanduk dengan template dan font-font yang sudah disediakan.